7 Seni Tradisional Khas Jawa Timur yang Terkenal

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
31820 Tari Seblang Regional Kompas
Daftar Topik

Budaya Indonesia memang beragam di setiap daerahnya, bahkan dalam satu wilayah provinsi saja ada banyak macam kesenian. Salah satu provinsi dengan beragam kesenian budaya adalah Jawa Timur. Di setiap wilayah kabupaten memang memiliki seni tradisional khas Jawa Timur. Jenisnya juga beragam, ada yang bersifat religius juga ada yang sifatnya hanya sebagai hiburan semata. Lalu apa saja kesenian tradisional dari Jawa Timur yang perlu Anda tahu?

Kesenian Terkenal Khas dari Jawa Timur

1. Ludruk


31820 Ludruk Galamedia

Source: Galamedia

Jika pada seni modern ada drama, film, dan sinetron maka untuk seni tradisional khas Jawa Timur ada ludruk. Seni drama tradisional dari Jawa Timur ini diperagakan oleh kelompok seni dengan mengangkat cerita dari kehidupan sehari-hari. Selain itu ada juga yang mengangkat cerita tentang perjuangan. Tentunya drama yang ditampilkan terdapat unsur lawakan dan ada iringan musik dari gamelan.

Kesenian yang satu ini memang menjadi salah satu hiburan favorit rakyat Jawa Timur. Bahasa yang digunakan pada drama kesenian ini bukanlah bahasa intelektual, melainkan bahasa khas Surabaya dan Malang. Mengapa menggunakan bahasa demikian? Karena memang supaya pesan sosial yang ditampilkan dalam drama bisa tersampaikan kepada masyarakat.

2. Reog Ponorogo


31820 Reog Ponorogo INDOZONE

Source: INDOZONE

Kesenian reog ini memang sudah terkenal di Indonesia, sesuai dengan namanya berasal dari Ponorogo, Jawa Timur. Apabila Anda berkunjung ke Ponorogo, maka di gerbang masuk kota akan menjumpai singa barong, gemblak, dan warok. Itu adalah sosok yang sering ditampilkan pada seni pertunjukan reog. Kesan mistis memang selalu melekat pada seni pertunjukan khas Jawa Timur yang satu ini.

Mengingat di Indonesia juga masih lekat dengan hal yang berbau mistis, jadi pertunjukan kesenian semacam ini sudah biasa. Hal yang identik dengan reog adalah topeng besar berbentuk kepala singa dengan adanya bulu merak di sekitarnya. Bulu merak pada topeng singa ini membentuk kipas raksasa pada topeng.

3. Karapan Sapi


31820 Karapan Sapi Egindo

Source: Egindo.co

Tradisi yang satu ini berasal dari Pulau Madura, dan memang sudah terkenal dan masih berlangsung hingga sekarang. Pada tradisi ini akan ada kereta yang ditarik oleh dua ekor sapi dan dilombakan. Ketika pertandingan sedang berlangsung juga akan diiringi dengan saronen yang merupakan gamelan khas Madura. Kereta yang digunakan pada tradisiĀ  karapan sapi biasanya terbuat dari kayu, dan nantinya akan digunakan joki untuk tempat berdiri dan mengendalikan sapi.

4. Tari Gandrung


31820 Tari Gandrung CNN Indonesia

Source: CNN Indonesia

Seni tradisional khas Jawa Timur memang tidak akan lengkap jika tidak ada tarian daerah. Salah satunya adalah tarian khas dari Banyuwangi yaitu tari gandrung yang dilakukan sebagai wujud rasa syukur dari hasil panen. Selain itu, Kota Gandrung juga merupakan julukan Banyuwangi yang artinya penuh pesona.

Dalam melakukan tarian ini ada satu pasangan yaitu pria dan wanita, wanitanya merupakan penari gandrung sedangkan prianya adalah paju. Pada tariannya juga ada pembagian babak pertunjukan yang berurutan yang memiliki makna tersendiri dan bersifat mistis hingga dramatis.

Musik yang mengiringi tarian ini memang khas dari Banyuwangi, karena menggunakan gamelan osing. Biasanya tarian akan ditampilkan pada acara seperti khitanan, pethik laut, pernikahan, hingga hari kemerdekaan.

5. Tari Seblang


31820 Tari Seblang Regional Kompas

Source: Regional Kompas

Masih dari Banyuwangi, tari seblang hanya bisa ditemukan di dua desa dalam di Kecamatan Glagah. Kedua wilayah desa tersebut adalah Desa Olehsari dan Desa Bakungan. Tarian ini menggambarkan kesakralan dan termasuk ke dalam ritual pertemuan dua dunia. Biasanya akan diadakan ketika acara bersih desa guna meminta keselamatan dan tolak bala.

Tari seblang adalah tradisi turun temurun yang sudah sangat tua, bahkan sulit untuk melacak asal usul tradisi ini. Tapi, yang pasti adalah tarian ini sudah diadakan di Desa Bakungan sejak tahun 1639.

6. Wayang Timplong


31820 Wayang Timplong GPS Wisata Indonesia

Source: GPS Wisata Indonesia

Wayang biasanya terbuat dari kulit, kecuali untuk wayang golek khas sunda. Tetapi, wayang timplong berbeda kare terbuat dari kayu namun bentuknya sama dengan wayang kulit jawa. Asal kesenian wayang timplong ini adalah dari Dusun Kedung bajul, Desa Jetis, Kecamatan Pace, Nganjuk, Jawa Timur dan pertama kali ada pada tahun 1910.

7. Jaran Bodhag


31820 Jaran Bodhag Trenz Indonesia

Source: Trenz Indonesia

Jika Anda tahu jaran kecak maka tidak akan sulit memahami kesenian jaran bodhag ini. Kesenian ini memiliki kemiripan dengan jaran kecak, hanya saja kuda yang digunakan palsu dan terbuat dari kayu dan rotan yang dibentuk seperti kuda asli.

Biasanya dalam pertunjukan jaran bodhag akan diiringi dengan instrumen berupa gamelan. Pertunjukan ini biasanya akan ada di acara khitanan, pernikahan, dan berbagai acara lainnya.

Seni tradisional khas Jawa Timur memang ada beragam, dan sebagai generasi muda memang haruslah tahu. Selain itu perlu dilestarikan, karena itu merupakan tradisi yang turun temurun. Apabila tidak dilestarikan, maka ciri khas dari Indonesia bisa saja hilang atau bahkan diakui oleh negara lain. Jadi, jangan hanya mengikuti budaya modern tetapi juga perlu mempelajari budaya tradisional.

BACA JUGA!

Tarian Tradisional Riau Yang Paling Terkenal

Putri
Putri
SEO Content "Wherever life plants you, bloom with grace."

BAGIKAN:

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp

ARTIKEL LAINNYA

Belajar Office

Mau Belajar Microsoft Office? Jelajahi tutorial office terlengkap disini: Topik populer: Pivot table Margin Rumus