7 Sekolah Kedinasan yang Terfavorit di Indonesia

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Daftar Topik

Sekolah kedinasan merupakan sekolah yang diselenggarakan oleh negara dengan tujuan mencetak sumber daya manusia yang dibutuhkan guna mengisi kekosongan posisi khusus di tiap departemen di negara Indonesia.

Kamu harus tahu bahwa sekolah-sekolah kedinasan ini memberikan fasilitas pendidikan beasiswa penuh, bahkan siswa yang berhasil lulus tes di sekolah atau pun perguruan tinggi ikatan dinas mendapatkan uang saku untuk biaya hidup dan keperluan lainnya.

Hal inilah yang membuat sekolah ikatan dinas atau sekolah tinggi kedinasan selalu menjadi pilihan dari siswa – siswi SMA/SMK kelas XII. Terlebih setelah lulus dari sekolah kedinasan, maka secara otomatis akan mendapat pekerjaan dari negara. Hal ini membuat para lulusan tidak lagi bingung dalam mencari pekerjaan. Adapun beberapa sekolah kedinasan yang ada di Indonesia, di antaranya:

Sekolah Kedinasan yang Terfavorit di Indonesia

PKN STAN (Sekolah Tinggi Akuntansi Negara)

PKN STAN merupakan pendidikan tinggi kedinasan di bawah naungan langsung Badan Pendidikan dan Pelatihan Keuangan, Kementerian Keuangan Republik Indonesia, yang menyelenggarakan pendidikan Program Studi Diploma bidang keuangan negara.

Semua siswa yang berhasil lolos ke PKN STAN tidak akan dipungut biaya pendidikan dan tidak diasramakan. Selama pendidikan PKN STAN menggunakan sistem ikatan dinas sebagaimana yang telah ditentukan dalam Undang-Undang.

STIS (Sekolah Tinggi Ilmu Statistik)

STIS adalah perguruan tinggi kedinasan program Dipolam IV, yang dikelola langsung oleh Badan Pusat Statistik (BPS) sejak tahun 1985. Perguruan tinggi ini memberi kesempatan untuk para lulusan sekolah menengah umum jurusan IPA untuk dididik menjadi seorang ahli statistik. STIS sendiri merupakan lembaga pendidikan tinggi kedinasan yang bertujuan untuk mengembangkan dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan, utamanya di bidang statistika dan komputasi statistik dengan cara mendidik kader yang punya kemampuan akademik/profesional. Ada dua jurusan yang ditawarkan di STIS. Pertama, Jurusan Statistika (Ekonomi dan Sosial-Kependudukan) dan yang kedua adalah Jurusan Komputasi Statistik.

STSN (Sekolah Tinggi Sandi Negara)

STSN merupakan sebuah perguruan tinggi kedinasan di Indonesia yang diselenggarakan oleh badan Siber dan Sandi Negara Republik Indonesia. Sekolah tinggi ini merupakan satu-satunya pendidikan tinggi persandian di Indonesia. Sekolah kedinasan ini didirikan guna meningkatkan kualitas SDM lebih baik lagi dan memenuhi kebutuhan aparatur dalam bidang siber dan sandi sehingga mampu menjawab tantangan perkembangan teknologi informasi dan ancaman terhadap pengamanan informasi rahasia negara.

STSN melaksanakan pendidikan pendidikan profesional dalam bidang persandingan dengan jenjang Diploma IV. Calon Mahasiswa yang berasal dari lulusan SLTA/MA jurusan IPA atau Peserta Tugas Belajar. Seleksi yang harus ditempuh calon mahasiswa pun terbilang cukup sulit karena menggunakan seleksi berupa tes bertahap dengan sistem gugur di tiap tahapnya. STSN pun mewajibkan para mahasiswanya tinggal di asrama selama menempuh pendidikan dan wajib mengikuti semua peraturan kehidupan mahasiwa serta peraturan urusan dinas dalam.

STIN (Sekolah Tinggi Intelejen Negara)

STIN merupakan sekolah tinggi kedinasan nasional. Sekolah tinggi yang satu ini berada di bawah naungan Badan Intelejen Negara. Untuk kalian yang hobi menonton film aksi yang berhubungan dengan intel, maka STIN ini merupakan tempatnya. Namun yang pasti biasanya identitas tidak akan diketahui publik. Lulusan STIN akan langsung direkrut untuk bekerja usai lulus penddikan.

STMKG (Sekolah Tinggi Meteorologi Klimatologi dan Geofisika)

STMKG merupakan sekolah tinggi kedinasan yang dikelola dan dibawah naungan Badan Meteorogi Klimatologi dan Geofisika (BMKG). Sekolah kedinasan yang satu ini akan cocok sekali bagi kamu yang suka dunia geografi dan fisika serta hal-hal yang berkaitan dengan planet, bumi dan alam semesta. Kemudian, bila kamu ingin bekerja dan berkecimpung di dalamnya, maka tak salah lagi inilah sekolah kedinasan dengan beasiswa penuh yang kamu impikan.

STTD (Sekolah Tinggi Transportasi Darat)

STTD merupakan sekolah kedinasan yang berada dalam naungan Kementerian Perhubungan. Sekolah kedinasan ini juga termasuk ke dalam salah satu sekolah tinggi yang dibawah naungan Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Perhubungan, STTD memiliki tugas menyelenggarakan program pendidikan profesional di bidang transportasi darat.

Sekolah kedinasan yang satu ini menyelenggarakan 1 Program Diploma II, 3 Program Diploma III dan 1 Program Diploma 4, untuk lebih jelasnya sebagai berikut:

  • Program Diploma IV Transportasi Darat
  • Program Diploma III Lalu Lintas dan Angkutan Jalan
  • Program Diploma III Perkeretaapian
  • Program Diploma III LLASDP (Lalu Lintas Angkutan Sungai, Danau dan Penyeberangan)
  • Program Diploma II PKB (Penguji Kendaraan Bermotor)

STPI (Sekolah Tinggi Penerbangan Indonesia)

STPI Curug adalah salah satu perguruan tinggi kedinasan yang ada di bawah naungan Kementerian Perubungan Indonesia. STPI Curug berlokasi di Kecamatan Curug, kota Tangerang, Provinsi Banten.

STPI Curug memiliki fungsi untuk mendidik muda mudi terbaik bangsa Indonesia untuk menjadi sumber daya manusia yang memiliki kemampuan profesional di bidang pernerbangan. Kemampuan tersebut pun dapat diakui secara nasional maupun internasional. Sekolah tinggi kedinasan ini merupakan sekolah tinggi yang cocok untuk kamu yang bercita-cita menjadi pilot.

Itulah beberapa sekolah kedinasan terfavorit di Indonesia. Semoga bermanfaat. (elevenia)

Putri
Putri
SEO Content "Wherever life plants you, bloom with grace."
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

ARTIKEL LAINNYA