7 Teknik Dasar Tenis Meja yang Harus Dipelajari Pemula

0

Tenis meja menjadi salah satu jenis olahraga yang banyak diminati. Selain bisa dilakukan di luar ruangan, ternyata permainan ini bisa dilakukan di dalam ruangan. Tenis meja hampir sama dengan badminton yang dimainkan oleh dua orang. Namun, bedanya permainan ini membutuhkan meja khusus. Meskipun jenis permainan olahraga ini terlihat mudah, ternyata tidak seperti yang dilihat. Karena tenis meja termasuk permainan olahraga yang membutuhkan teknik tersendiri. Nah, apakah Anda termasuk salah satu orang yang ingin bermain tenis meja? Jika benar, ada 7 teknik dasar tenis meja  yang harus Anda pelajari agar lebih mudah dalam memainkannya.

Teknik Dasar Tenis Meja Beserta Penjelasannya

1. Teknik Memegang Bet (Grip)


Permainan tenis meja membutuhkan bet atau raket khusus tenis meja. Sebagai pemula akan merasa kesulitan memegang bet, karena memiliki bentuk yang unik. Bahkan, memegangnya dibutuhkan cara tersendiri. Kurang lebih ada 3 tekhnik dalam memegang bet. Pertama teknik shakehand grip, teknik ini paling banyak digunakan karena multiguna. Teknik memegang bet ini sangat mudah, Anda hanya perlu memposisikan tangan di gagang bet layaknya ketika berjabat tangan. Kedua teknik seemiller grip, caranya posisikan telunjuk dibagian sisi bet. Sedangkan jari lainnya menyerupai bentuk jabat tangan. Ketiga teknik penhold grip, caranya posisikan jari Anda seperti memegang pena. Sedangkan kepala bet menghadap ke bawah.

2. Sikap atau Posisi Tubuh (Stance)


Teknik selanjutnya yang harus dikuasai saat bermain tenis meja yaitu posisi tubuh atau sikap. Karena jika sudah menguasai teknik dasar posisi tubuh, bisa lebih mudah untuk penyesuaian diri dengan gaya dan teknik bermain yang diinginkan. Ada dua posisi tubuh dalam tenis meja yaitu side stance dan square stance. Side stance merupakan posisi tubuh harus berada di sisi meja sekaligus menyamping ke kiri atau kanan. Sedangkan square stance merupakan posisi tubuh berada di tengah dan tubuh menghadap ke net.

3. Gerakan Kaki (Footwork)


Tenik serta posisi tubuh dipengaruhi oleh gerakan kaki. Ada beberapa gerakan kaki yang bisa dilakukan dalam permainan tenis meja seperti halnya gerakan attacking dan blocking. Bahkan, kedua gerakan kaki ini juga bisa menghambat tindakan tertentu. Teknik gerakan kaki tersebut bisa dilakukan dengan cara menekuk sedikit bagian lutut. Setelahnya Anda tinggal menumpukkan dan menyeimbangkan berat pada pada kaki.

4. Teknik Servis (Serve)


Teknik dasar tenis meja yang selanjutnya yaitu teknik servis. Servis merupakan gerakan yang dilakukan untuk memulai permainan. Kurang lebih ada tiga jenis servis yaitu forehand fast serve, forehand pendulum serve, dan backhand sidespin serve. Teknik forehand fast serve merupakan teknik yang dilakukan untuk memojokkan lawan main dan memberinya servis kejutan. Cara melakukan servis ini sangatlah mudah yaitu dengan memukul bola tenis sekuat-kuatnya dengan pukulan posisi samping tubuh. Teknik forehand pendulum serve merupakan teknik yang dilakukan dengan cara memukul bola dengan pinggiran kepala bet dan setelahnya membalikkan sisi bet. Sebenarnya cara ini sangatlah mudah untuk dilakukan. Namun, untuk menguasainya secara penuh sangatlah sulit. Sedangkan backhand sidespin serve merupakan teknik yang mudah dilakukan yaitu dengan memukul bola menggunakan pinggiran kepala bet dari bawah dada dan setelahnya harus diputarbalikkan agar permainan akan berpihak padamu.

5. Teknik Serangan (Attacking)


Teknik selanjutnya yaitu teknik serangan atau attacking. Yang mana jika Anda menguasai teknik ini bisa membantu mencetak skor lebih mudah. Para pemain sering menggunakan beberapa teknik serangan. Namun, dari sekian banyak teknik serangan, hanya ada dua yang perlu dipraktekkan yaitu teknik forehand attack dan backhand attack. Teknik forehand attack merupakan teknik yang dilakukan dengan cara memukul bola dari samping atau area luar tubuh dengan sangat kuat. Sedangkan teknik backhand attack merupakan teknik yang dilakukan dengan cara memukul bola dari dalam atau bawah dada dengan kaut.

6. Teknik Pertahanan (Block)


Teknik dasar tenis meja yang selanjutnya yaitu teknik pertahanan. Fungsi dari teknik ini yaitu untuk menangkis serangan yang diberikan lawan. Yang mana ada dua jenis teknik pertahanan yang harus diketahui. Pertama teknik Forehand Block yang dilakukan dengan cara menggerakkan bet ke arah depan net terlebih dahulu. Setelahnya Anda harus bersiaga untuk memukul bola yang datang dari lawan. Sedangkan Teknik Backhand Block yaitu teknik yang dilakukan dengan cara bersiaga untuk memukul bola yang datang. Setelahnya Anda harus menggerakkan bet dari sisi bawah atau kiri tubuh

6. Teknik Pukulan Drive dan Push


Teknik yang terakhir yaitu teknik drive push. Teknik ini dilakukan dengan cara pukulan dari ayunan panjang yang kuat dan cepat. Teknik ini juga bisa memberikan kejutan kepada lawan main. Sedangkan teknik pukulan push yaitu teknik yang dilakukan untuk memantulkan balik bola lawan.

Bagi Anda yang ingin bermain tenis meja, setidaknya harus menguasai 7 teknik dasar permainan tenis meja tersebut. Jika dilatih secara rutin, lama kelamaan akan semakin mudah untuk dilakukan.

BACA JUGA!

5 Renang Gaya Bebas yang Mudah Dipelajari