8 Manfaat Daun Jambu Biji Untuk Mencegah Diare dan Menjaga Kesehatanmu

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Daftar Topik

Daun jambu biji cukup banyak digunakan untuk bahan obat, sehingga eksistensinya di dunia herbal tidak perlu diragukan lagi. Banyak dari produsen bidang framasi yang memanfaatkan ekstrak daun jambu biji untuk membuat berbagai obat guna mengobati sejumlah penyakit. Namun kamu tidak perlu membeli ekstrak obat dari daun jambu biji, karena kamu juga bisa memanfaatkan daun jambu biji langsung dari pohonnya.

Daun jambu biji memiliki sejumlah kandungan senyawa yang dapat memberikan manfaat bagi tubuh, bahkan ada beberapa juga yang memanfaatkan daun jambu biji dalam perawatan kecantikan.

Manfaat Daun Jambu Biji Untuk Pengobatan

Daun jambu biji ini biasanya banyak digunakan dalam pengobatan tradisional di negara tropis. Daun yang satu ini banyak mengandung zat bermanfaat, tidak terkecuali vitamin C dan flavonoid, seperti quercetin. Kamu bisa menjadikan jambu biji seperti layaknya daun teh yang tinggal diseduh dengan air panas.

Mengatasi Diare

Seperti yang sudah dijabarkan di atas, kamu bisa menyeduh teh daun jambu biji seperti layaknya teh. Jika kamu meminumnya secara rutin, maka sangat baik untuk mengatasi diare. Dijamin, reaksi yang ditimbulkan cukup cepat sehingga kamu tidak perlu khawatir menderita diare berlanjut.

Sejumlah peneliti juga mengungkapkan bahwa ekstrak dari daun jambu biji dapat memberantas jenis bakteri penyebab infeksi diare. Sejumlah studi klinis kecil pun mendukung manfaat yang dibawa oleh daun jambu biji ini, salah satunya adalah yang telah diterbitkan pada Chinese Journal of Integrated Traditional and Western Medicine di tahun 2000. Dalam studi tersebut, sang subyek diberikan ekstrak daun jambu biji, kemudian reaksinya sungguh luar biasa karena sang subyek bisa sembuh lebih cepat.

Mengontrol Kolesterol

Bagi penderita kolesterol tinggi mungkin bisa mencoba teh daun jambu biji ini. Hal ini karena saat meminum teh daun biji yang satu ini, beberapa penderita mengalami perubahan yang cukup baik. Hal ini juga telah dibuktikan dalam sebuah penelitian yang semua pesertanya meminum teh daun jambu biji. Setelah delapan kali minum, kolesterolnya lebih terkontrol. Penelitian lain pun menunjukkan reaksi yang sama.

Mengatasi Diabetes

Jambu biji mengandung flavonoid dan sejumlah senyawa lain yang ternyata dapat membantu gula darah tetap terkontrol, terutama setelah mengkonsumsi makanan dengan karbohidrat tinggi. Daun jambu biji mampu menghambat sejumlah enzim yang berbeda dengan cara mengkonversi karbohidrat yang ada dalam saluran pencernaan menjadi glukosa. Ini tentu dapat memperlambat penyerapan ke dalam darah.

Ada beberapa uji klinis yang telah dilakukan di Jepang pun mendukung kemungkinan manfaat yang satu ini. Selain itu, minum teh daun jambu biji secara teratur dapat membantu glukosa darah menjadi lebih rendah pada subyek dengan diabetes tipe 2, jika dibandingkan dengan subyek yang sama namun tak mengkonsumsi teh daun jambu biji.

Berpengaruh Terhadap Kardiovaskuler

Teh daun jambu biji pun mampu sangat baik bagi kesehatan jantung dan sistem peredaran darah. Sejumlah penelitian menunjukkan bahwa senyawa yang terdapat dalam daun jambu biji mampu mengurangi tekanan darah dan juga detak jantung. Hal yang sama pun diungkapkan oleh sebuah studi laboratorium yang telah diterbitkan pada tahun 2005, di dalam “Methods and Findings in Experimental and Clinical Pharmacology”, yang menyebutkan bahwa hewan yang sudah memakan ekstrak jambu biji, mampu mengurangi tekanan darah dan denyut jantungnya.

Perawatan Kecantikan Dengan Daun Jambu Biji

Daun jambu dapat membantu dalam meningkatkan kualitas kulit dan juga rambut. Ada sejumlah manfaat dari daun jambu biji untuk menjaga kesehatan kulit yang harus kamu tahu:

  • Mengobati Jerawat dan Bintik Hitam

Daun jambu sangat efektif dalam menghilangkan jerawat dan bintik-bintik hitam pada kulit. Kandungan antiseptik dalam daun jambu biji sangat baik dalam membunuh bakteri secara cepat. Caranya kamu tinggal, tumbuk sejumlah daun jambu biji dan terapkan pada jerawat dan bintik gelap. Diamkan beberapa waktu, kemudian bilas dengan air sampai bersih. Untuk hasil yang maksimal lakukan hal ini secara rutin.

  • Anti Penuaan

Daun jambu biji banyak mengandung antioksidan yang mampu menghancurkan radikal bebas yang dapat merusak kulit. Hal ini membuat kulit terbebas dari penuaan serta meningkatkan warna kulit dan tekstur. Tak hanya itu rebusan daun jambu biji yang dibasuhkan ke wajah dapat mengencangkan kulit.

  • Meredakan Gatal

Gatal terkadang dianggap sepele, tapi ternyata gatal dapat menyebabkan masalah serius bila tidak segera mendapat pengobatan. Nah daun jambu di sini merupakan obat yang dapat menyingkirkan rasa gatal karena mengandung alergi untuk memblokir senyawa.

  • Mengobati Rambut Rontok

Bila kamu memiliki masalah dengan rambut rontok, kamu bisa memanfaatkan daun jambu biji untuk mengatasinya. Kamu tinggal rebus satu genggam daun jambu biji dalam satu liter air selama kurang lebih 20 menit. Setelah didinginkan, terapkan rebusan air tersebut pada kulit kepala sambil dipijat.

Itulah sejumlah manfaat daun jambu biji untuk kesehatan maupun untuk diare. Semoga bermanfaat. (elevenia)

Putri
Putri
SEO Content "Wherever life plants you, bloom with grace."
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

ARTIKEL LAINNYA