7 Perusahaan Terbesar di Indonesia dengan Laba yang Luar Biasa

0

Indonesia memiliki banyak perusahaan besar yang bergerak dalam berbagai bidang, mulai dari perbankan, telekomunikasi, pertambangan, transportasi, pertanian, dan lain sebagainya. Perusahaan-perusahaan tersebut bukan hanya milik negara saja, namun ada juga perusahaan yang merupakan milik swasta. Terdapat beberapa perusahaan terbesar di Indonesia yang memiliki laba luar biasa.

Melalui laba yang fantastis ini menandakan jika perusahaan tersebut memiliki kinerja yang baik sehingga mampu meningkatkan loyalitas pelanggan maupun partnernya. Untuk meningkatkan pelayanannya, beberapa perusahaan terbesar tersebut membuka anak cabang di berbagai wilayah Indonesia.

7 Perusahaan Terbesar di Indonesia dengan Laba yang Luar Biasa

Terdapat setidaknya 7 perusahaan terbesar di Indonesia yang telah membuktikan kredibilitas dan kinerjanya selama bertahun-tahun sehingga mampu mendapatkan keuntungan yang sangat fantastis. Perusahaan-perusahaan tersebut diantaranya adalah :

1. Pertamina


Salah satu Badan Usaha Milik Negara atau BUMN yang memiliki keuntungan luar biasa adalah Pertamina. Pertamina selalu mengalami peningkatan pada grafik penjualan serta laba bersih yang didapatkan setiap tahunnya. Dengan penjualan yang mencapai ratusan triliun per tahun menandakan jika laba yang didapatkan tidaklah main-main.

Perusahaan terbesar di Indonesia yang didirikan pada tanggal 10 Desember 1957 ini, mencatat angka penjualan sebesar 826,30 triliun rupiah sepanjang tahun 2018 dengan laba sekitar 35,99 triliun rupiah. Pertamina merupakan perusahaan yang terus maju dan berkembang dengan menyediakan 10.000 MW listrik di Indonesia guna mendukung program pemerintah.

2. Bank Rakyat Indonesia (BRI)


Bank Rakyat Indonesia merupakan perusahaan terbesar milik negara yang bergerak di bidang jasa keuangan. Perusahaan ini memiliki anak cabang terbanyak di seluruh wilayah Indonesia. Tercatat nilai pendapatan sebesar 808,9 triliun rupiah yang didapatkan Bank Rakyat Indonesia melalui penyaluran kredit kepada para nasabahnya.

Perusahaan terbesar di Indonesia yang telah menjadi perusahaan terbuka ini memiliki laba mencapai 32,4 triliun rupiah pada tahun 2018. Menurut versi Forbes, Bank Rakyat Indonesia membawa prestasinya hingga ke kancah internasional dengan menjadi salah satu perusahaan terbesar di dunia.

3. Bank Central Asia (BCA)


Salah satu bank swasta yang memiliki prestasi luar biasa di Indonesia adalah Bank Central Asia atau BCA. BCA mampu menghadirkan berbagai produk yang inovatif sehingga mampu meningkatkan loyalitas nasabah selama bertahun-tahun. Menurut versi Forbes, BCA juga menjadi salah satu perusahaan terbesar di dunia seperti halnya BRI.

Melalui penyaluran kredit, BCA mampu mendapatkan penghasilan mencapai 678,8 triliun rupiah sepanjang tahun 2018 dengan laba sebesar 25,9 triliun rupiah. Bank yang merupakan salah satu perusahaan terbesar di Indonesia ini didirikan pada tanggall 21 Februari 1957.

4. Bank Negara Indonesia (BNI)


Bank Nasional Indonesia atau BNI adalah perusahaan terbuka milik negara yang bergerak di bidang jasa keuangan. Perusahaan ini sama halnya dengan Bank Rakyat Indonesia atau BRI. Sepanjang tahun 2018, Bank Nasional Indonesia atau BNI berhasil membukukan penyaluran kredit sebesar 512,51 triliun dengan keuntungan sekitar 15 triliun.

Bank Nasional Indonesia berdiri pada tanggal 5 Juli 1946 dan dikenal sebagai bank komersil paling tua di negara kita. BNI memiliki 5 kantor cabang  yang terletak di luar negeri dan 914 kantor cabang yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia.

Beberapa perusahaan besar seperti PT Sarana Bersama Pembiayaan Indonesia, PT BNI Multi Finance, BNI Remittance Limited, PT Bina Usaha Indonesia, PT Asuransi Tri Pakarta, dan PT Pembiayaan Artha Negara merupakan anak perusahaan PT. BNI Tbk.

5. Astra Internasional


Mungkin sebagian besar dari kita memandang jika Astra International merupakan perusahaan yang berkecimpung di dunia otomotif. Tetapi, ternyata perusahaan ini memiliki ruang lingkup kegiatan yang beragam mulai dari jasa pertambangan, perdagangan umum, perindustrian, pembangunan, pengangkutan, jasa konsultasi, hingga pertanian.

Perusahaan terbesar di Indonesia yang satu ini mampu meraih keuntungan sebesar 21,677 triliun rupiah dengan total penjualan sebesar 239,21 triliun rupiah. Sungguh angka yang fantastis bukan?

6. Bank Tabungan Negara (BTN)


Selain Bank Nasional Indonesia (BNI) dan Bank Rakyat Indonesia (BRI), Bank tabungan Negara juga merupakan salah satu perusahaan terbesar di Indonesia yang bergerak di jasa keuangan. BTN memberikan fasilitas berupa Kredit Rumah Rakyat (KPR) kepada para nasabahnya karena telah terdaftar sebagai PT yang berhasil dalam bisnis perumahan.

Laba bersih yang berhasil diraih oleh BTN sekitar 3,2 triliun sepanjang tahun 2018 dengan penyaluran kredit mencapai 220,077 triliun rupiah. Sebagai salah satu perusahaan terbesar di Indonesia, bank Tabungan Negara selalu berupaya untuk meningkatkan pelayanannya kepada para nasabah.

7. Bank Danamon


Banyak perubahan yang telah dialami oleh Bank Danamon sejak awal didirikan sekitar tahun 1956. Tercatat lebih dari 1700 cabang Bank Danamon yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia hingga akhir tahun 2017. Cabang-cabang tersebut terdiri dari berbagai unit yang meliputi unit Danamon Simpan Pinjam, unit usaha syariah, serta kantor cabang konvensional.

Melalui penyaluran kredit, Bank Danamon mampu membukukan penghasilan sebesar Rp. 178,2 triliun rupiah. Sedangkan laba yang didapatkan pada tahun 2018 mengalami kenaikan sebesar 7 persen dari tahun sebelumnya yaitu sebesar 3,9 triliun rupiah.

Dari data di atas, kita dapat mengetahui jika perusahaan terbesar di Indonesia didominasi oleh BUMN.  Hal ini menandakan jika roda perekonomian Indonesia tidak terlepas dari peran BUMN secara signifikan. Namun, peran BUMS dalam meningkatkan perekonomian Indonesia juga tidak bisa dianggap remeh. Tidak sedikit BUMS yang mampu membuka lapangan pekerjaan bagi warga negara.

BACA JUGA!

Cara Buka Rekening BCA Online Tanpa Harus ke Bank