8 Cara Meningkatkan Iq Yang Bisa Diterapkan Dengan Mudah

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Daftar Topik

Membicarakan mengenai IQ memang sangatlah penting. Dimana dengan iq yang baik maka manusia bisa mewujudkan semua keinginan dan juga kebutuhannya. Bisa di bayangkan bukan bagaimana jadinya jika manusia memiliki iq yang rendah? selain sulit mengatasi masalah juga bisa menghambat keinginan. Bahkan tak jarang juga kita mendengar kasus-kasus pembullian terhadap beberapa orang yang memiliki aq rendah.

Memang orang memilliki iq rendah biasanya kelemahan untuk berfikir yang cepat sebut saja mikir telat. Sebagai pihak yang dibully tentu rasa marah dan kecewa tidak bisa dielakkan. Maka dari itu meningkatkan iq sangat penting. Beberapa orang mungkin beranggapan bahwasanya IQ adalah tingkat kecerdasan yang dibawa sejak lahir. Kalau tidak merasa pintar dengan teman sejawat banyak yang mengatakan memang sudah ditakdirkan untuk tidak cerdas. Padahal anggapan tersebut kurang tepat. Karena, tahukah Anda bahwa  sesungguya IQ bisa ditingkat dengan cara-cara yang mudah.

Cara Meningkatkan IQ

IQ bisa diterapkan dengan mudah dalam aktivitas sehari-hari. Nah, berikut cara-cara yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan IQ Anda:

  1. Meditasi

Cara pertama yang bisa Anda lakukan adalah dengan meditasi. Pasti Anda sudah tidak asing bukan dengan hal ini? Meditasi adalah salah satu cara yang bagus untuk menguransi stress. Bahkan meditasi juga bisa meningkatkan suasana hati menjadi lebih baik. Bagusnya lagi meditasi bisa mengatur fungsi otak yang lebih baik. Jadi, jangan heran bahwa banyak orang melakukan meditasi karena memang efeknya yang sangat luar biasa. Efek lain yang bisa ditimbulkan dengan meditasi adalah meningkatkan aliran darah ke otak, melatih konsentrasi dan kesabaran, bahkan bisa meningkatkan ingatan.

  1. Olahraga

Tidak bosa diingatkan untuk selalu berolah raga dengan teratur. Olah raga memang memberikan efek yang sangat luar biasa bagi tubuh. Bahkan olah raga juga bisa meningkatkan IQ. Salah satu olah raga yang bisa meningkatkan IQ adalah berenang.

  1. lebih banyak membaca

pendidikan merupakan salah satu faktor besar yang memberian kontribusi pada IQ. Maka untuk meningkatkan IQ Anda maka usahan membaca sains, seperti fisika dan metematika. Karena dengan lebih banyak membaca sains maka akan meningkatkan pemahaman Anda tentang dunia. Dan alhasil akan memperbaikai kemampuan spasial dan matematika, memperbaiki komprehensif serta logika.

  1. konsumsi suplemen

Bagi Anda yang berinisiatif meningkatkan IQ maka disarankan untuk megonsumsi minuman yang banyak mengandung kreatin, kafein, dan ginkgo biloba. Selain minuman juga konsumsilah makanan yang mengandung asam omega 3. Ikan salmon dan kopi juga bisa menjadi solusi suplemen meningkatkan IQ.

  1. Senantiasa Tidur Yang Cukup

Tahukah Anda bahwa tidur itu ibarat detox kecil bagi otak. Karena dengan tidur, tubuh akan terjadi regenerasi sel-sel dan menghilangkan racun-racun yang timbul ketika siang harinya. Nah untuk tidur yang baik yakni sekitar jam 9 malam sampai tengah malam.

  1. menulis

Menulis adalah salah satu aktivitas yang kongkrit untuk membuat Anda berpikir sehingga bisa meningkatkan IQ.  Dengan kemajuan zaman yang semakin maju menulis memang bisa menjadi aktivitas yang lebih mudah. Misalnya saja menulis satus facebook, nge-tweet ataupun chatting. Namun, akan lebih bagus lagi jika Anda menulis dalam rangka memecahkan suatu masalah.

  1. Mempelajari bahasa baru

Banyak cendekiawan yang mengatakan bahwasanya kemampuan seseorang yang menguasai banyak bahasa berbanding lurus  dengan kecerdasannya. Contohnya saja Muhammad Al-Fatih ketika usianya 16 tahun sudah mampu menguasai 8 bahasa. Yakni bahasa Turki, Persia, ibrani, Yunani, Arab dan lain-lain dengan lancar. Sehingga pada usia 21 tahun ia berhasil menaklukan konstantinopel yang notebene menjadi kota termaju didunia pada saat itu.

  1. Memainkan Berbagi Jenis Game

Tentu kita sudah terbiasa bukan dengan bermain game? bermain game selain menyenangkan ternyata juga bisa memberikan dampak yang sangat bagus untuk meningkatkan IQ. So, bagi yang gemar bermain game jangan khawatir. Hanya saja, yang perlu Anda perhatikan adalah dengan memilih jenis game yang Anda mainkan. Pilihlah jenis game yang mengharuskan Anda untuk memecahkan suatu permasalahan dan mengandalkan logika dan juga. Proses yang seperti itulah bisa membantu otak Anda bekerja lebih optimal. Karena, otak akan dituntut untuk berfikir dan mengambil langkah yang cepat dalam memecahkan masalah dengan waktu yang relatif cepat.

Nah, itulah 8 cara meningkatkan IQ yang bisa diterapkan dengn mudah. Pasti Anda ingin memiliki IQ yang tinggi bukan? makanya dengan usaha dan latihan terus menerus pastinya Anda bisa meningkatkan IQ Anda. Semoga bermanfaat! (elevenia)

Jihan Ariya
Jihan Ariya
Honestly gak gitu lincah dalam menulis sih, tapi tak apa, yang penting heppy :D

BAGIKAN:

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp

ARTIKEL LAINNYA