7 Obat Anyang-Anyangan Herbal Dari Tumbuhan

Anyang-anyangan merupakan salah satu penyakit yang menyerang saluran buang air kecil. Pada dunia medis sendiri penyakit ini dikenal dengan istilah disuria. Salah satu tanda dari penyakit anyang-anyangan ini adalah rasa tidak nyaman ketika buang air kecil. Rasa tidak nyaman yang terjadi akan berbeda-beda setiap orangnya.

Dalam hal ini penderita anyang-anyangan dapat merasa nyeri, panas, atau sakit saat buang air kecil. Selain itu juga ditandai dengan lebih sering buang air kecil biasanya sebanyak dua kali dalam satu jam. Terdapat obat alami untuk menyembuhkan penyakit ini. Berikut merupakan tujuh jenis tumbuh-tumbuhan yang dapat dijadikan sebagai obat anyang-anyangan.

1. Daun Kumis Kucing

Seperti yang diketahui bahwa daun kumis kucing merupakan salah satu tanaman herbal yang sangat bermanfaat. Diantara penyakit yang dapat disembuhkan oleh tanaman ini adalah anyang-anyangan. Adapun cara pengolahannya yaitu dengan menyediakan 30 gram daun kumis kucing serta meniran dengan jumlah yang sama.

Setelah dicuci bersih, campuran tersebut direbus dalam 600 ml air. Lama proses perebusan dilakukan hingga sekiranya menyisakan air hingga setengah dari kondisi awal. Setelah itu saring hasil rebusan untuk dijadikan sebagai ramuan. Agar bisa memberikan hasil yang lebih optimal, minum ramuan tersebut sebanyak tiga kali dalam sehari.

2. Jeruk Nipis

Bahan alami selanjutnya yang dapat menyembuhkan penyakit anyang-anyangan adalah jeruk nipis. Cara pengolahannya juga cukup mudah yaitu hanya dengan memeras satu butir jeruk nipis. Setelah itu mencampurkannya dengan air hangat dan juga gula pasir secukupnya.

Kandungan dari jeruk nipis memiliki peranan yang sangat penting dalam penyembuhan anyang-anyangan. Kandungan tersebut merupakan minyak atsiri yang berfungsi dalam menyembuhkan infeksi. Selain itu minyak atsiri juga dapat meredakan rasa nyeri yang ada pada penyakit anyang-anyangan.

3. Daun Keji Beling

Daun keji beling merupakan tanaman herbal yang dapat menyembuhkan anyang-anyangan pada wanita. Proses pengolahan dari tanaman herbal ini dilakukan dengan menyediakan masing-masing 30 gram daun keji beling dan daun belimbing manis.

Setelah dicuci bersih, kedua bahan tersebut kemudian direbus ke dalam 600 ml air. Seperti pada proses pengolahan daun kumis kucing, sisakan air yang direbus hingga mencapai setengahnya. Setelah itu air rebusan disaring dan dapat dijadikan sebagai obat anyang-anyangan.

4. Alang-alang

Kebanyakan orang mungkin hanya mengetahui jika alang-alang digunakan sebagai obat panas dalam saja. Perlu diketahui bahwa alang-alang juga dapat digunakan sebagai penyembuhan penyakit anyang-anyangan. Pengolahan alang-alang sebagai obat anyang-anyangan adalah dengan mencampurkan masing-masing 60 gram alang-alang dan rambut jagung. Selain itu juga menyiapkan 2 buah kulit semangka yang masih segar.

Campuran dari ketiga bahan kemudian direbus ke dalam 400 ml air hingga menyisakan setengahnya. Saringan hasil rebusan kemudian dapat dikonsumsi sebagai obat anyang-anyangan setelah dingin. Salah satu kandungan alang-alang yaitu fermenol berfungsi sebagai zat yang mampu meluruhkan air seni. Dengan mengonsumsinya, maka air seni yang dikeluarkan dari tubuh juga akan lebih lancar.

5. Cuka Sari Apel

Tanaman herbal lain yang dapat dijadikan sebagai obat anyang-anyangan adalah cuka sari apel. Adapun cara pengolahan dari obat herbal ini dilakukan dengan menyiapkan satu sendok makan cuka sari apel. Selanjutnya campurkan dengan madu murni sebanyak dua sendok makan.

Setelah tercampur merata kemudian minum secara langsung untuk dapat menyembuhkan anyang-anyangan. Dosis untuk mengkonsumsi ramuan herbal tersebut adalah sebanyak tiga kali dalam sehari. Campuran dari kedua bahan alami tersebut nantinya akan dapat menghilangkan bakteri penyebab dari anyang-anyangan.

6. Jahe

Selain dapat digunakan untuk menghangatkan tubuh, ternyata minuman jahe juga mampu menyembuhkan penyakit anyang-anyangan. Dalam hal ini, efek yang dihasilkan oleh minuman jahe memiliki fungsi sebagai pereda nyeri yang terjadi pada saluran kemih.

Selain itu, jahe juga memiliki kandungan minyak atsiri yang berfungsi sebagai anti inflamasi. Tanaman herbal yang satu ini juga memiliki sifat anti bakteri sehingga dapat menghilangkan bakteri penyebab anyang-anyangan. Dengan demikian infeksi pada kandung kemih yang disebabkan oleh bakteri tersebut akan dapat segera mereda.

7. Kunyit

Tidak hanya berguna sebagai bumbu masak saja, akan tetapi kunyit juga dapat berfungsi sebagai obat herbal dalam penyembuhan anyang-anyangan. Tanaman herbal ini diolah dengan menyediakan dalam jumlah secukupnya kemudian dicuci bersih. Setelah itu iris tipis-tipis untuk direbus ke dalam air dengan takaran sekitar empat gelas.

Sisakan air rebusan hingga mencapai setengah dari kondisi awal untuk dikonsumsi sebagai obat anyang-anyangan. Selain itu, pengolahan juga dapat dilakukan dengan cara lain yaitu 4 buah rimpang kunyit yang diparut. Kemudian diambil airnya dengan cara diperas dan langsung dikonsumsi sebanyak dua kali dalam sehari.

Itulah tujuh bahan herbal yang dapat digunakan sebagai obat anyang-anyangan. Kamu dapat memilih salah satu diantara obat herbal diatas yang mudah diperoleh sebagai penyembuhan anyang-anyangan.