7 Software Agar Work From Home Jadi Lebih Produktif

0
11920 Wfh Success Comp
Source: Success Comp

Software Agar Work From Home Jadi Lebih Produktif – Rabu, 9 September 2020, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengumumkan bahwa Provinsi DKI Jakarta kembali menggelar PSBB seperti saat pertama kali diterapkan. “Tidak banyak pilihan bagi Jakarta kecuali menarik rem darurat sesegera mungkin” ungkap Anies di Balai Kota Jakarta, Rabu kemarin. Lebih lanjut, per tanggal 14 September 2020, seluruh tenaga kerja di Jakarta kembali bekerja dari rumah atau WFH untuk menurunkan penyebaran virus corona di Jakarta.

Hal ini menyebabkan perusahaan harus kembali beradaptasi dengan aturan WFH, dan sama seperti sebelumnya, masih ada banyak pegawai kantoran yang mengeluhkan bahwa mereka mengalami kesulitan dalam melakukan kolaborasi dengan rekan kerja secara online. Inilah sebabnya, para pegawai kantoran memerlukan software yang bisa menjaga produktivitas saat bekerja dari rumah.

Ada banyak software yang bisa membantu karyawan agar tetap produktif saat bekerja dari rumah. Sejumlah perusahaan startup di Indonesia bahkan berinovasi dengan meluncurkan software yang memudahkan karyawan saat WFH, seperti software akuntansi, pembelian, pertemuan online, manajemen proyek, CRM, pengelolaan penjualan, sampai dengan software manufaktur. Berikut ini tujuh macam software yang bisa membantu karyawan agar tetap produktif saat WFH.

Jurnal.id


11920 JurnalJika Anda sudah berkecimpung cukup lama sebagai akuntan, nama software Jurnal.id pastinya tak terdengar asing di telinga. Jurnal adalah salah satu software akuntansi yang cukup terkenal di kalangan pebisnis di Indonesia. Banyak perusahaan kelas menengah, UMKM, hingga korporasi yang berlangganan Jurnal.id hingga saat ini. Aplikasi cloud accounting ini memiliki berbagai fitur unggulan seperti laporan keuangan, pembuatan faktur secara otomatis, rekonsiliasi bank, hingga manajemen aset perusahaan. Hal yang membuat Jurnal.id dilirik banyak UMKM adalah harganya yang cukup terjangkau.

Paper.id


11920 Paper IdPaper.id adalah salah satu aplikasi pengelolaan invoice dengan harga berlangganan yang sangat terjangkau. Pada intinya, Paper.id mengotomatiskan proses penagihan pembayaran pada pelanggan bisnis. Umumnya, banyak pemilik bisnis yang lupa di mana ia terakhir menyimpan daftar tagihan, lupa mana saja tagihan yang sudah lunas dan yang belum, atau mana saja klien yang belum melunasi pembayaran. Paper.id membantu pemilik bisnis untuk mengotomatiskan semua pekerjaan tersebut sehingga tidak ada lagi kejadian klien telat bayar atau Anda lupa menagih pembayaran. Paper.id cocok untuk berbagai tipe industri, seperti jasa, ritel, dan F&B.

ClickWork.co


11920 ClickWork CoClickWork.co adalah salah satu perusahaan startup yang bergerak di bidang teknologi software. Startup ini berdiri di tanggal 27 April 2020 mengusung “Smart Business Software” sebagai slogan. Kelebihan yang dimiliki ClickWork adalah software ini cocok untuk perusahaan yang memerlukan satu solusi untuk berbagai kebutuhan bisnis. ClickWork memiliki fitur sistem akuntansi untuk mengelola keuangan perusahaan, manajemen proyek, kolaborasi antar karyawan yang terhubung dengan WhatsApp, manajemen faktur, pengelolaan penjualan, CRM, timesheet management, dan masih banyak lagi.

ClickWork.co merupakan solusi yang tepat untuk berbagai tipe industri karena kemampuannya mengotomatiskan berbagai aspek bisnis dari hulu hingga hilir. Istimewanya lagi, ClickWork.co hadir dengan harga berlangganan yang sangat terjangkau sehingga cocok untuk usaha kecil dan menengah (UKM). Cara penggunaan ClickWork.co pun terbilang mudah berkat bantuan dasbor yang intuitif dan bisa digunakan dari perangkat apa saja, seperti laptop dan ponsel sekali pun.

