8 Cara Berhenti Merokok Secara Alami

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
8-Cara-Berhenti-Merokok-Secara-Alami-768x422[1]
Daftar Topik

Segala sesuatu yang bisa menyebabkan candu memang sangat sulit untuk dihentikan. Misalnya saja merokok. Seseorang yang sudah terlanjur mengkonsumsi rokok akan sangat sulit untuk berhenti kecuali benar-benar memaksa diri dan bertekad penuh untuk berhenti. Banyak juga orang yang sudah kebingungan mencari cara bagaimana ia bisa berhenti merokok karena merasa kurang baik jika terus dikonsumsi. Nah, berikut ini akan diulas mengenai cara berhenti merokok secara alami yang bisa dijadikan sebagai bahan rujukan Anda.

Beberapa Langkah Berhenti Merokok Yang Mudah

Catat Sesuatu Positif Yang Akan Anda Dapatkan Sesudah Berhenti Merokok

Cara yang cukup jitu untuk menghentikan seseorang dari kebiasaan merokok adalah dengan mencatat beberapa hal yang bisa didapatkan setelah sukses berhenti merokok. Ada banyak orang yang enggan berhenti dan berfikir bahwa upaya berhenti merokok hanya akan menyiksa diri seseorang. Padahal, ada banyak hal positif yang akan didapatkan saat Anda berhenti merokok. Karena itu, caranya adalah dengan mencatat berbagai hal baik yang akan didapat setelah berhenti dari kebiasaan merokok.

Minumlah Air Dingin Memakai Sedotan

Ternyat ada cara unik yang bisa Anda lakukan supaya bisa berhenti merokok dengan segera, yaitu dengan meminum air dingin dengan memakai sedotan. Cara ini dikenal cukup efektif dari kebiasaan menyedot rokok berganti menjadi menyedot sedotan. Selain itu, penelitian juga menunjukkan bahwa meminum air dingin dengan mengenakan sedotan bisa melepaskan dopamine yang menjadi sejenis bahan kimia otak untuk membantu menurunkan suasana hati yang sedang buruk.

Sikat Gigi secara Rutin

Selanjutnya, Anda harus menyikat gigi secara rutin supaya bisa berhenti merokok secara total. Anda mungkin mengira ini sangatlah tidak nyambung. Namun nyatanya cukup berpengaruh. Seorang perokok akan cenderung memiliki gigi yang kuning dan napas yang bau rokok. Nah, untuk menghilangkan hal itu, caranya adalah dengan rutin menyikat gigi. Tujuannya supaya sisa-sisa rokoknya menjadi hilang dan nantinya Anda tidak akan tega mengotori mulut dan gigi dengan rokok kembali.

Hindari Konsumsi Alkohol

Anda juga harus menghindarkan diri dari konsumsi alkohol ketika sedang dalam upaya berhenti merokok. Hal itu disebabkan karena ada kaitan yang cukup erat antara merokok dengan alkohol. Orang yang mengkonsumsi alkohol, memang ada kecenderungan untuk merokok. Selain itu, alkohol juga sangat berbahaya jika dikonsumsi. Dan juga bisa merusak pertahanan yang Anda bangun untuk berhenti merokok.

Lakukan Olah Raga

Cara berhenti merokok secara alami selanjutnya adalah dengan melakukan olah raga. Usahakan untuk rutin dan teratur olah raganya. Nah, apabila Anda benar-benar bertekad untuk berhenti merokok, olah raga akan menjadi cara terbaik untuk mewujudkannya. Hal itu dikarenakan dengan olah raga, stress dalam diri Anda berangsur-angsur akan menjadi tenang. Dan seandainya tidak ada jenis olah raga yang disukai, Anda bisa olah raga ringan misalnya jalan kaki, menyapu, dan lain sebagainya.

Masukan Sesuatu Di Mulut

Cara lain yang bisa Anda lakukan adalah dengan mencoba memasukkan sesuatu pada mulut. Seorang perokok akan cenderung berkeinginan untuk menghisap. Nah, pada saat-saat tersebut, sebaiknya Anda memasukkan makanan atau camilan tertentu pada mulut sehingga terhindar dari kebiasaan merokok. Cara ini adalah cara yang cukup efektif untuk menghindarkan godaan merokok dan dengan begitu Anda pun akan sembuh dari kebiasaan itu.

Tahan Diri

Yang tidak kalah penting untuk diperhatikan saat benar-benar ingin berhenti merokok adalah dengan menahan diri, khususnya pada dua minggu yang pertama. Sesudah masa tersebut berhasil dilewati, maka secara berkala Anda akan terbiasa untuk tidak merokok. Pada awalnya memang sulit dan harus dipaksa, namun lama kelamaan juga akan menjadi kebiasaan.

Ingat Lagi Alasan Anda Berhenti Merokok

Selain beberapa yang telah disebutkan di atas, sebaiknya Anda juga mengingat kembali apa sesungguhnya alasan Anda untuk berhenti merokok. Dan renungkan kembali betapa merokok menimbulkan dampak negatif sehingga dengan berhenti, ada banyak hal positif yang akan Anda dapatkan. Salah satu cara jitu nya adalah dengan mencoba menuliskan daftar alasan untuk berhenti merokok supaya menjadi pendorong utama Anda untuk tetap berjuang.

Itulah uraian tentang cara berhenti merokok secara alami yang bisa dijadikan sebagai salah satu solusi mudah dan praktis untuk menghentikan kebiasaan merokok Anda. Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, disertai dengan tekad yang kuat, Anda akan berhasil berhenti total dalam kegiatan merokok. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba. (elevenia)

Putri
Putri
SEO Content "Wherever life plants you, bloom with grace."
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

ARTIKEL LAINNYA

PEMESANAN:

Beras Organik RICE ME UP