7 Obat Herbal Nyeri Sendi Lutut

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Daftar Topik

Sendi lutut merupakan salah satu jaringan yang berfungsi dalam pergerakan tubuh terutama pada kaki. Jika mengalami gangguan berupa nyeri sendi tentu akan dapat mengganggu pergerakan tubuh. Semua aktivitas yang berhubungan dengan sendi lutut akan terasa sulit untuk dilakukan, seperti berdiri, duduk, hingga berjalan.

Hal ini dikarenakan sendi merupakan bagian yang mempunyai struktur terdiri dari tulang, otot, tendon, dan ligamen. Tidak hanya itu saja, bagian tersebut juga memiliki titik syaraf tertentu dan penting pada bagiannya. Nyeri sendi pada lutut ini disebabkan oleh berbagai hal seperti cedera, asam urat tinggi, infeksi, keseleo, usia lanjut, dan masih banyak lagi.

Untuk bisa mengobatinya dapat dilakukan salah satunya yaitu dengan obat herbal nyeri sendi lututBerasal dari tanaman dengan kandungan bermanfaat, berikut ini merupakan tujuh obat herbal yang dapat berfungsi mengatasi nyeri sendi lutut.

1. Gel Lidah Buaya

Gel lidah buaya merupakan salah satu obat herbal yang berfungsi dalam penyembuhan serta perawatan masalah kulit. Gel lidah buaya dipercaya mampu membuat kondisi jaringan lebih sehat. Dalam hal ini, gel lidah buaya dapat digunakan sebagai obat dengan menggunakan gel yang baru saja dipetik.

Setelah itu langsung diterapkan secara merata pada bagian sendi lutut yang nyeri. Lakukan hal tersebut dengan pijatan ringan dan tidak terlalu keras. Pengaplikasian gel lidah buaya pada nyeri sendi lutut mampu mengatasi lelah dan juga pegal pada sendi.

2. Boswellia

Boswellia merupakan obat herbal alami yang mampu meredakan peradangan dengan cukup cepat. Tanaman herbal boswellia ini adalah tanaman khas dari India yang berfungsi mencegah produksi leukotrin pada tubuh. Leukotrin adalah zat dalam tubuh yang menghasilkan rasa nyeri sendi parah disebabkan oleh penyakit tertentu.

Kelebihan lain dari boswellia adalah juga mampu menghindari kehilangan jaringan tulang rawan. Dalam hal ini, boswellia juga berfungsi dalam menyehatkan tulang. Biasanya tanaman herbal ini dikemas dalam bentuk gel sebagai obat oles dan terdapat juga dalam bentuk kapsul untuk diminum.

3. Tanaman Cakar Kucing

Terdapat berbagai jenis tanaman cakar kucing namun yang sering digunakan untuk penyembuhan nyeri sendi lutut adalah Uncaria guianensis. Tanaman ini memiliki kandungan anti inflamasi yang mampu meredakan nyeri.

Selain itu, obat herbal ini juga mampu meringankan pembengkakan yang terjadi pada nyeri sendi lutut. Adapun penyajian dari obat herbal ini dikemas dalam bentuk kapsul atau juga minyak oles yang diaplikasikan langsung pada area sendi.

4. Jahe

Jika ingin menggunakan obat herbal yang mudah ditemui untuk nyeri sendi lutut, maka jahe dapat dijadikan sebagai pilihan. Jahe dipercaya memiliki kandungan senyawa yang mampu meredakan peradangan dalam tubuh serta nyeri sendi lutut.

Adapun cara yang dapat dilakukan adalah dengan menghancurkan jahe menjadi beberapa bagian. Kemudian langsung mengoleskannya pada permukaan kulit lutut yang mengalami nyeri sendi. Akan tetapi jahe memiliki efek samping sehingga tidak boleh diaplikasikan secara berlebihan.

5. Teh Hijau

Teh hijau dikenal dengan minuman khas yang berasal dari Jepang dan Korea. Bahan herbal ini juga dikenal sejak dulu dapat menyembuhkan berbagai penyakit, tidak terkecuali sebagai obat herbal nyeri sendi lututSalah satu manfaat dari teh hijau adalah mampu meredakan peradangan serta infeksi pada tubuh.

Beberapa kandungan senyawa didalamnya juga mampu menghilangkan nyeri dengan cepat seperti polifenol san katekin. Dengan hanya meminumnya secara rutin maka teh hijau akan mampu merawat nyeri sendi lutut. Selain itu juga dapat dilakukan dengan cara lain yaitu mengompreskannya pada bagian yang sakit.

6. Minyak Katu Putih

Minyak kayu putih merupakan obat herbal yang berasal dari ekstrak kayu Eucalyptus. Saat ini sudah banyak beredar di masyarakat mengenai kehadiran minyak kayu putih sebagai salah satu obat oles.

Namun kebanyakan mungkin akan sering menggunakannya pada saat mual, sakit perut, dan kembung. Padahal minyak kayu putih juga dapat dioleskan pada lutuh yang mengalami nyeri sendi. Dengan adanya senyawa tanin dalam minyak kayu putih maka bengkak akibat nyeri sendi akan berangsur membaik.

7. Kunyit

Tanaman herbal terakhir yang dapat digunakan dalam penyembuhan nyeri sendi lutut adalah kunyit. Bahan alami yang biasa digunakan di dapur ini dapat meredakan nyeri sendi lutut dengan kandungan senyawa didalamnya. Bahkan penggunaan obat herbal ini juga mampu membuat sendi menjadi lebih aktif.

Adapun cara menggunakannya adalah dengan menghancurkan kunyit yang sudah dibersihkan sebelumnya. Pastikan kunyit sudah dalam bentuk pasta lalu tinggal dioleskan pada bagian lutut yang nyeri. Agar tidak menyebar ke area lain, pengolesan dapat dibungkus dengan kain lembut. Dengan demikian proses penyembuhan juga akan lebih efektif.

Itulah ketujuh tanaman herbal yang dapat digunakan sebagai obat herbal nyeri sendi lutut. Pilihlah salah satu diantara obat herbal diatas yang menurut kamu paling efektif untuk menyembuhkan nyeri sendi lutut.

Jihan Ariya
Jihan Ariya
Honestly gak gitu lincah dalam menulis sih, tapi tak apa, yang penting heppy :D

BAGIKAN:

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp

ARTIKEL LAINNYA