7 Wisata Kuliner Makassar yang Wajib Dicoba

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
7-Wisata-Kuliner-Makassar-yang-Wajib-Dicoba[1]
Daftar Topik

Ada banyak tempat makan yang menyediakan menu khas Makassar. Akan tetapi, memang yang paling afdhol adalah mencicipi langsung di Kota Makassar. Makassar sendiri Memang terkenal dengan kulinernya yang sangat menggugah selera. Ada banyak menu makanan yang sudah terkenal dan banyak peminatnya.

Kali ini, kami akan membahas mengenai 7 wisata kuliner Makassar yang wajib dicoba. Berikut ini adalah ulasannya.

Coto Makassar

√ Resep Coto Makassar Asli Spesial Enak

Wisata kuliner Makassar yang wajib dicoba yang pertama adalah menu makanan bernama coto makassar. Coto Makassar tentunya sudah tidak asing lagi ditelinga wisatawan baik domestik maupun asing. Coto makassar tersebut merupakan yang didalamnya memiliki bahan dasar daging sapi dengan berbagai macam racikan rempah. Biasanya coto makassar disantap dengan nasi. Selain itu juga coto makassar bisa disantap dengan ketupat.

Mie Titi

Kriuk Mie Keringnya Bikin Nagih, Ini 4 Hal tentang Mie Titi yang Bikin  Ngiler | Grab ID

Selanjutnya ada mie kering khas dari Makassar yang bernama mie titi. Sensasi makan mie titi memang berbeda dengan minyak pada umumnya. Tekstur dari mie titi tersebut garing dan padat serta mempunyai ciri khas menggunakan kuah yang kental. kuah kental tersebut berasal dari bahan dasar tepung kanji, kaldu ayam, telur dan juga berbagai macam bumbu rempah. Sebagai pelengkap nya, mie titi juga ditambah irisan daging ayam, udang, jamur, bumi dan juga irisan jeruk nipis. Maka dari itu, sensasi makan mie titi gurih yang kering akan semakin unik.

Sop Konro

Resep Sop Konro Khas Makassar yang Lezatnya Bikin Nagih

Wisata kuliner Makassar selanjutnya adalah sop konro. Sop konro tersebut memiliki bahan dasar dari kapulaga, kluwek, ketumbar dan juga lengkuas. Maka dari itu tampilan warna dari kuah sup konro tersebut adalah berwarna hitam sebagaimana rawon. Daging serta iga sapi yang bertekstur empuk dengan balutan lemak menjadi satu-satunya alasan kenapa masakan tersebut denah makan konro yang mana artinya adalah iga.

Sebagai pelengkapnya, sop konro tersebut biasanya disajikan dengan ketupat. Namun seiring dengan berjalannya waktu, maka saat ini sop konro telah mempunyai variasi di dalam penyajiannya. Misalnya adalah konro bakar. Iga sapi atau konro akan dibakar dengan menggunakan bumbu-bumbu rempah.

Pallubasa

Pallubasa Makanan Khas Makassar - ARSY Tours & Travel | Tour Operator  Travel Agent Sulawesi Makassar

Pallubasa merupakan makanan khas Makassar yang juga wajib untuk dicoba. Pallubasa tersebut disajikan dengan kuah yang kental yang dihasilkan dari kelapa parut yang disangrai. Oleh karena itu, rasa yang dihasilkan juga sangat gurih. Berbeda dengan sop konro dan coto makassar, yang mana kedua makanan tersebut memakai bahan pelengkap berupa ketupat, namun untuk perlu bahasa sendiri bahan pelengkap nya adalah nasi putih hangat.

Biasanya juga pallubasa ini disajikan ketika masih dalam keadaan panas serta dituang langsung ke dalam mangkuk berukuran kecil. Yang menjadi pelengkap sajian pallu basa adalah telur ayam kampung mentah. Walau demikian, rasanya tidak akan amis karena adanya perpaduan dengan kelapa yang diparut dan disangrai.

Jalangkote

Apa itu Jalangkote? Kuliner Khas Makassar yang Dimakan Pakai Sambal, Cuma  25 Menit Jadi 38 Buah - Tribunnews.com Mobile

Jalangkote yang merupakan makanan ringan khas Makassar yang jika dilihat-lihat teksturnya mirip dengan pastel. Akan tetapi kulit jalangkote lebih tipis. Bahan dasar dari jalangkote tersebut adalah tepung terigu dan juga mentega. Sedangkan isian jalangkote berupa wortel, kentang, telur, tauge, mi maupun bihun.

Perbedaan yang mencolok antara jalangkote dengan pastel adalah dari cara makannya. Kamu bisa mencoba makanan khas Makassar tersebut dengan pelengkapnya berupa sambal cair yang dibuat dari bahan dasar campuran cabai merah, cabai rawit, bawang merah, bawang putih, gula pasir, garam dan juga cuka.

Pisang Epe

Resep Membuat Pisang Epe, Camilan Khas Makassar yang Manis dan Nikmat

Pisang epe merupakan camilan manis khas Makassar yang dibuat dengan dijepit antara dua bilah kayu. Nama pisang epe merupakan nama yang unik dan berasal dari cara pengolahannya. Pisang yang digunakan untuk membuat pisang epe adalah pisang kepok yang dipipihkan dan selanjutnya di panggang di atas bara api. Selanjutnya, pisang tersebut akan disiram dengan saus gula aren beserta dengan parutan kelapa sehingga bisa menambah rasa manis dan gurih ketika dimakan.

Es Pisang Ijo

Resep Es Pisang Ijo (Khas Makassar) oleh Uli's Kitchen - Cookpad

Wisata kuliner Makassar yang wajib dicoba yang terakhir adalah es pisang ijo. Seperti namanya, bahan dasar dari kuliner khas Makassar tersebut adalah pisang yang dibalut dengan adonan tepung dengan warna hijau, sirup merah, bubur sumsum, susu kental manis putih, saus santan dan juga ditambah dengan es serut. Sedangkan pisang yang digunakan untuk membuat es pisang ijo adalah pisang jenis raja.

Nah, 7 wisata kuliner Makassar yang wajib dicoba untukmu. Jika kamu pergi ke Makassar memang menjadi kewajiban untuk merasakan wisata kuliner di daerah tersebut. Maka dari itu, artikel ini bisa kamu jadikan sebagai referensi saat akan singgah atau berkunjung ke Makassar.

Putri
Putri
SEO Content "Wherever life plants you, bloom with grace."
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

ARTIKEL LAINNYA