8 Makanan Pembersih Usus yang Menyehatkan Pencernaan

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
8-Makanan-Pembersih-Usus-Yang-Menyehatkan-Pencernaan-768x429[1]
Daftar Topik

Organ pencernaan merupakan salah stau organ tubuh yang sangatlah penting dan harus selalu di perhatikan. Dalam hal ini jika ada masalah dengan organ tersebut tentu saja akan membuat Anda tidak nyaman melakukan berbagai aktivitas. Padahal kenyamanan dan kesehatan adalah harapan dan kebutuhan setiap orang. Oleh karena itu, Anda pun harus menjaga agar organ pencernaan tetaplah sehat. Salah satunya seperti usus. Nah, agar tidak banyak menimbulkan gangguan dan masalah, maka ada baiknya usus selalu bersih dan terjaga. Dalam hal ini untuk mewujudkan nya, Anda bisa mengkonsumsi beberapa makanan khusus. Lalu, apa saja makanan pembersih usus tersebut? Nah, jika Anda penasaran jangan khawatir karena ulasannya bisa Anda temukan di bawah ini.

Sayuran Hijau

Jual Sayuran Hijau Segar Semarang (etalase khusus sayuran hijau) | Shopee  Indonesia

Hal pertama yang paling mudah di jumpai dan bisa membersihkan usus secara alami tidak lain adalah sayuran hijau. Sayuran pun bisa di temukan dengan mudah di berbagai tempat tinggal Anda. sayuran hijau juga memiliki banyak jenis sehingga bisa menyesuaikan apa yang Anda sukai. Selain sebagai pembersih usus, tentu saja tidak dapat di pungkiri lagi jika sayuran hijau ini mengandung banyak sekali vitamin dan kandungan sehat lainnya yang sangat bermanfaat untuk tubuh sehat Anda.

Psyllium Husk

Psyllium Husk / Gram

Bagi warga negara Indonesia tentu saja cukup asing dengan nama tanaman yang satu ini. Tidak heran jika demikian karena memang tumbuhan ini tumbuh dan berkembang di wilayah India. Salah satu kandungan yang di miliki olehnya tidak lain adalah serat dengan jumlah yang cukup banyak. Hal ini membuat tumbuhan tersebut sangat baik untuk di gunakan dalam membersihkan usus Anda.

Chia Seed

Jual Premium chia seed organik - Kota Bengkulu - manishope | Tokopedia

Kalau untuk tanaman yang satu ini merupakan salah satu jenis biji-bijian. Fungsinya pun sangat terkenal sebenarnya di kalangan orang-orang yang sedang melangsungkan proses dietnya. Namun, untuk rasa, Chia Seed ini cenderung hambar dan saat di masak per;u di rendam beberapa saat. Ketiak di olah, Anda bisa mencampurkan bahan makanan ini dengan bahan lain seperti oatmeal misalnya.

Lada Cayenne

Lada cayenne - Wikipedia Bahasa Melayu, ensiklopedia bebas

Berbicara mengenai makanan pembersih usus, dalam hal ini Lada Cayenne merupakan bahan makanan yang sangat cocok di jadikan solusi bagi Anda pecinta rasa pedas. Biasanya jika terlalu banyak makan makanan pedas, tentu saja perut dan pencernaan bisa bermasalah. Namun tidak dengan bahan yang satu ini.

Rasanya pun memang tetap pedas, tetapi bukannya akan menimbulkan gangguan pencernaan, makanan ini malah akan membersihkan usus. Dengan demikian, Anda tetap bisa mendapatkan pencernaan yang sehat dan juga tetap bisa merasakan rasa favorit Anda.

Makanan yang difermentasi

Jangan Pernah Sepelekan Kesehatan Pencernaan Anda! | Republika Online

Selanjutnya, dalam hal ini Anda juga bisa memanfaatkan makanan-makanan yang merupakan hasil fermentasi. Contoh umumnya seperti tape dan kimchi. Sekalipun hasil fermentasi, ternyata makanan seperti ini cukup mengandung banyak hal yang bisa sangat bermanfaat, khususnya untuk pencernaan. Hal ini karena setiap makanan hasil fermentasi tentu saja memiliki kandungan bakteri baik atau bakteri yang menguntungkan. nah, dengan bakteri baik yang di kandungnya, maka makanan-makanan yang tidak sehat dalam tubuh pun akan di keluarkan sehingga memang makanan fermentasi ini cukup penting untuk di konsumsi.

Buah-Buahan

6 Jenis Buah Yang Baik Untuk Anak 1 Tahun Keatas » elevenia Blog

Salah satu makanan yang juga tidak kalah baik untuk kesehatan tidak lain adalah buah-buahan. Dalam hal ini Anda bisa mengkonsumsi nya setiap hari untuk memastikan memenuhi berbagai kebutuhan vitamin dalam tubuh Anda. Buah ternyata juga mengandung banyak zat yang bisa membantu membersihkan usus. Dengan begitu, bisa di katakan bahwa buah juga akan sangat berperan dalam hak melancarkan pencernaan.

Varian Teh

Ini 7 Rekomendasi Varian Teh Unik yang Bisa Menenangkan Pikiranmu, Berani  Coba?

Berbicara mengenai teh, tentu saja ada banyak sekali teh yang bisa Anda temui. Selain beberapa makanan penting di atas, ternyata teh juga memiliki manfaat sangat bagus untuk membersihkan usus. Dalam hal ini tidak ada jenis teh secara spesifik yang di sarankan dan semua bisa Anda konsumsi.

Air Putih

Cara Diet Alami dan Cepat tanpa Olahraga » elevenia Blog

Cara paling simpel untuk membersihkan usus tidak lain adalah dengan air putih. Kandungan mineral dalam air putih memang sangatlah bermanfaat bagi tubuh. Oleh karena itu, minum air putih dalam jumlah yang cukup memang sangat di sarankan. Terutama bagi Anda yang memiliki masalah dengan pencernaan nya.

Itulah beberapa makanan pembersih usus yang bisa membuat pencernaan Anda semakin sehat. Jika Anda ingin usus selalu bersih, maka bisa banyak-banyak mengkonsumsi nya. Namum, juga harus beraturan dan jangan sampai kebanyakan karena hal itu pun tidaklah baik.

wiyana
wiyana
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

ARTIKEL LAINNYA