8 Cara Menurunkan Berat Badan Saat Puasa yang Menyehatkan

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Daftar Topik

Puasa adalah bulan dimana Anda harus mengubah pola makan tidak seperti biasanya. Sebenarnya, moment ini bisa Anda jadikan sebagai alternatif untuk membantu turunkan berat badan Anda sehingga menjadi ideal.

Namun, banyak orang yang salah dalam mengatur pola makan sehingga justru balas dendam dan makan dengan porsi tidak pada umumnya. Ini justru akan membuat Anda semakin gendut. Nah, untuk memudahkan, berikut ini akan diulas mengenai cara menurunkan berat badan saat puasa yang mudah dan praktis serta menyehatkan untuk dijadikan sebagai rujukan.

Beberapa Cara Menurunkan Berat Badan Saat Puasa

Jangan Lewatkan Sahur Anda

Langkah pertama untuk menurunkan berat badan saat puasa bukan dengan tidak melakukan sahur atau makan dengan porsi yang sangat sedikit. Melainkan Anda harus melaksanakan sahur. Karena melewatkan sahur tidak akan membantu turunkan berat badan Anda atau membantu Anda tetap bugar. Bahkan, Anda justru akan menjadi semakin lapar dan berpotensi untuk balas dendam saat waktu buka.

Diet Protein Tinggi dan Kurangi Garam

Jika Anda memang benar-benar ingin menurunkan berat badan saat puasa ramadan, sebaiknya Anda mencoba mengkonsumsi putih telur yang direbus ketika sahur. Usahakan untuk sebisa mungkin menghindari jenis makanan yang berminyak atau yang olahannya melalui proses penggorengan. Sebagai alternatif Anda juga bisa mengkonsumsi jenis karbohidrat kompleks seperti roti gandum, nasi merah dan lain sebagainya.

Banyak Bergerak Saat Puasa

Puasa bukanlah alasan untuk Anda tidak berolah raga. Usahakan untuk sebisa mungkin menghindari tidur-tiduran serta bermalas-malasan. Kalau memang tidak ingin melakukan olah raga tertentu, sebaiknya Anda lebih semangat untuk bekerja dan beraktifitas. Karena jika hanya berdiam diri, kalori Anda akan menumpuk menjadi lemak dan bertambah gemuk.

Kunyah Makanan secara Perlahan

Selanjutnya Anda sebaiknya tidak terburu-buru saat makan supaya benar-benar bisa memiliki tubuh yang langsing saat puasa. Caranya adalah dengan mengendalikan diri selama makan. Caranya adalah dengan mengunyah makanan sebanyak 20 atau 30 kunyahan di tiap suapan. Kemudian baru menelannya. Tujuannya adalah supaya pencernaan Anda tidak mengalami gangguan di saat puasa. Dengan kunyahan yang tepat, maka Anda juga akan terhindar dari sakit perut dan sebagainya.

Hindari Jenis Makanan Mengandung Lemak Jenuh

Cara menurunkan berat badan saat puasa selanjutnya adalah dengan menghindari makanan dengan kandungan lemak jenuh seperti gorengan dan lain sebagainya. Khususnya untuk menu makan malam. Semakin Anda banyak mengkonsumsi makanan dengan kandungan lemak dan karbohidrat yang tinggi, maka potensi untuk menjadi gemuk akan lebih besar. Karena itu, hindarilah berbagai jenis makanan berat seperti nasi putih, canai, roti, dan lain sebagainya.

Salat Dulu Baru Buka Puasa

Banyak orang yang salah saat berbuka puasa. Mereka langsung makan berat-berat. Padahal seharusnya Anda melakukan salah maghrib dulu baru berbuka puasa. Caranya adalah cukup minum saja kemudian mengambil air wudhu dan selanjutnya melaksanakan salat. Karena jika Anda makan dulu, maka yang ada malah ngantuk dan bermalas-malasan. Selain itu, ini juga bertujuan untuk membiarkan pencernaan melakukan adaptasi.

Berbukalah Secukupnya Saja

Selain itu Anda juga jangan menggunakan teori balas dendam saat berpuasa. Makanlah secukupnya karena selain bisa membuat badan Anda menjadi gemuk, ia juga bisa mengganggu pencernaan Anda. Pastikan Anda berbuka dengan konsep yang seimbang. Bayangkan, dalam sehari Anda belum makan apa-apa dan sekali makan menggunakan porsi yang sangat besar. Padahal, saat Anda melakukan puasa, metabolisme tubuh menjadi lamban. Bisa jadi pencernaan Anda akan kaget jika Anda berbuka dengan porsi terlalu banyak. Yang terpenting adalah secukupnya dan upayakan untuk mengkonsumsi jenis makanan sehat.

Perbanyak Konsumsi Air Putih

Sebaiknya Anda juga banyak mengkonsumsi air putih saat berbuka puasa. Air putih sangat baik untuk tubuh Anda. Sebaiknya Anda tidak terlalu banyak mengkonsumsi jenis makanan yang manis-manis karena ini bisa membuat Anda menjadi lebih gendut. Untuk jenis minuman manis, sebaiknya Anda tidak mengkonsumsi lebih dari satu gelas dalam setiap harinya. Dan pastikan Anda mengkonsumsi cukup banyak air putih.

Itulah uraian mengenai cara menurunkan berat badan saat puasa yang bisa dijadikan sebagai salah satu alternatif untuk menurunkan berat badan Anda. Dengan mengikuti beberapa langkah mudah di atas, dijamin berat badan Anda akan turun dan menjadi lebih ideal asalkan dilakukan secara teratur. Semoga bermanfaat. (elevenia)

Putri
Putri
SEO Content "Wherever life plants you, bloom with grace."
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

ARTIKEL LAINNYA