7 Olahan Daging Sapi Khas Nusantara, Lezat dan Kaya Rasa!

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
20720 Rendang Tribun Kaltim
Daftar Topik

7 Olahan Daging Sapi Khas Nusantara – Daging sapi memang merupakan daging pilihan dengan rasa yang sangat lezat. Olahan daging sapi yang beragam di Indonesia memang menjadikan daging sapi semakin lezat untuk dinikmati. Daging sapi yang diolah dengan metode tertentu turut memberikan rasa yang berbeda. Meskipun demikian, setiap olahan daging sapi tetap saja memiliki cita rasa yang khas nusantara. Meskipun diolah dengan cara modern sekalipun.

Daging sapi memiliki tekstur yang lembut dan enak apabila diolah dengan benar. Proses pengolahan makanan hasil olahan daging sapi harus dilakukan dengan cara yang benar. Mulai dari makanan yang menggunakan kuah hingga yang digoreng atau dibuat asinan dan masih banyak lagi. Namun dari sekian banyak olahannya, ada beberapa olahan daging sapi khas nusantara yang menggugah selera. Apa saja, ya? Simak ulasan khas Blog elevenia yang satu ini, yuk.   

7 Olahan Daging Sapi Khas Nusantara yang Lezat dan Kaya Rasa

1. Dendeng Sapi

olahan-daging-sapi-khas-nusantara-dendeng
Source: Selerasa

Dendeng menjadi salah satu makanan yang berasal daging sapi dan paling banyak digemari. Tidak sama seperti olahan daging seperti umumnya yang melalui tahap pengukusan terlebih dahulu agar memiliki tekstur yang lunak. Pembuatan dendeng melalui tahapan pengeringan atau penjemuran. Daging sapi dipotong lebar dan tidak terlalu tipis.

Kemudian dipenyet atau digeprek hingga penyet dan kaku. Pada saat pengolahan, bisa dilakukan melalui berbagai cara. Mulai dilakukan penyajian dengan menggunakan serundeng, bisa juga disajikan dengan cabai balado dan masih banyak lagi. memiliki rasa khas nusantara menjadikan dendeng favorit di Indonesia.

2. Sate Daging

olahan-daging-sapi-khas-nusantara-sate-daging
Source: Selerasa

Bukan hanya daging ayam dan kambing saja yang nikmat untuk dijadikan sate. Daging sapi juga tergolong kriteria daging yang sangat nikmat jika dijadikan sate. Dengan bumbu kacang khas sate membuat rasa yang diberikan olahan daging yang satu ini sangat lezat. Daging sapi memang memiliki tekstur yang tidak sealot daging kambing.

Jadi, pada saat dijadikan sate akan menampilkan tekstur yang empuk. Sate merupakan suatu olahan daging yang dibakar namun di tusuk kecil-kecil dengan penusuk sate dan diberi bumbu khas sate yang memiliki cita rasa rempah nusantara.

3. Sup Daging Sapi

olahan-daging-sapi-khas-nusantara-sup-daging-sapi
Source: Ini Rasa

Olahan daging yang paling sederhana adalah dengan dibuat sup. Sup menjadi hidangan yang istimewa terlebih lagi apabila berada dalam cuaca yang dingin. Pengolahan sup tentu saja tidak melibatkan rasa pedas. jadi, daging sapi memiliki rasa asli yang diberi bumbu khas sup. Kemudian penyajiannya bisa dikombinasikan dengan bahan lain atau sayur lainnya.

4. Bakso Sapi

bakso-daging-sapi
Source: Detik Food

Bakso menjadi makanan favorit di Indonesia. Pembuatan bakso memang bisa menggunakan berbagai bahan. Mulai menggunakan daging ayam dan daging kambing. Namun, bakso yang menggunakan daging sapi jauh lebih nikmat. Tentu saja harga yang ditawarkan juga sedikit lebih mahal. Pada intinya, pembuatan bakso menggunakan daging sapi yang digiling kemudian dicampur dengan bahan lainnya dan dibentuk bulat.

5. Rendang

olahan-daging-sapi-khas-nusantara-rendang
Source: Tribun Kaltim

Awalnya rendang merupakan masakan khas yang berasal dari Sumatera Barat. Namun karena rasanya yang lezat dan juga kepopulerannya, membuat rendang dicintai dan banyak diolah di berbagai acara. Proses memasak daging sapi menjadi rendang membutuhkan waktu yang relatif lama dan memerlukan bahan rempah yang banyak. Jadi, rasa yang dihasilkan memang memiliki cita rasa yang khas Indonesia.

Baca Juga: 9 Makanan Khas Gorontalo yang Lezat dan Menggoyang Lidah

6. Se’i Sapi

sei-sapi
Source: Tripadvisor

Sei merupakan daging sapi yang diolah namun dengan penyajian yang berbeda. Jika pada umumnya masakan diolah dengan cara dipotong menjadi kecil kemudian diberikan bumbu dan dimasak. Berbeda dengan Sei, Sei merupakan masakan dimana daging sapi dibiarkan memanjang dan tidak dipotong-potong menjadi beberapa bagian.

Selanjutnya daging yang diolah dalam bentuk Sei diberi garam terlebih dahulu lalu kemudian digantung. Setelah itu, menunggu hingga daging menjadi lebih kering. Baru kemudian diolah.

7. Soto Daging

olahan-daging-sapi-khas-nusantara-soto-daging
Source: iNews

Soto awalnya dikenal dengan soto ayam. Bukan hanya ayam, daging sapi juga menjadi salah satu bahan utama olahan yang khas banget ini. Meskipun memiliki nama soto, bumbu yang digunakan berbeda dengan soto ayam. Bumbunya telah disesuaikan dengan tekstur dan rasa asli yang dimiliki oleh daging sapi.

Soto daging saat ini memang sangat terkenal dan merupakan makanan yang paling digemari oleh masyarakat Indonesia. Karena bahan utamanya daging sapi, tak heran jika harga yang ditawarkan juga sedikit lebih mahal. Namun, hal ini tentunya sebanding dengan cita rasanya yang lebih kaya. Yummy!

Itu dia tadi informasi seputar olahan daging sapi khas nusantara yang lezat dan unik. Semuanya memiliki cita rasa yang kaya, menggugah selera dan sayang untuk dilewatkan. Kalau kamu paling suka yang mana nih? Semoga artikel ini bermanfaat untuk kita semua, ya.

Putri
Putri
SEO Content "Wherever life plants you, bloom with grace."
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

ARTIKEL LAINNYA

PEMESANAN:

Beras Organik RICE ME UP