EQUIP Lite


11920 EquiperpEQUIP Lite adalah varian produk SaaS ERP dari PT. HashMicro Solusi Indonesia. Persis dengan kompetitornya, ClickWork.co, EQUIP Lite menawarkan fitur yang sangat lengkap dan harga berlangganan yang terjangkau. Namun, perlu ditekankan bahwa EQUIP Lite lebih cocok untuk perusahaan yang memiliki aktivitas yang jauh lebih kompleks.

EQUIP Lite memiliki kelengkapan fitur yang sama dengan software ERP lainnya. Namun, jika software ERP lain bisa dikustomisasi, tidak demikian halnya dengan EQUIP Lite. Software ini hanya memerlukan waktu implementasi maksimal satu minggu sehingga cocok jika perusahaan Anda membutuhkan software ERP yang siap pakai. Kelebihan EQUIP Lite terletak pada harganya yang jauh lebih terjangkau dibandingkan software ERP lainnya. Beberapa fitur yang dimiliki EQUIP Lite antara lain software akuntansi, HRIS, CRM, manajemen penjualan, manajemen proyek, pengelolaan gudang, procurement, hingga manajemen pabrik.

Zoom


11920 ZoomSocial distancing selama pandemi tak berarti perusahaan tak bisa mengadakan rapat dengan anggota tim atau klien. Aplikasi Zoom adalah solusi terbaik bagi perusahaan untuk mengadakan pertemuan secara virtual, namun tetap produktif. Beberapa keunggulan Zoom adalah fitur share screen untuk presentasi, ruang meeting yang bisa dihadiri hingga 100 orang, video call, dan mengadakan seminar secara online. Lebih mantapnya lagi, Zoom bisa digunakan secara gratis untuk pertemuan dengan peserta yang terbatas.

WhatsApp


Komunikasi adalah hal penting yang harus tetap dibangun selama periode WFH. Untuk menjaga agar komunikasi tetap berjalan dengan lancar, banyak perusahaan menggunakan aplikasi WhatsApp. Platform komunikasi ini sangatlah mudah digunakan oleh siapa saja, selain itu, WhatsApp juga tak memerlukan biaya sama sekali untuk penggunaannya, alias gratis! Fitur-fitur yang dimiliki WhatsApp di antaranya adalah membuat grup untuk diskusi seputar pekerjaan, melakukan panggilan video, hingga mengirim berbagai dokumen dengan mudah dan cepat. Di antara aplikasi chatting lainnya, WhatsApp adalah platform yang paling banyak penggunanya di Google Playstore.

Trello


11920 TrelloBerkolaborasi antar divisi selama bekerja dari rumah bukanlah suatu hal yang mudah dilakukan. Setiap karyawan harus memahami beban kerja divisi lain di perusahaan tempat ia bekerja agar setiap proyek yang dijalankan bisa selesai pada waktunya. Namun, menjaga kolaborasi antar karyawan secara manual sangatlah sulit dilakukan. Inilah yang membuat banyak perusahaan mengandalkan Trello untuk mengatur pembagian tugas dan meningkatkan koordinasi antar divisi. Dengan Trello, manajer bisa memantau kemajuan pengerjaan proyek dan memberikan solusi saat timnya menemui masalah.

Kesimpulan

WFH bukan lah alasan untuk karyawan tidak bekerja dengan produktif di rumah. Dengan berbagai software dan aplikasi, koordinasi antar karyawan, komunikasi, dan pengelolaan proyek pun akan menjadi lebih mudah dilakukan. Tujuh aplikasi di atas adalah solusi terbaik yang bisa dimanfaatkan setiap perusahaan saat memasuki PSBB kedua 14 September 2020 minggu depan. Lalu, aplikasi manakah yang sudah digunakan sejauh ini?

BACA JUGA!

7 Aplikasi Cleaner PC Terbaik yang Patut Dimiliki