7 Teknik Dasar Sepak Bola yang Wajib Dipahami Pemula

0
191020 Teknik Menyapu Bola

Sepak bola adalah salah satu olahraga yang paling banyak digemari di dunia. Bahkan sepak bola juga menjadi salah satu olahraga yang paling populer di Indonesia. Hampir setiap negara pasti mempunyai klub sepakbola dan juga liga sepak bola masing-masing. Namun di negara-negara Eropa sendiri sudah menjadi kerajaan bagi sepak bola yang mana hampir semua pemain ingin bermain di sana. Contohnya seperti Juventus, Manchester United, Barcelona dan tim-tim besar lainnya.

Nah, namun untuk informasi tentang sepak bola anda harus mengetahui tujuan teknik dasar sepak bola terutama bagi pemula.

1. Teknik Menggiring Bola (Dribbling)


191020 Dribbling Soccer ACTIVEkids
Source: ACTIVEkids

Teknik dasar sepak bola yang pertama yaitu teknik menggiring bola atau dribbling. Cara untuk melakukan teknik dribbling ini cukup mudah yakni dengan membawa bola dengan kaki serta sekaligus mengontrol laju bola itu sendiri.

  • Speed Dribbling dan Closed Dribbling

Teknik speed dribbling juga dikenal dalam teknik dribbling itu sendiri. Teknik ini dilakukan dengan berlari, membuang bola ke arah depan dan kemudian mengejarnya. Selain itu ada teknik closed dribbling yaitu menggiring sekaligus mengontrol bola secara seksama dan hal ini bisa dilakukan saat Anda sedang dipimpin oleh pemain lawan. Terdapat beberapa teknik menggiring bola lainnya yaitu dengan menggunakan punggung kaki, bagian kaki luar dan bagian kaki dalam.

2. Teknik Menendang Bola (Shooting)


191020 Shooting Soccer ACTIVEkids
Source: ACTIVEkids

Teknik dasar sepak bola yang selanjutnya yaitu teknik menendang bola atau shooting. Guna dari teknik ini yaitu untuk membobol gawang lawan serta melakukan teknik passing. Untuk melakukan teknik menendang bola atau shooting ini bisa dilakukan dengan tiga teknik tendangan. Mulai dari dengan memfokuskan pandangan ke sisi gawang yang jadi target, memposisikan badan dan juga yang menaruh satu kaki kiri atau ke kanan di samping bola yang akan ditendang. Selanjutnya kaki yang dijadikan untuk menendang diayunkan dengan memfokuskan tenaga Anda ke atas telapak kaki dan pandangan harus mengarah pada yang ditargetkan.

3. Teknik Mengoper Bola (Passing)


191020 Passing Soccer Soccer11
Source: Soccer11

Kependekan dengan teknik dribbling, maka teknik mengoper bola atau passing ini jauh lebih berguna. sebab dalam permainan sepak bola Anda tidak bermain sendirian melainkan bersama dengan 10 teman lainnya. Sedangkan teknik dribbling hanya mengandalkan kemampuan individu saja dan teknik mengoper bola atau passing ini tentunya akan mengandalkan kerjasama tim.

Mengoper bola atau pasang ini cukup efektif dalam menembus pertahanan lawan. Teknik yang satu ini bisa Anda lakukan dengan cara through pass passing pendek, serta passing jauh atau disebut juga dengan umpan lambung.

Teknik ini dilakukan dengan cara posisikan badan menghadap bola, fokus pada pemain yang akan kamu oper, kemudian tarik dan ayunkan kaki yang akan menendang bola menuju pemain tersebut, dan sesuaikan power kaki kamu sesuai jarak pemain yang akan dioper.

4. Teknik Menghentikan Bola


622 02198515
Source: Masterlife

Selanjutnya adalah teknik menghentikan bola yang telah dioper kepada Anda. Anda bisa menghentikan bola yang melaju tersebut dengan menggunakan paha, dada ataupun kaki. Sedangkan bagian kaki yang dipakai untuk menghentikan bola yakni kaki bagian dalam, kaki bagian luar, punggung kaki serta telapak kaki.

5. Teknik Menyundul Bola (Heading)


191020 Heading Soccer The Atlantic
Source: The Atlantic

Teknik menyundul bola atau heading lakukan apabila Anda tidak bisa menggapai bola yang tinggi. Selain itu teknik menyundul bola ini juga bisa dilakukan untuk membobol gawang lawan maupun passing.

6. Teknik Merebut Bola (Intercepting)

Teknik merebut bola atau intersecting ini kebakaran saat Anda ingin merebut bola yang ada di kaki lawan. Untuk bisa melakukan teknik merebut bola dengan sempurna perlu Anda ketahui pergerakan dari lawan. Selain itu Anda juga bisa menghentikan laju bukan musuh menggunakan teknik merebut bola ini. Bisa-bisa hal tersebut malah akan membuat Anda mendapat kartu kuning atau bahkan mendapat kartu merah. Oleh sebab itu pintar pintarlah untuk membaca gerakan lawan.

7. Teknik Menyapu Bola


191020 Teknik Menyapu BolaTeknik dasar sepak bola yang wajib dipahami bagi pemula yang terakhir yaitu teknik menyapu bola. Dalam teknik menyapu bola ini merupakan salah satu teknik yang digunakan untuk mempertahankan diri dari serangan lawan kepada Anda. Akan tetapi Anda juga perlu berhati-hati untuk melakukan teknik menyapu bola ini. Hal tersebut dikarenakan teknik yang satu ini cukup beresiko.

Bisa saja Anda mencederai lawan sehingga Anda akan mendapatkan kartu peringatan dari wasit. Maka dari itu untuk melakukan teknik menyapu bola ini Anda memerlukan timing yang tepat supaya bola tersebut berhasil Anda rebut. Sedangkan untuk melakukannya Anda juga harus menyesuaikan kecepatan Anda dengan musuh di lapangan.  Setelah itu jatuhkan badan Anda sembari meluruskan 1 kaki kanan atau kiri untuk menahan laju bola tersebut.

Nah, itu tadi ulasan singkat dari teknik dasar sepak bola yang wajib dipahami bagi pemula. Semoga bisa menginspirasi dan dapat diambil manfaatnya.

BACA JUGA!

Cara Melakukan Passing Bawah Bola Voli yang Benar

Update Terbaru elevenia:

Kenalan sama eMart: