8 Cara Membuka File Enc di PC

0
31820 File Enc

Pernahkah Anda mencoba membuka file enc? Menurut data enc file adalah metode pengamanan data yang metodenya tidak sama dengan pengamanan file yang lain seperti locking file. Model pengamanan file enc lebih rumit, sebab encrypt akan mengubah bahasa passwordnya, tidak seperti locking file yang hanya mengunci file atau folder saja.

Karena enc file biasa mengubah password dengan bahasa apapun, maka tentu akan sangat sulit bagi Anda untuk membacanya, kecuali jika Anda memang memiliki ilmu tentang encrypt. Jika Anda penasaran bagaimana bentuk encrypt, coba saja search di google, maka akan langsung muncul apa yang Anda cari. Seperti yang kita tahu, bahwa file memang memiliki peranan penting bagi perangkat seperti PC, Laptop, HP dan sebagainya.

Setiap PC ataupun laptop tentunya memiliki format yang berbeda untuk tiap tipe filenya. Seperti file dokumen yang menggunakan format doc, file kompresi dengan rar, exe sebagai tanda bahwa file tersebut bisa dijalankan, dan masih banyak lagi. Setiap format yang digunakan dalam file pasti menentukan pula cara membukanya. Apalagi jika file tersebut memang sengaja diproteksi agar tidak bisa dibuka oleh orang sembarangan, pastinya Anda membutuhkan sistem software untuk memecahkannya.

Salah satu format file yang tidak bisa dibuka dengan sembarangan adalah ENC file. File tersebut memang sengaja dilindungi agar aman dari serangan virus di perangkat tertentu. Selain itu, encryption file akan mengemas semua data dalam satu paket sehingga lebih terjaga. Anda mungkin sudah pernah menjumpai file dengan format enc di android maupun PC Anda. namun belum banyak yang tahu sebenarnya bagaimana cara membuka file enc di PC.

Nah, apabila PC Anda sudah mendukung windows 10, maka file ENC bisa langsung dibuka melalui explorer. Hal ini dikarenakan PC yang sudah menggunakan fitur windows 10 sudah memiliki fasilitas mengubah ekstensi ke tipe kompresi sehingga file bisa dikeluarkan. Sebenarnya, ada dua alternatif untuk membuka file enc, yaitu online dan offline.

Membuka file enc tanpa software dinilai lebih mudah untuk dilakukan, sebab Anda tidak perlu melakukan instalasi, hanya saja harus tetap berhati-hati agar file tidak rusak. Apabila file enc dibuka sembarangan dan sampai corrupt maka data yang ada tidak akan bisa muncul. Selain itu, hindari penggunaan software yang dapat merusak sistem dalam PC Anda, karena efeknya bisa sampai pada penggunaan windows juga.

8 Cara Membuka File Enc di PC


31820 File Enc

Pastikan PC Anda mendukung fitur kompresi, sehingga membuka file enc akan lebih mudah dilakukan. Seperti fasilitas zip yang pasti sudah tersedia dan bisa segera dimanfaatkan tanpa perlu menggunakan software.

  1. Langkah pertama adalah membuka folder dimana file enc itu berada. Apabila file enc yang ingin Anda buka masih terasa di android atau media penyimpanan lain, maka pastikan Anda menyalin file tersebut ke PC terlebih dahulu.
  2. Setelah file berhasil di salin ke PC, segera klik kanan pada file tersebut. maka akan muncul berbagai opsi yang bisa Anda pilih, dalam kasus ini pilih opsi Send to.
  3. Ketika opsi send to telah dipilih, maka akan muncul lagi beberapa pilihan. Pilihlah tulisan Compressed (zip) Folder, hal ini memungkinkan file enc akan dikompresi ke dalam bentuk zip.
  4. File enc yang sudah dikompresi akan mengubah tipe dokumen, sehingga misal nama file tersebut awalnya sticker.enc maka setelah dikompresi akan berubah menjadi sticker.zip.
  5. Bukalah file yang sudah dikompresi ke dalam zip maka isi dari file tersebut akan muncul.
  6. Untuk mengeluarkan file atau jika Anda ingin membuka kembali, cukup klik tombol Extract All yang ada di bagian atas toolbar.
  7. Ketika Anda membukanya akan muncul menu box, Anda bisa memilih folder yang ingin Anda buka melalui menu browse dan pilih extract.
  8. Maka akhirnya akan muncul jendela baru yang berisikan file ENC tersebut.

Apabila sudah melakukan cara membuka file enc di atas file tetap tidak bisa terbaca, maka mungkin ada kesalahan atau error. Oleh sebab itu, saat akan menyalin file pastikan data tersalin dengan baik.

Saat Anda mencoba membuka file enc menggunakan PC pastikan Anda melakukannya secara berurutan ya. Hal ini bisa dilakukan agar file tersebut tidak mengalami kerusakan yang akibatnya tidak akan bisa dibuka. Selain itu, selektif atau teliti dalam menggunakan software apapun alias jangan asal beres. Oleh sebab itu, ketika Anda membuka file Enc usahakan menggunakan fitur bawaan windows PC, hal ini dinilai lebih  aman dan efektif.

BACA JUGA!

Solusi Ketika File Tidak Bisa Dibuka