7 Penyebab dan Cara Mengatasi Laptop Mati Sendiri

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
7-Penyebab-dan-Cara-Mengatasi-Laptop-Mati-Sendiri[1]
Daftar Topik

Laptop yang sering tiba-tiba mati sendiri tentu akan membuat Anda pusing dan jengkel. Terlebih jika Anda sedang asik-asiknya mengerjakan sesuatu dna tiba-tiba laptop mati sendiri. Tak hanya materi yang telah kita buat hilang, namun juga konsentrasi yang kita kumpulkan bakal poranda begitu saja.

Oleh sebab itu, jika Anda memiliki laptop rawan mati, atau laptop mudah panas, sebaiknya Anda segera membawanya ke reparasi laptop atau melakukan berbagai siasat agar pekerjaan Anda tidak berantakan. Apalagi, jika Anda tidak memiliki autosave yang akan menjaga file Anda yang belum tersimpan. Jadi, pahami sendiri laptop Anda, dan lakukan berbagai siasat agar laptop dan pekerjaan Anda tetap aman.

Cara Mensiasati Laptop Mati Sendiri

Ada beberapa cara untuk mensiasati laptop yang mudah mati diantaranya adalah:

  •  Selalu bekerja dekat terminal (colokan) listrik dan charger

Hal pertama yang bisa Anda lakukan saat laptop Anda sering tiba-tiba mati adalah dengan bekerja dekat dengan terminal atau colokan.  Hal ini untuk mengantisipasi komputer atau laptop mati karena baterai yang mulai rusak. Bekerja dekat dengan terminal colokan, akan meminimalisair laptop kehabisan batari dan mati sendiri.  Jika Anda yakin baterai laptop Anda merupakan penyebab dari masalah laptop Anda, segera upayakan untuk membeli batrai baru.  Hal tersebut penting karena ketika baterai yang sudah tidak berfungsi dengan baik, malah tidak mampu menyimpan daya lagi dan harus terus terhubung dengan charger, hal tersebut malah akan menambah rusak sistem laptop yang lain.

  • Bersihkan coolong pad dari debu memakai kuas dan vacum cleaner

Pembersihan debu memang sebaiknya dilakukan secara rutin. Sayangnya, tidak semua orang berani dan telaten membuka cassing laptop an membersihkan cooler prosesor yang ada didalamnya. Memang, dibutuhkan keahlian khusus untuk membuka cassing laptop karena masing-masing laptop umumnya memiliki karakteristik tertentu. Jadi, daripada terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, lebih baik Anda mempercayakan ini pada konter-konter reparasi laptop yang Anda percaya.

  • Bersihkan kaki RAM dari “kerak” dengan penghapus pensil

Anda tentu bingung mengapa penghapus pensil? Ya, memang terkesan sederhana namun, banyak teknisi laptop yang sudah membuktikan cara unik ini. Caranya adalah cabut RAM dari laptop kita, lalu usap perlahan kaki RAM dengan penghapus. Pembersihan rap ini tujuannya adalah membersihkan kerak yang timbul akibat panas yang berdampak pada logam (pada kaki RAM) menjadi mengerak. Jika Anda tidak memiliki keahlian dan keberanian untuk membuka cassing,  lebih baik Anda menyerahkan pada orang yang telah ahli.

  • Repair sistem operasi atau re-install bila perlu

OS atau software hanya perlu di segarkan lagi. Untuk hardware tidak ada yang rusak jadi Anda dapat meminimalisir atau bahkan menghilangkan biaya pembelian hardware baru. Anda dapat memikirkan ulang apakah Anda perlu menginstall ulang atau hanya me-repair Komputer (dengan fitur repair pada sistem operasi Windows).

  • Memperbaiki sistem pendingin laptop

Selain, gangguan dari baterai yang buruk sehingga listrik tidak stabil, ada masalah lain yang dapat membuat laptop mati sendiri adalah karena sistem pendingin yang buruk. Oleh sebab itu, kita bisa mengatasi hal ini tentu saja dengan memperbaiki pendingin laptop. Untuk melakukan hal ini, ada beberapa langkah yang bisa dilakukan. Diantaranya mengganti thermal paste, membersihkan kipas laptop, mengganti heatsink, dan masih banyak lagi. Jika Anda tidak bisa melakukannya sendiri, meminta bantuan pada teknisi laptop memang menjadi cara yang paling jitu.

  • Mengganti perangkat yang rusak

Kerusakan processor ataupun kerusakan RAM, bisa menjadi salah satu penyebab mengapa laptop bisa mati sendiri. Oleh sebab itu, jika ada perangkat yang sedang rusak untuk mengatasinya adalah dengan mengganti atau memperbaiki perangkat-perangkat tersebut. Dengan demikian, maka kita bisa memastikan bahwa perangkat-perangkat tersebut bisa berfungsi kembali dengan baik dan laptop bisa dipakai kembali dengan lancar.

  • Cek laptop secara rutin

Ingat adalah seperangkat mesin yang juga butuh oerawatan secara khusus. Oleh sebab itu, jika laptop sudah mulai rewel baik baterai maupun mesin yang lain, sebaiknya Anda sesegera mungkin untuk membawa ke reparasi laptop kepercayaan Anda. jangan tunggu laptop sampai risak apalagi sampai mati-mati sendiri.

Itulah beberapa informasi tentang cara mengatasi laptop mati sendiri. memang laptop mati sendiri bisa menjadi hal yang sangat menjengkelkan. Oleh sebab itu, segera atasi sebelum terlambat. Semoga informasi di atas bermanfaat. (elevenia)

Jihan Ariya
Jihan Ariya
Honestly gak gitu lincah dalam menulis sih, tapi tak apa, yang penting heppy :D
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

ARTIKEL LAINNYA

PEMESANAN:

Beras Organik RICE ME UP