8 Jenis Ular Terbesar di Dunia yang Masih Hidup

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Daftar Topik

Salah satu jenis binatang yang banyak dihindari oleh manusia dan ditakuti adalah ular. Namun tidak sedikit pula orang yang malah mencarinya. Ular memiliki kulit dan bentuk yang hampir mirip dengan kadal, hal itu bertujuan untuk memudahkan mereka saat berjalan di daratan. Mereka pun juga bernafas dengan sisiknya.

Jenis ular yang ada di dunia ini sangat banyak bahkan ratusan. Sehingga antara satu dengan yang lain tentu berbeda. Ada yang memakan daging, ada juga yang memakan hewan lain bahwa memakan manusia. Ada jenis ular yang kesehariannya tinggal di gunung, laut, hutan, semak-semak dan lain sebagainya. Tapi perlu untuk dicatat bahwa tidak semua ular yang ada di bumi ini berbahaya. Nah, untuk kesempatan kali ini akan dibahas mengenai jenis ular terbesar di dunia yang masih hidup.

Ular Terbesar Di Dunia Yang Masih Hidup :

Ular Phyton Guihua Sumatera

Jenis ular pertama yang terbesar dan masih hidup adalah ular Phyton Guihua Sumatera. Ular jenis ini ditemukan pertama kali di wilayah Sumatera. Menurut cerita, ular ini berhasil ditangkap dengan susah payah. Ia memiliki panjang kira-kira 15 meter dan memiliki berat sekitar 447 kilogram. Berdasarkan cerita pula, ular ini juga sering memangsa penduduk sekitarnya. Ia akan cenderung mengejar manusia yang ada di sekitarnya tanpa ragu-ragu dan kemudian memakannya. Bahkan, manusia tersebut dimakan hidup-hidup ke dalam perutnya.

Ular Titanoboa

Selanjutnya, Anda harus tahu tentang ular terbesar satu ini yang dikenal dengan ular Titanoboa. Ia memiliki panjang sekitar 13,7 meter dan beratnya mencapai 1.135 ton. Apabila Anda melihat bus pariwisata yang besar, maka ular ini kurang lebih memiliki ukuran demikian. Ular jenis ini dinobatkan sebagai jenis ular yang terbesar di dunia. Ia memiliki diameter seperti ibu yang sudah dewasa, sehingga sangat memungkinkan baginya untuk memangsa manusia. Jenis ular satu ini ditemukan pertama kali di kawasan hutan utara Kolombia.

Ular Anaconda Hijau

Jenis ular satu ini memang pernah diabadikan di salah satu film layar lebar Hollywood yang berjudul Anaconda. Ular satu ini tidak mampu membunuh manusia dengan bisanya karena ia tidak mempunyai bisa. Bobot yang dimiliki lebih dari 100 kg. Dan sekalipun tidak memiliki bisa, ular ini mampu memangsa manusia atau mangsa yang membahayakan dirinya. Ia memiliki panjang hingga 12 meter. Habitat asalnya berada di kawasan Amerika Selatan. Lebih tepatnya berlokasi di sungai Amazon. Ular satu ini masuk ke dalam jenis reptilia. Ia mampu tidak makan sampai berminggu-minggu jika ia sudah sekali makan.

Ular Anaconda Abuna

Ular Unaconda memang mempunyai banyak jenis, salah satunya adalah yang satu ini. Dinamakan dengan Abuna karena kebetulan ia ditemukan di kawasan sungai Abuna Rio. Ia menjadi salah satu sungai yang sangat terkenal di kawasan Brazil. Panjang yang dimiliki oleh ular ini adalah 14 meter.

Ular Phyton Burma

Ular terbesar di dunia yang masih hidup selanjutnya adalah Ular Phyton Burma. Jenis ular ini menjadi salah satu spesies ular terbesar di Burma, Filiphina. Mereka umumnya akan bermukim di kawasan-kawasan tropis yang kandungan airnya cukup banyak. Selain itu, jenis ular ini kerap dikenal mematikan karena bisa memangsa sasaran dengan sangat cepat.

Ular Boa China

Ular ini berasal dari China. Dulunya sempat membuat gempar masyarakat China karena kedatangannya. Ia memiliki panjang sebesar 55 kaki atau setara dengan 16 meteran. Ular ini pertama kali datang dijumpai oleh beberapa pekerja bangunan di Kota Guping China. Awalnya para pekerja tersebut hendak membabat hutan, namun melihat hal yang aneh dan ketika didekati ia adalah ular Boa. Sejak saat itu, ia juga menjadi trending topik di media dan ramai diperbincangkan.

Ular Phyton Australia

Selanjutnya adalah ular Phyton Australia. Ini menjadi salah satu jenis ular yang paling besar dan mengerikan di dunia. Memiliki bobot yang amat besar dan juga mulut yang sangat lebar. Ia memiliki kemampuan melilit yang amat kuat dan bisa melahap hewan Wallaro yang merupakan salah satu jenis kanguru di Australia. Akan tetapi, konon jenis ular satu ini belum pernah memangsa manusia karena mereka memiliki habitat yang cukup jauh dari masyarakat setempat.

Ular Inyakamba

Selanjutnya adalah ular Inyakamba. Ular satu ini merupakan jenis ular yang hidup di kawasan lahan lebar. Di sana kebetulan masih banyak spesies hewan yang hidup dan berkembang biak. Salah satunya adalah jenis ular ini yang memiliki panjang sekitar 15 meter.

Itu tadi bahasan tentang ular terbesar di dunia yang masih hidup yang bisa dijadikan sebagai bahan pengetahuan. Selain itu, juga untuk menambah ketertarikan serta rasa ingin tahu Anda mengenai kekayaan hewani yang ada di bumi ini. Semoga bermanfaat. (elevenia)

Putri
Putri
SEO Content "Wherever life plants you, bloom with grace."

BAGIKAN:

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp

ARTIKEL LAINNYA