8 Keutamaan Menuntut Ilmu dalam Agama Islam

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
30320-ilmu
Daftar Topik

Manusia merupakan makhluk yang paling sempurna yang telah diciptakan oleh Allah SWT serta memiliki akal yang sehat. Dengan adanya akar tersebut, maka itulah yang membedakan manusia dengan makhluk hidup yang lainnya. Dengan akal itu juga manusia wajib menuntut ilmu agar perjalanan hidupnya tidak tersesat.

Inilah Keutamaan Menuntut Ilmu yang Wajib Diketahui Umat Muslim

Berikut ini adalah 8 keutamaan menuntut ilmu dalam agama Islam yang perlu kita ketahui bersama.

1. Akan Dimudahkan Jalannya Menuju Surga


Sebagaimana hadis Rasulullah SAW yang diriwayatkan oleh imam muslim bahwa “Barangsiapa yang menempuh jalan mencari ilmu, maka ia akan di mudahkan oleh Allah jalannya menuju ke surga”.

Hadis tersebut maksudnya yaitu orang-orang muslim yang mencari ilmu dan yang berilmu oleh Allah SWT akan dimudahkan jalan mereka menuju ke surga. Hal tersebut dikarenakan dengan memiliki ilmu, maka seorang muslim tersebut bisa melakukan ibadah dengan baik dan benar berdasarkan hukum Islam. Maka hadis tersebut juga menyatakan bahwa keberadaan ilmu itu begitu penting bagi umat muslim dan sangat banyak manfaatnya di dalam kehidupan di dunia dan di akhirat.

2. Akan Memiliki Pahala yang Terus Mengalir

Sebagaimana dalam hadits Rasulullah SAW yang diriwayatkan oleh imam muslim dari abu Hurairah bahwa “Apabila seseorang telah meninggal dunia, maka semua amalnya akan terputus kecuali 3 perkara. Amal jariyah, ilmu yang manfaat dan doa dari anak sholeh sholehah”.

Hadits di atas menyatakan bahwa ilmu yang bermanfaat atau mengandung kebaikan yang telah diajarkan oleh seseorang kepada yang lainnya, maka suatu saat ilmu tersebut bisa memberikan pahala kepadanya yang mengalir terus-menerus meskipun ia sudah meninggal dunia.

3. Menjadi Orang yang Paling Takut Kepada Allah SWT


Sebagaimana Allah telah berfirman dalam QS Fathir ayat 28 “Dan demikian juga di antara para manusia, semua makhluk yang bisa bergerak dan memiliki nyawa, serta hewan-hewan ternak yang warna serta jenisnya bermacam-macam. Di antara semua hamba Allah yang paling takut denganNya hanya para ulama (orang yang berilmu). Sesungguhnya, Allah lah yang maha perkasa lagi yang Maha pengampun.”

Ayat di atas menjelaskan bahwa yang dimaksud ulama yaitu orang-orang yang tahu dan telah mengakui kebesaran serta kekuasaan Allah SWT. Dengan memiliki ilmu, maka ia akan lebih paham hakikat adanya kehidupan yang telah diciptakan Allah dan ia juga bisa melihat kuasa dan kebesaran zat yang Maha pencipta. Selain itu, orang yang memiliki ilmu juga akan merasa takut sebab pengetahuan yang dimilikinya akan kekuasaan dan kebesaran dari Allah SWT

4. Derajatnya Akan Diangkat Oleh Allah SWT

Sebagaimana yang telah Allah firmankan dalam QS Al Mujadilah ayat 58 “wahai orang-orang yang beriman. Jika dikatakan kepada kamu semua “Lapangkanlah majelis-majelis”, maka segera lapangkanlah. Maka Allah juga akan memberikan kelapangan kepada kamu semua. Dan jika dikatakan kepadamu “berdirilah kamu semua”, maka segeralah untuk berdiri. Niscaya derajat orang-orang yang beriman dan orang-orang yang diberi ilmu  di antara kamu semua akan diangkat oleh Allah beberapa derajat. Dan Allah-lah yang maha mengetahui atas apa yang sedang kamu kerjakan”.

Surat tersebut menyatakan bahwa Allah sudah berjanji kepada orang-orang yang beriman dan memiliki ilmu untuk mengangkat derajat mereka beberapa derajat.

5. Merupakan Orang yang Diberi Kebaikan Serta Karunia Dari Allah

Sebagaimana dalam hadits Rasulullah SAW yang diriwayatkan oleh Bukhari dan Muslim dari muawiyah bahwa “barang siapa orang yang telah Allah kehendaki untuk mendapatkan seluruh kebaikan, Apakah Allah akan memberi pemahaman dia tentang ilmu agama”.

6. Mewarisi Kekayaan Nabi


Sebagaimana yang telah dikatakan oleh Shohihul JamAl Albani bahwa “ilmu itu warisan dari para nabi dan tidak pernah para nabi mewariskan harta berupa emas ataupun dirham, namun hanyalah mewariskan ilmu. Maka barangsiapa yang bisa mengambilnya, maka ia sudah mengambil sebagian besar warisan nabi”.

Maksudnya yaitu ilmu adalah warisan dari para nabi dan orang yang mencari ilmu dan orang yang mempunyai ilmu sudah mewarisi apa yang diberikan oleh para nabi.

7. Disejajarkan dengan Para Malaikat

Sebagaimana yang telah Allah firmankan dalam QS Al Imron ayat 18 “Allah telah menyatakan bahwa tiada Tuhan selain Allah, yang mampu menegakkan keadilan. Para malaikat dan para orang yang memiliki ilmu (pun menyatakan demikian)”.

Dalam ayat tersebut bisa dikatakan bahwa orang yang berilmu dan para malaikat kedudukannya setara untuk menyatakan bahwa tidak ada Tuhan yang berhak disembah selain Allah SWT.

8. Berbeda dengan Orang yang Tidak Berilmu


Keutamaan menuntut ilmu dalam agama Islam yang terakhir yaitu orang yang berilmu tentunya berbeda dengan orang yang tidak berilmu. Sebagaimana Allah berfirman dalam QS az-zumar ayat 9 “Apakah kamu adalah orang yang musyrik yang lebih beruntung atau kamu orang yang beribadah ketika malam dengan sujud serta berdiri, yang dikarenakan takut pada asap di akhirat serta mengharapkan Rahmat dari Tuhan nya? Maka katakanlah, “Apakah terlihat sama antara orang-orang yang tahu dengan orang-orang yang tidak tahu?” sesungguhnya hanya orang-orang yang berakal sehat saja yang bisa menerima pelajaran”.

Nah, dari 8 keutamaan menuntut ilmu dalam agama Islam yang sudah disebutkan di atas bisa disimpulkan bahwa Islam serta ilmu pengetahuan saling berkaitan. Islam juga menyuruh umatnya untuk belajar ilmu agar semakin taat kepada Allah SWT.

BACA JUGA!

Cara Cepat Belajar Bahasa Arab Bagi Pemula

Putri
Putri
SEO Content "Wherever life plants you, bloom with grace."
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

ARTIKEL LAINNYA

PEMESANAN:

Beras Organik RICE ME UP