8 Camilan Khas Pontianak Paling Unik dan Menarik

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Camilan-Khas-Pontianak[1]
Daftar Topik

Dari berbagai provinsi yang ada di Indonesia, pasti memiliki camilan atau makanan khas tersendiri. Tak terkecuali Kalimantan Barat. Pontianak sebagai ibukota Kalimantan Barat, memiliki berbagai destinasi Wisata menarik dan menjadi favorit setiap wisatawan. Banyaknya wisatawan yang berkunjung ke Pontianak, tak heran jika industri oleh-oleh khas Pontianak semakin berkembang. Karena, prinsip setiap wisatawan ketika berkunjung ke Pontianak atau daerah lain yaitu kurang lengkap jika tak memborong camilan khas Pontianak yang enak dan unik.

8-Camilan-Khas-Pontianak-Paling-Unik-dan-Menarik[1]Nah, sebelum kamu memutuskan untuk berangkat berlibur ke Pontianak, tak ada salahnya kamu menyimak ulasan berikut. Pada ulasan ini akan dibahas mengenai camilan khas Pontianak yang unik dan menarik. Selengkapnya berikut ini ulasannya.

Pilihan Oleh-Oleh Camilan Khas Pontianak

  1. Coklat Lidah Buaya

Olahan yang paling terkenal di Pontianak yaitu olahan lidah buaya. Selain diproduksi menjadi coklat, lidah buaya juga diolah menjadi berbagai camilan seperti dodol hingga teh. Yang menjadi camilan paling enak dan favorit yaitu coklat lidah buaya. Coklat ini tidak hanya memberikan rasa yang nikmat. Lebih dari itu, coklat lidah buaya ini juga kaya akan vitamin E. Sehingga, selain kenikmatan yang bisa kamu rasakan, manfaatnya juga bisa kamu dapatkan. Bagi kamu yang berkunjung ke Pontianak, coklat lidah buaya sangat cocok untuk dijadikan oleh-oleh.

  1. Bingke

Camilan khas Pontianak memang unik-unik dan berbeda dengan daerah lainnya. Salah satu makanan unik dari Pontianak yaitu Bingke. Yang mana Bingke ini merupakan kue yang berbentuk bunga. Kue ini terbuat dari tepung beras dengan tekstur yang lembut serta rasa yang manis. Untuk Varian rasa  yang tersedia yaitu coklat, keju, susu, kacang dan durian.

  1. Mie Talas

Stik talas bisa kamu jadikan sebagai buah tangan dari Pontianak. Camilan khas Pontianak ini banyak dicari wisatawan untuk dijadikan oleh-oleh. Hal ini dikarenakan rasanya yang gurih serta kerenyahannya. Selain itu, tersedia juga berbagai rasa yang enak seperti BBQ, keju, dan balado tersedia sesuai selera. Untuk masalah harga, Mie Talas ini cukup terjangkau.

  1. Pisang Srikaya

Jajanan khas Pontianak yang tak kalah penting untuk dijadikan sebagai oleh-oleh yaitu Pisang Srikaya. Lebih tepatnya makanan ini seperti pisang goreng dengan rasa yang lebih gurih serta tekstur yang lebih renyah. Seperti halnya pisang goreng, camilan khas Pontianak ini juga sangat cocok dimakan dengan ditemani secangkir kopi. Baik pagi atau sore, makanan ini tetap saja enak.

  1. Kerupuk Amplang

Kerupuk amplang bisa kamu jadikan sebagai oleh-oleh dari Pontianak. Nama lain dari kerupuk amplang yaitu kuku macan. Kerupuk ini terbuat dari ikan tenggiri yang dicampur dengan tepung sagu. Dengan perpaduan dua bahan tersebut, rasa kerupuk amplang ini gurih.

Baca juga: 8 Makanan Tradisional Lampung yang Paling Populer

Selain bisa dimakan langsung, kerupuk amplang ini juga bisa menjadi pendamping makanan lainnya. Akan lebih nikmat lagi jika dimakan dengan sambal yang pedas dan nasi hangat. Sedangkan untuk harga kerupuk amplang ini cukup terjangkau, sehingga tak heran jika sangat digemari wisatawan. Kerupuk amplang menjadi oleh-oleh terbaik karena mudah dibawa serta tahan lama.

  1. Kacang Piinatsu

Jika ingin membawa pulang oleh-oleh khas Pontianak yang beragam, kacang Piinatsu bisa kamu jadikan salah satunya. Kacang ini sangat mudah ditemui di toko oleh-oleh Pontianak. Lebih tepatnya, kacang ini berukuran kecil dengan harga yang murah. Kerenyahan dan kegurihan kacang ini menjadi daya tarik tersendiri bagi siapapun yang memakannya.

  1. Manisan Kandis Salju

Camilan khas Pontianak yang selanjutnya yaitu Manisan Kandis Salju. Sesuai dengan namanya, manisan ini dibuat dari bahan dasar buah gandis. Tak jauh berbeda dengan manisan pada umumnya, manisan Kandis Salju ini juga bercita rasa manis. Meski rasanya manis, namun manisan ini ternyata bisa menurunkan kolesterol. Hal ini dikarenakan adanya kandungan dalam buah Gandis yang sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh.

  1. Juhi Bakar

Camilan khas Pontianak Juhi atau Sotong merupakan makanan yang terbuat dari daging sotong yang digiling dan setelah itu dibakar. Ketika berkunjung ke Pontianak, makanan yang satu ini memang  paling banyak dicari para wisatawan. Selain rasanya yang nikmat, makanan ini juga bisa tahan lama. Sehingga sangat cocok untuk buah tangan. Hal ini dikarenakan proses pembuatan Juhi bakar yang tepat.

Itulah camilan khas Pontianak yang paling unik dan menarik yang bisa kamu pilih untuk dijadikan sebagai buah tangan. Selain memiliki cita rasa yang khas, makanan-makanan tersebut hanya dijual dengan harga yang terjangkau.

William
William
Seorang penulis dan pemain kartu Tarot. Suka hilang di antara lamunan dan keanehan yang jamak.
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

ARTIKEL LAINNYA

PEMESANAN:

Beras Organik RICE ME UP