7 Souvenir Khas Lombok yang Cocok Dijadikan Oleh-oleh

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Souvenir-Khas-Lombok[1]
Daftar Topik

Apakah kamu pernah menghabiskan waktu senggangmu di Lombok sambil menikmati sunset di Pantai? Lombok terkenal dengan keindahan alami alamnya yang menarik wisatawan untuk datang. Lombok kini menjadi tempat wisata yang dikunjungi wisatawan lokal maupun asing selain Pulau Bali. Tidak heran banyak warga yang memanfaatkan untuk menjual souvenir.

Tidak lengkap rasanya jika pulang tidak membawa buah tangan dari Lombok. Bukan hanya tuak dan madu sumbawa, namun lombok memiliki oleh-oleh lain yang tak kalah menarik. Misalnya souvenir khas Lombok berupa kalung mutiara. Betapa indahnya dengan hiasan mutiara yang menawan hati. Dan masih ada banyak lagi seperti dibawah ini.

Dodol Rumput Laut


Di Lombok terdapat dodol yang berbeda dari yang lain yaitu dodol rumput laut. Karena memang berada di daerah dengan dikelilingi laut dan kaya akan rumput laut. Sehingga masyarakat memanfaatkan rumput laut yang diolah menjadi dodol sebagai makanan khas dan oleh-oleh dari lombok.

Rumput mengandung serat yang tinggi yang baik untuk melancarkan proses pencernaan kamu. Sehingga camilan khas ini bisa dinikmati selama perjalanan maupun cemilan disaat bersantai. Dodol rumput laut ini memiliki rasa yang enak dan dikemas dengan praktis dan rapi dengan harga yang terjangkau pula.

Kain Songket Sasak Khas Lombok


Siapa yang tidak mengenal kain songket dari Lombok yang indah ini? kain songket digunakan sebagai pakaian tradisional suku sasak yang bernama baju lambung atau pakaian wanita. Jadi di dalam adat suku sasak, kain songket digunakan sebagai pakaian untuk wanita. Khas dari kain songket Lombok adalah motif hitam polos dengan variasi bawahan yang beragam.

Songket memang untuk wanita tapi laki-laki pun diperkenankan untuk memakainya, biasanya dijadikan bawahan yang diatur sedemikian rupa. Untuk oleh-oleh khas ini kamu harus merogoh kocek dalam untuk mendapatkannya. Namun, hal ini sebanding dengan proses pembuatan dan kualitas kain yang kamu dapatkan.

Permen Susu Kuda Liar dan Kerbau Liar


Permen ini menjadi salah satu pengolahan susu kuda dan kerbau liar. Permen ini dikemas dengan sangat praktis yang sangat cocok dijadikan oleh-oleh khas dari Lombok. Penasaran kan dengan rasa permen susu kuda liar dan kerbau liar? Ke Lombok yuk, perlu diingat bahwa permen ini terletak di Pulau Sumbawa ya.

Mutiara Lombok


Lombok juga terkenal karena menghasilkan mutiara yang cantik. Mutiara yang berasal dari Lombok memiliki nilai yang sangat tinggi. Mutiara yang diambil langsung dari dasar laut ini diolah menjadi berbagai perhiasan yang elegan dan mewah yang cocok dijadikan oleh-oleh untuk orang-orang yang disayangi.

Kamu dapat dengan mudah menemukan mutiara lombok di sentral penjualan dan pengrajin Kampung Sekarbela, Kelurahan Karang Pule, Kecamatan Ampenan, Kota Mataram. Terdapat dua jenis mutiara yang bisa kamu pilih sebagai bahan souvenir yaitu mutiara laut atau mutiara air tawar.

Susu Kuda Liar Sumbawa


Oleh-oleh khas Lombok ini sudah tidak asing lagi bagi wisatawan yang berkunjung. Susu yang berasal dari kuda liar di Sumbawa bebas dari bahan kimia apapun. Uniknya, susu ini tidak mengalami kerusakan ataupun penggumpalan. Bahkan susu kuda liar sumbawa tahan selama satu tahun meskipun tanpa diberi pengawet apapun.

Susu kuda liar juga bebas dari mikroba dan bukan berasal dari hasil rekayasa genetika sehingga benar-benar bisa dipercaya keasliannya. Susu ini juga sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh manusia yaitu ampuh untuk meningkatkan stamina dan daya tahan tubuh dari bahan yang masih sangat alami.

Kerajinan Tanah Liat


Kerajinan yang berasal dari tanah liat ini disebut tembikar. Tembikar merupakan salah satu oleh-oleh khas Lombok berasal dari proses pengolahan tanah liat yang mudah dijumpai di daerah Banyumulek, Lombok Barat. Ada pula jenis kerajinan tanah liat lain khas Lombok yaitu anglo, kuali, dan cerek maling yang bisa dijadikan oleh-oleh awet khas Lombok.

Anyaman Ketak


Anyaman ketak adalah salah satu kerajinan khas Lombok yang dibuat dari anyaman tanaman liar, tanaman itu disebut Ketak. Kerajinan yang dihasilkan oleh masyarakat Desa Beleka NTB bisa dijadikan berbagai jenis bentuk, misalnya tas, tempat perhiasan, tatakan gelas, dan aneka pajangan rumah menarik.

Itulah 7 oleh-oleh khas Lombok yang bisa dibawa pulang bagi kamu yang sedang berlibur di Lombok. Ada beragam jenis souvenir khas lombok yang menarik dan awet untuk dijadikan buah tangan untuk keluarga atau teman di daerahmu. Jadi, jangan bingung lagi untuk membawa pulang apa dari Lombok.

Putri
Putri
SEO Content "Wherever life plants you, bloom with grace."
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

ARTIKEL LAINNYA

PEMESANAN:

Beras Organik RICE ME UP