8 Cara Meningkatkan Nafsu Makan pada Orang Sakit

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
8-Cara-Meningkatkan-Nafsu-Makan-Pada-Orang-Sakit-768x464[1]
Daftar Topik

Pada saat sedang dalam keadaan sakit atau kurang sehat umumnya nafsu makan seseorang akan menurun atau bahkan hilang. Tak peduli makanan tersebut enak dan lezat sekalipun, karena pada saat seseorang sakit memang lidah akan terasa sangat pahit sehingga untuk makan pun tidak akan ada rasa atau hambar. Padahal pada saat seseorang yang sedang sakit ia membutuhkan asupan makanan yang banyak karena pada kondisi tubuh sakit ini sangatlah lemah dan butuh makanan agar tenaganya bisa berangsur – angsur pulih seperti pada kesehatan masih sehat.

Sakit adalah kondisi dimana tubuh butuh waktu untuk istirahat karena lelah melakukan aktivitas atau karena terkena virus. Pada saat kondisi tubuh lemah dan sakit tersebut maka makanan sangatlah dibutuhkan, sebagai orang terdekat dari keluarga, sahabat ataupun kolega ketika Anda melihat orang – orang terdekat Anda sedang dilanda sakit pasti Anda akan berusaha sekuat tenaga untuk merayunya agar mau makan. Hal ini semata – mata karena agar mereka lekas sembuh dan keadannya lekas membaik. Jika Anda merasa kesulitan untuk merayu orang sakit agar mau makan, Anda bisa menyimak ulasan 8 cara meningkatkan nafsu makan pada orang sakit.

8 Cara Meningkatkan Nafsu Makan Orang Sakit

Membuat orang yang sedang sakit agar mau makan memanglah bukan hal yang mudah. Pada saat sakit seseorang kehilangan nafsu makannya adalah hal yang biasa terjadi, namun membiarkannya untuk tidak makan adalah hal yang sangat tidak dianjurkan. Oleh sebab itu, simaklah ulasan berikut ini mengenai 8 cara meningkatkan nafsu makan pada orang sakit.

  1. Layanilah orang yang sakit semau hati nya, jangan memaksanya di awal untuk makan. Hindarilah untuk membentak atau berkata kasar kepadanya. Dengan berbuat kasar, maka nafsu makannya akan semakin hilang.
  2. Tawarkan lah makanan – makanan kesukaannya. Agar nafsu makan orang yang sedang sakit bisa terpancing maka Anda bisa menyodorkan pilihan menu favoritnya, namun jangan sembarang menu. Tetap konsultasi kan lah sebelum Anda memberikannya.
  3. Jangan memaksanya untuk makan dalam satu waktu dengan jumlah yang banyak. Lakukanlah penawaran untuk makan sedikit – sedikit tapi berkelanjutan atau sering. Orang yang sakit tidak akan kuat jika disuruh menghabiskan sepiring penuh seperti kala ia sehat karena seluruh tubuh nya terasa lemas dan mencerna pun tidak akan secepat ia sehat.
  4. Hindari memberikan makanan yang aromanya menyengat. Aroma makanan yang menyengat biasanya malah akan menghilangkan nafsu makannya sama sekali. Orang yang sakit ketika mencium aroma menyengat akan menimbulkan rasa mual.
  5. Berikanlah suplemen untuk penambah nafsu untuk makan. Jika rayuan – rayuan Anda sudah tidak di elakkan, maka pemberian suplemen untuk penambah nafsu makan ini bisa menjadi pilihan yang tepat. Namun sebelum Anda memberikan sumplemen penambah nafsu makan ini, Anda bisa mengonsultasikan nya pada dokter terlebih dahulu.
  6. Perbanyak lah minum air putih. Mengonsumsi air putih yang banyak sangatlah penting pada saat tubuh sedang sakit karena banyak cairan yang hilang di dalam tubuh, sehingga menimbulkan rasa dehidrasi. Rasa dehidrasi inilah yang kemudian menyebabkan turunnya nafsu makan pada orang yang sedang sakit.
  7. Makan bersama – sama

Ketika hasrat untuk makan mulai hilang dan tidak ada semangat untuk melakukan apapun, cobalah untuk mengajak teman atau orang terdekat lainnya untuk melakukan hal secara bersama – sama. Seperti melakukan acara makan bersama. Agar nafsu makan orang yang sedang sakit tergugah ajaklah teman – teman dekat yang sangat berarti di hidupnya untuk makan bersamanya. Dengan canda tawa yang mengiringi acara makan bersama ini tentunya akan menyamarkan rasa makanan yang hambar tersebut.

8.  Putarkanlah film kesukaannya

Agar Anda bisa membuatnya mau makan, Anda bisa memutarkan film kesukaannya. Dengan menonton film yang disukainya maka mata akan foku pada apa yang dilihat sedangkan apa yang dimakan oleh mulut tidak aka begitu terasa, sekalipun semua makanan yang dikonsumsi hilang citarasanya atau bahkan pahit karena memang kondisinya sedang sakit. Sebisa mungkin Anda memiliki banyak stok fil m – film kesukaannya agar pada saat makan Anda tidak perlu bersusah payah untuk membujuk rayunya.

Pada saat menonton film kesukaannya janganlah mengajaknya berbincang atau ngobrol membahas hal lain, biarkanlah ia terfokus pada film kesukaannya sedangkan tangan Anda terus menyuapinya. Dengan begitu maka tanpa sadar Ia mampu menghabiskan porsi makannya seperti sedia kala ketika sehat.

Nah, itulah beberapa trik dan 8 cara meningkatkan nafsu makan pada orang sakit. Bagi Anda yang sedang sakit atau orang –orang terdekat Anda mengalami sakit, janganlah memarahinya atau membentaknya karena hal tersebut justru malah akan membuatnya kehilangan nafsu makan.

Putri
Putri
SEO Content "Wherever life plants you, bloom with grace."
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

ARTIKEL LAINNYA

PEMESANAN:

Beras Organik RICE ME UP