7 Tanaman Obat Tradisional Asam Urat yang Aman Dikonsumsi

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
7-Tanaman-Obat-Tradisional-Asam-Urat-Yang-Aman-Dikonsumsi-825x477[1]
Daftar Topik

Pada zaman sekarang ini berbagai penyakit sangat mudah untuk bersarang di tubuh manusia. Hal ini terjadi karena semakin banyak makanan atau hal lainnya yang mengandung beberapa zat yang berbahaya dan mampu membahagiakan kesehatan. akibatnya berbagai penyakit akan menyerang manusia sesuai dengan usianya. Penyakit aneh sekarang ini tidak hanya menyerang orang tua atau orang dewasa saja, sudah banyak anak kecil yang terserang penyakit yang sebenarnya orang dewasa yang mengalaminya.

Salah satu penyakit yang sekarang ini paling sering menyerang masyarakat adalah asam urat. Sebenarnya apa yang menyebabkan seseorang terserang penyakit asam urat? Bagaimanakah cara yang paling tepat untuk menyembuhkannya? Untuk mengetahuinya pada kesempatan kali ini kami akan membagikan 7 tanaman obat tradisional yang ampuh untuk mengobati penyakit asam urat dan aman sekali untuk dikonsumsi.

Beberapa Obat Tradisional Asam Urat

  1. Sidaguri

Sidaguri adalah tanaman yang biasa disebut juga dengan Sida Rhombifolia L . tumbuhan ini termasuk kedalam tumbuhan liar yang tumbuh subur didaerah yang tropis berketinggian 1.400 meter dari atas permukaan laut. Ciri-ciri tanaman ini adalah tumbuh tegak bercabang dan mengandung senyawa alkaloid, kalsium oksalat, fenol, saponin, tannin, zat philegmatic, asam amino dan juga minyak terbang.

Tanaman ini juga dipercaya mampu mengobati penyakit asam urat, cara menggunakannya adalah dengan mengeringkan daun sidaguri kemudian di rebus. Air rebusan itulah yang selanjutnya disaring dan di konsumsi secara rutin pada pagi dan sore hari. Sudah banyak orang yang menyatakan penyakit asam urat nya sembuh setelah rutin mengonsumsinya.

  1. Daun Salam

Daun salam biasa kita jumpai pada resep masakan, ternyata juga mampu mengobati penyakit asam urat. Di dalam daun salam terkandung minyak asiri, tannin, flavonoid, yang mampu untuk menghilangkan rasa nyeri efek dari penyakit asam urat. Selain asam urat daun salam juga bisa dijadikan sebagai obat penyakit lain dengan cara yang tradisional.

  1. Sambiloto

Pernahkah Anda mendengar daun sambiloto? Yaps, sambiloto adalah tanaman yang berasal dari India. Khasiatnya mampu untuk menghilangkan rasa nyeri, penghilang racun yang bersarang pada tubuh, dan sebagai obat penyakit asam urat. Caranya adalah dengan merebus air dengan daun sambiloto. Kemudian minum air rebusan 5 kali dalam sehari.

  1. Temulawak

Temulawak adalah salah satu rimpang yang paling sering digunakan untuk jamu penambah nafsu makan. Sebenarnya temulawak sendiri memiliki banyak sekali khasiat untuk kesehatan. beberapa khasiat yang paling sering diberikan adalah untuk obat antiradang, antisembelit, dan juga asam urat. Anda bisa mengolah temulawak menjadi beberapa olahan untuk obat asam urat ini.

  1. Kumis Kucing

Tumbuhan ini memang sudah terkenal sebagai obat penyakit asam urat. Ternyata tumbuhan ini sangat mujarab untuk obat penyakit asam urat. Kumis kucing memiliki kandungan anti bakteri dan senyawa orthosiponin yang mampu meringankan penyakit asam urat. Untuk mengonsumsinya Anda bisa merebus daun nya dan meminum air rebusan dua sampai tiga kali sehari.

  1. Daun kemangi

Selain enak digunakan sebagai lalapan, ternyata daun kemangi juga mampu menjadi obat mujarab penyakit asam urat. Daun kemangi mengandung senyawa yang sangat bermanfaat untuk berbagai penyakit khususnya asam urat. Anda bisa menjadikan daun kemangi sebagai makanan lalapan, diambil sarinya, atau direbus dan di ambil air rebusannya. Namun Anda perlu juga untuk mengimbangi pengobatan dengan daun kemangi bersama obat tradisional lainnya agar hasilnya lebih maksimal.

  1. Daun anting-anting

Tanaman anting-anting memiliki nama ilmiah yaitu Acalypha Indica . mungkin sebagian dari Anda belum pernah menjumpai tanaman ini atau ada juga yang sebenarnya tau akan tetapi berbeda nama. Masyarakat Sunda lebih sering menyebut tanaman ini sebagai kokosan. Ternyata dibalik daun nya yang kecil, daun anting-anting mengandung berjuta manfaat yang sangat cocok untuk mengobati penyakit asam urat.

Perlu Anda ketahui bahwa yang dijadikan ramuan bukanlah daun mungilnya akan tetapi akarnya. Cara yang paling tepat untuk mengonsumsinya adalah dengan merebus 5 – 7 potong akar anting-anting kering ataupun segar dengan dua gelas air sampai air yang direbus tersisa satu gelas, konsumsi 2 sampai 3 kali dalam sehari.

Itulah 7 tanaman obat tradisional asam urat yang paling tepat dan aman untuk dikonsumsi. Setelah mengetahui informasi diatas diharapkan Anda bisa membantu orang disekeliling Anda yang terserang asam urat dengan obat yang tradisional dan mudah di cari. Semoga bermanfaat! (elevenia)

Putri
Putri
SEO Content "Wherever life plants you, bloom with grace."
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

ARTIKEL LAINNYA

PEMESANAN:

Beras Organik RICE ME UP