7 Penyanyi Legendaris Indonesia Sepanjang Masa

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Penyanyi-Legendaris-Indonesia[1]
Daftar Topik

Siapa yang tidak suka dengan musik? Musik adalah kumpulan dari lantunan nada berirama yang mampu menggugah seseorang akan keindahannya. Seiring perkembangan jaman, musik mempunyai aliran yang beragam. Mulai dari rock, blues, pop, jazz, RnB dan lain sebagainya.

Musik tidak terlepas dari suara elok penyanyi yang mengiringi. Penyanyi yang berbakat tentu akan mendapatkan atensi lebih di hati para pendengar. Begitu pula para penyanyi di Indonesia. Indonesia mempunyai banyak penyanyi papan atas yang namanya melekat di hati masyarakat sampai sekarang.

Siapa saja penyanyi legendaris itu? Yuk kita simak sama-sama di artikel berikut ini.

Baca Juga: 20 LAGU LAWAS INDONESIA YANG TAK LEKANG OLEH WAKTU

Chrisye

Engkau masih anak sekolah, satu SMA. Belum tepat waktu tuk begitu begini! Pernah dengar lantunan lagu tersebut? Ya, itu adalah salah satu karya dari almarhum Chrisye yang terkenal. Pria kelahiran September 1949 tersebut memulai karirnya dengan jalur indie di tahun 1976, hingga akhirnya direkrut oleh perusahaan rekaman.

Selama 25 tahun lebih berkarir, Chrisye telah melahirkan total 18 album. Kabar meninggalnya beliau karena kanker paru-paru pada tahun 2007, membuat dunia permusikan Indonesia sempat dirundung duka yang mendalam.

Iwan Fals

Iwan Fals adalah salah satu musisi Indonesia yang sangat terkenal akan image membela rakyat kecil. Lewat karya-karyanya, pria bernama asli Virgiawan Listanto ini menyuarakan isu-isu sosial dengan kritis sejak akhir 70-an hingga sekarang.

Tahun 1989, single “Bento” dan “Bongkar” menjadi sangat hits di dunia permusikan Indonesia, dan sejak saat itu nama Iwan Fals semakin melambung sampai saat ini. Sekarang beliau menjabat sebagai “Presiden” OI (Orang Indonesia), yayasan atau ormas berbentuk fans. 

Rhoma Irama

Ketika kita bicara tentang musik Indonesia, salah satu aliran yang sangat digandrungi dari dulu sampai sekarang adalah dangdut. Rhoma Irama adalah penyanyi dangdut terkenal hingga masyakarat memberinya gelar Raja Dangdut.

Rhoma Irama tidak hanya mengajak kamu menikmati alunan santai dan menggoyangkan badan, tapi juga mengajarkan nilai-nilai dakwah dalam lirik buatannya. “Begadang”, “Judi” dan “Mirasantika” adalah buktinya.

Titiek Puspa

Lahir pada tanggal 1 November 1937, dan masih aktif hingga sekarang; itulah Titiek Puspa. Hampir seluruh hidupnya digunakan untuk mengabdi pada dunia permusikan Indonesia dan lagu-lagunya melegenda di seantero tanah air.

Berbeda dengan Iwan Fals dan Rhoma Irama, Titiek Puspa membawa para pendengar lagunya lebih bersemangat lewat lirik-lirik yang tergolong simple. “Marilah Kemari” dan “Dansa Yok Dansa” serta “Apanya Dong” adalah salah satu judul lagu beliau yang sudah pasti tidak asing lagi di telinga kamu.

Ebiet G Ade

Pernah dengar guyonan “Coba kamu tanya pada rumput yang bergoyang”? Sebenarnya kalimat tersebut adalah salah satu lirik dari lagu Ebiet yang berjudul “Berita Kepada Kawan”. Ya, musisi satu ini mengajak kamu untuk duduk dalam diam dan merenung. Lirik dramatisnya membuat hati kamu nyes.

Penyanyi kelahiran 21 April 1954 ini terkenal dengan image gitar dan nyanyian sendu. Para millenials jaman sekarang mungkin akan menyebutnya sebagai aliran melodramatic.

Ahmad Dhani

Ahmad Dhani, bersama band nya Dewa adalah salah satu musisi yang karyanya selalu ditunggu-tunggu di era 90-an. Lirik lagunya begitu manis dan sangat romantis. Di jaman kejayaannya yaitu sekitar 2005, hampir seluruh lagu di album band Dewa mempunyai video klip.

Karya terakhirnya adalah aransemen ulang lagu-lagu Dewa bersama band asuhannya, Mahadewa di tahun 2016. Sekarang beliau terjerat kasus pelecehan nama baik dan sedang dipenjara di Surabaya. Mari berharap agar beliau kembali ke dunia musik lagi!

Melly Goeslaw

Melly Goeslaw adalah musisi yang berkarir di jaman yang sama dengan Ahmad Dhani, yaitu 90-an. Gaya musiknya juga tidak beda jauh, dan karyanya sangat catchy bagi remaja masa itu. Pada 2006, Melly mengumpulkan beberapa artis berbakat untuk dibina dengan nama “Bukan Bintang Biasa”.

Melly kerap dipercaya sebagai pengisi soundtrack film-film terkenal, seperti Ada Apa Dengan Cinta, Ayat-Ayat Cinta dan lain sebagainya. Tidak hanya bernyanyi, Melly juga melambungkan nama-nama penyanyi lewat ciptaan lagunya. Krisdayanti, Rossa, Eric, hingga penyanyi Malaysia, Fauziah Latif.

Itu tadi adalah 7 penyanyi legendaris Indonesia sepanjang masa. Ada di antara mereka yang masih aktif berlalu lalang di dunia permusikan, ada juga yang sedang rehat karena tersandung perkara. Tapi yang jelas, mereka adalah orang-orang hebat yang telah mewarnai dunia permusikan Indonesia dengan tangan dinginnya.

Para millenials mungkin agak asing mendengarnya, karena tertutup oleh banyak penyanyi-penyanyi baru yang berdatangan dari luar negeri. Meskipun begitu, nama dan karya musisi legendaris di atas akan tetap diwariskan dari waktu ke waktu dan tidak akan pernah punah. Tetap dukung karya anak bangsa ya!

Jihan Ariya
Jihan Ariya
Honestly gak gitu lincah dalam menulis sih, tapi tak apa, yang penting heppy :D
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

ARTIKEL LAINNYA

PEMESANAN:

Beras Organik RICE ME UP