8 Fenomena Alam di Indonesia Paling Unik dan Bikin Anda Terkagum!

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Daftar Topik

Indonesia terkenal dengan berbagai budaya yang unik dan selalu menjadi daya tarik tersendiri baik warga Indonesia bahkan orang luar negara. Selain budaya yang sangat beragam dan sangat unik, Indonesia juga kaya akan destinasi wisata yang tidak terdapat di Negara-negara lain. Terdapat juga fenomena alam di Indonesia yang sangat unik dan membuat semua orang terkagum-kagum. Fenomena yang ada di Indonesia ini memang jarang terjadi atau bahkan tidak pernah terjadi di negara lain.

Fenomena alam di Indonesia menjadi daya tarik tersendiri

Selain keunikan budaya yang ada di Indonesia, fenomena alam yang unik dan tergolong aneh juga menjadi satu hal yang membuat wisatawan penasaran dan menjadikan fenomena alam di Indonesia menjadi daya tarik tersendiri. Misalnya saja fenomena alam api abadi yang ada di Madura Indonesia ini. Kehadirannya memang membuat banyak orang penasaran bagaimana hal tersebut bisa terjadi.

Fenomena alam di Indonesia yang aneh tapi unik

Nah, berikut ini 8 fenomena alam di Indonesia yang sangat unik dan hanya ada di Indonesia:

  1. Hujan Es

Hujan es terjadi di Jakarta, tepatnya pada tanggal 28 Maret 2017, di sore hari. Di antara tetesan air hujan yang turun, terdapat bongkahan-bongkahan es yang cukup banyak dan tidak begitu besar. Hujan es biasanya terjadi ketika masa peralihan musim, baik itu dari musim hujan ke musim kemarau ataupun sebaliknya. sebelum terjadi hujan es, biasanya udara akan sangat panas, selain suhu yang meninggi, kelembapan pun meningkat.

  1. Hujan Meteor Geminid

Pada tanggal 4-17 Desember di langit Indonesia terjadi hujan meteor geminid. Tetapi puncaknya terjadi pada 14 Desember 2017 waktu Indonesia. Hujan meteor Geminid bergerak lebih pelan dibanding hujan meteor lain yang sangat cepat dan mudah terbakar, sehingga hujan ini bisa diamati.

  1. Api Abadi

Api abadi memang terdengar sangat mustahil, tetapi fenomena ini benar-benar ada di Indonesia. Lebih tepatnya, fenomena ini terdapat di Desa Larangan Tokol, Kecamatan Tlanakan, Pamekasan, Madura. Uniknya lagi, api yang ada di Madura ini tidak bisa padam meskipun terguyur hujan deras.

  1. Salju Abadi

Sangat mustahil jika di Indonesia terdapat salju, karena merupakan daerah tropis. Tetapi jangan salah, tepatnya di Puncak Cartenz, Pegunungan Jayawijaya, Papua, terdapat salju abadi yang menutupi puncaknya. Sayangnya salju yang ada di Puncak Cartenz sebagian sudah mulai hilang karena pemanasan global terjadi akhir-akhir ini.

  1. Pasir Pink

Pada umumnya, pasir pantai berwarna putih kehitaman atau bahkan berwarna hitam. Uniknya, di Taman Nasional Komodo terdapat pantai yang mempunyai pasir pantai berwarna pink. Pantai-pantai tersebut yaitu Pink Beach dan Pantai Namo. Pasir pink tersebut berasal dari pecahan karang berwarna merah yang sudah mati.

  1. Blue Fire

Fenomena api biru atau blue fire di dunia ini hanya ada dua, yaitu di Indonesia dan Islandia. Di Indonesia, fenomena ini ada di Kawah Ijen yaitu di perbatasan Kabupaten Bondowoso dan Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur. Hal inilah yang menarik banyak wisatawan lokal, bahkan mancanegara berbondong-bondong berkunjung ke Kawah Ijen untuk menyaksikan fenomena unik ini. Sebenarnya, fenomena ini bukan api, tetapi keluarnya gas belerang dari celah-celah batuan dengan suhu yang sangat tinggi dan bertemu dengan udara yang ada di sekitar.

  1. Seruling Laut

Pantai Klayar merupakan sebuah pantai yang terletak di Kabupaten Pacitan, Jawa Timur dan mempunyai sebuah fenomena alam yang sangat menakjubkan dan tidak dimiliki Negara-negara lain. Fenomena ala mini disebut dengan seruling laut. Air laut yang keluar dari celah-celah batu karang di tepi pantai Klayar ini, uniknya menimbulkan suara yang mirip dengan seruling.

  1. Gerhana Matahari Total

Fenomena gerhana matahari memang sangatlah unik. Karena, gerhana matahari total hanya ada 1 yaitu di tahun 2016 dan 2 gerhana matahari cincin tepatnya di tahun 2009 dan yang akan datang yaitu pada 2019. Tahun 2016 lalu merupakan salah satu momen bersejarah bagi Indonesia. Banyak peneliti-peneliti dari luar negeri yang berdatangan ke Indonesia untuk mengamati dan menyaksikan indahnya gerhana matahari total tersebut.

Demikian ulasan mengenai 8 fenomena alam di Indonesia paling unik dan bikin Anda terkagum. Fenomena-fenomena yang ada di Indonesia ini membuat kita semakin bangga dengan beragam keunikan-keunikan yang ada di Indonesia mulai dari budaya, bahasa hingga wisata alam. Semoga artikel ini bermanfaat.

Putri
Putri
SEO Content "Wherever life plants you, bloom with grace."

BAGIKAN:

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp

ARTIKEL LAINNYA