8 Gaya Renang yang Harus Dikuasai Pemula

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
swim_lessons_pic.jpg__1919x1001_q85_crop_subsampling-2_upscale
Daftar Topik

Tahukah Anda sebuah olahraga yang paling mudah untuk dilakukan banyak orang? benar, renang adalah salah satu olahraga yang paling tepat dan bebas dilakukan oleh siapa saja. renang juga salah satu olahraga yang menyehatkan dan menyenangkan. Namun kenyataannya banyak orang yang cukup takut untuk mencoba berenang. Salah satu alasannya adalah karena takut tenggelam, takut air yang banyak, atau bisa juga takut kedalaman.

Beragam alasan memang sering menyelimuti banyak orang, apalagi banyak juga kasus yang terjadi meninggal karena tenggelam. Sebaiknya persepsi bahwa nanti tenggelam sangat baik jika dihilangkan terlebih dahulu. tenggelam memang salah satu peristiwa yang harus dialami orang yang belajar renang selama tenggelam nya dalam batas wajar. Untuk menghilangkan ketakutan-ketakutan tersebut ada baiknya jika Anda mencoba untuk belajar berenang dengan beberapa cara yang dikhususkan untuk pemula. Ingin tahu bagaimana caranya? Berikut 8 gaya renang yang harus dikuasai khususnya bagi Anda pemula.

Gaya Renang untuk Pemula

Gaya Bebas / Freestyle

Teknik Dasar Renang Gaya Bebas (Freestyle) - Ayo Berenang

Untuk berenang para pemula gaya berenang dengan gaya bebas adalah hal yang dasar. Ini juga termasuk gaya yang paling sering digunakan orang. lalu bagaimana cara untuk berenang dengan gaya bebas ini? mudah sekali, yaitu dengan mengayunkan kaki dan mengayunkan tangan sebelah kanan serta kiri dengan cara bergantian. Bagi Anda yang sudah cukup terbiasa dengan gaya ini maka Anda akan mudah berenang dengan menghasilkan kecepatan cukup tinggi. Beberapa atlet renang juga paling sering menggunakan gaya ini untuk melakukan olimpiade.

Gaya Katak

4 Teknik dan Cara Berenang Gaya Katak Serta Tipsnya

Untuk gaya yang satu ini modelnya lebih santai dibandingkan dengan yang pertama tadi. Lebih santai karena kita dituntut untuk menggerakan kaki dan tangan kita seperti katak ketika berenang. Dengan gaya tersebut kita bisa mengapung secara perlahan dan sedikit terseret. Gaya ini juga cocok untuk Anda yang baru belajar renang dan juga cocok untuk orang tua.

Gaya Kupu-kupu

Mengenal Jenis-Jenis Gaya Renang

Nah, selanjutnya adalah gaya kupu-kupu, ternyata gaya renang yang satu ini mampu membakar kalori yang ada pada tubuh secara maksimal. caranya adalah berenang dengan kaki dan badan bagaikan lumba-lumba. Saat ingin mengambil napas, kedua tangan dan badan mengayun ke depan sambil mengangkat kepala untuk mengambil oksigen. Gaya ini memang cukup sulit untuk pemula, namun jika mau belajar dengan sungguh-sungguh pasti bisa.

Gaya Batu

Cara Berenang Gaya Bebas, Lengkap dengan Tekniknya Untuk Pemula - Citizen6  Liputan6.com

Siapa yang selalu menggunakan gaya ini ketika berenang? Gaya ini paling sering dilakukan oleh sejumlah orang yang memang masih pemula. Sebenarnya gaya ini sekedar gaya iseng. Caranya juga mudah, yaitu dengan melipat kedua kaki sampai membentuk rangkulan tangan kemudian berputar-putar ke air dengan santai.

Gaya Luncur

Sebutkan cara melakukan gerakan meluncur - Brainly.co.id

Gaya ini juga termasuk gerakan santai. Caranya juga mudah, yaitu dengan menendang suatu pijakan seperti tembok, kemudian meluruskan seluruh tubuh ke depan. Gaya ini membuat kita tidak miring ke kanan ataupun ke kiri.

Gaya Lumba-Lumba

7 Teknik Renang Gaya Kupu-kupu yang Benar - OlahragaPedia.com

Hampir sama seperti gaya kupu-kupu, namun gaya ini diselingi dengan gerakan meliuk-liuk badan ke atas dan ke bawah secara bergantian. Ketika kita melakukan gaya lumba-lumba, gaya ini akan membuat kita bergerak maju ke depan dengan santai karena terdapat dorongan dari kaki yang cukup pelan.

Gaya Punggung

7 Manfaat Renang Gaya Punggung dan Tekniknya

Seperti apa gaya punggung? Benar, gaya punggung adalah kebalikan dari gaya bebas. Karena caranya adalah dengan menengadahkan badan ke atas, bukan berbaring terkelungkup di air. Cara kerjanya juga hampir sama yaitu dengan mengayun kaki dan mengayunkan tangan secara bergantian tidak perlu menggunakan dan mengambil oksigen karena hidung posisinya sudah diatas. Namun Anda harus bisa menyeimbangkan tubuh dengan baik agar tidak sampai tenggelam.

Gaya Tenggelam

Indischool - Teknik Uitemate, Selamatkan Diri Dari Tenggelam

Terdengar lucu namun sebagian orang juga melakukan gaya ini. jadi, gaya ini adalah cara yang tepat untuk latihan menahan napas di dalam air. Anda bisa menahan nafas dengan menenggelamkan tubuh pada kolam renang dalam waktu beberapa menit kemudian menjulurkan tangan dan keluar dari air untuk mengambil napas. Gaya simpel ini bisa Anda lakukan jika memang membutuhkan latihan napas di dalam air.

Itulah 8 gaya renang yang harus dikuasai pemula dan harus rutin belajar dengan gaya yang sudah disebutkan diatas, semoga dengan adanya informasi diatas, Anda bisa menambah wawasan seputar dunia renang dan mengambil manfaatnya. (elevenia)

Putri
Putri
SEO Content "Wherever life plants you, bloom with grace."
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

ARTIKEL LAINNYA

PEMESANAN:

Beras Organik RICE ME UP