7 Tips Untuk Make Up Yang Tahan Lama

0
7 Tips Untuk Make Up Yang Tahan Lama

Minyak adalah salah satu penghapus make up yang paling ampuh, tidak terkecuali dengan minyak pada wajah. Produksi minyak di wajah dapat menjadi sangat menyebalkan karena make up yang Anda gunakan jadi tidak tahan lama, dan mengharuskan touch up dan retouch kembali make up Anda. Untuk Anda dengan wajah berminyak, selain menjalani tips untuk menghilangkan wajah berminyak, ada beberapa tips juga agar make up yang Anda pakai lebih tahan lama. Yuk disimak!

Untuk Anda yang ingin make up Anda aman dari touch up seharian, tentunya cara penggunaan make up agar tahan lama perlu diperhatikan, berikut tips agar make up tahan lebih lama:

1. Bersihkan Seluruh Bagian Wajah

Cuci Muka - 7 Tips Untuk Make Up Yang Tahan LamaLangkah ini dilakukan agar kotoran atau minyak yang tersisa pada wajah tidak akan mengganggu kesehatan kulit wajah. Kulit wajah yang sehat tanpa minyak dan kotoran adalah kanvas paling bagus untuk make up yang tahan lama. Gunakan sabun wajah yang memiliki kandungan glycolic acids atau salicylic acid untuk mengurangi produksi minyak pada wajahmu untuk beberapa waktu ke depan.

2. Gunakan Moisturizer

Setelah wajah bersih dari minyak dan kotoran, saatnya untuk menggunakan pelembap atau moisturizer. Untuk apa? Agar lapisan dermis di wajah tidak memproduksi sebum atau minyak karena menganggap bahwa kulit wajah Anda kering dan butuh asupan minyak. Gunakan pelembap berbahan dasar air seperti gel dan lotion yang ringan agar wajah tidak terlalu terlihat berminyak.

3. Base Coat Primer

Produk yang seringkali diabaikan ini justru adalah salah satu kunci dari make up yang tahan lama. Primer biasanya transparan, tapi ada pula yang berwarna. Transparent Primer akan dengan mudah menyatu dengan warna kulit dan mengontrol tone kulit Anda. Primer berwarna dapat menyamarkan kulit pucat ataupun noda merah di wajah Anda. Penggunaan primer juga dapat membantu mengurangi pemakaian foundation berlebih pada wajah.

4. Hindari Concealer pada Mata

Penggunaan concealer pada mata sebagai primer akan menyebabkan kerutan-kerutan dan garis pada mata dan mengurangi ketahanan make up di area mata. Gunakan eye primer yang spesifik untuk menyerap minyak dan mengurangi creasing/kerutan pada mata sepanjang hari dan agar riasan Anda tetap tahan lama.

5. Hindari Penggunaan Bedak Berlebihan

Menggunakan bedak berlebih tidak akan membuat kulit Anda terbebas dari minyak. Justru kebalikannya, penggunaan bedak berlebih akan memberikan sinyal bahwa pori-pori kulit wajah menjadi kurang lembap dan lapisan dermis akan memproduksi lebih banyak minyak. Gunakan bedak dengan formula matte dan transparan pada bagian wajah yang berkilau. Sapukan tipis-tipis namun rata ke seluruh wajah.

6. Masker untuk Sisa Minyak

Untuk make up yang tahan lama, pastinya Anda punya opsi untuk mengurangi produksi minyak pada wajah. Salah satunya dengan menggunakan masker sebelum ataupun sesudah menggunakan make up. Masker dapat menyerap kotoran dan sisa-sisa minyak pada wajah dan membantu meremajakan kulit sehingga mempermudah make up agar tahan lebih lama. Pilih masker yang berbahan clay karena lebih efektif dalam menyerap sisa minyak di wajah.

7. Minum Air Putih Secukupnya

Minum air yang cukup adalah hal wajib untuk jenis kulit apapun; kering, berminyak, maupun normal. Dehidrasi adalah musuh dari semua jenis kulit, dan membuat kulit menjadi kusam, mudah bereaksi terhadap minyak ataupun kotoran.

Nah, untuk Anda yang masih bingung mau beli make up tahan lama ataupun eye primer, segera cari di elevenia.
Karena semua yang Anda cari, Ada!