7 Nutrisi Untuk Kesehatan Mata

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
7 Nutrisi Untuk Kesehatan Mata
Daftar Topik

Gangguan atau penurunan fungsi penglihatan itu tentu akan dialami oleh semua orang, terutama bagi mereka yang memasuki usia lanjut. Namun, penurunan fungsi penglihatan ini bisa kita cegah dengan cara mengkonsumsi makanan-makanan yang mengandung vitamin yang berguna untuk penglihatan.

Tentunya, fungsi dari organ-organ kita akan tetap mengalami penurunan secara berkala mengikuti usia. Tetapi tentu saja kita tidak mau penurunan itu terjadi dengan sangat cepat.

Nah, bagaimana caranya mempertahankan kesehatan mata?

Perbaiki nutrisi dari asupan dan pola hidup adalah yang paling penting. Menurut penelitian sehubungan dengan penyakit mata yang disebabkan oleh usia yang dilakukan pada tahun 2001, yang disponsori oleh National Eye Institute menemukan bahwa diet yang buruk adalah salah satu faktor terbesar penyebab Age Related Macular Degeneration dan katarak.

Asupan vitamin C, vitamin E, Beta Carotene dan Zinc dapat secara signifikan mengurangi resiko dan merupakan natural treatment yang sangat baik untuk Macular Degeneration dan katarak. Dan diperkirakan kurang lebih setengah dari populasi orang dewasa akan menderita katarak ketika mereka mencapai usia 75 tahun.

Ada beberapa vitamin yang dapat anda konsumsi untuk mencegah penurunan fungsi mata yang cepat ketika anda berusia lanjut. Apa aja?

1. Lutein

Lutein mengandung antioksidan dan mengandung anti peradangan yang dapat menjaga mata anda agar tetap sehat. Anda bisa mendapatkan lutein ini dari buah-buahan, citrus, kuning telur, dan sayur-sayuran lainnya yang berwarna oranye. Menurut penelitian dari Harvard University, dengan mengkonsumsi lutein 6mg/hari, maka dapat menurunkan resiko Macular Degeneration hingga 43%

2. Zeaxanthin

Zeaxanthin ini juga merupakan jenis keratinoid yang terbaik untuk mata Anda. Seperti halnya lutein, zeaxanthin juga dapat menjaga jaringan mata, lensa, dan macula, sehingga dapat membantu penglihatan anda agar lebih baik dan mencegah penyakit mata seperti katarak pada usia lanjut.

3. Vitamin C

Vitamin C selain yang seperti kita ketahui untuk memperkuat sistem imun, vitamin C juga dapat mencegah flu, batuk, dan sebagainya. Vitamin C ini juga dapat membantu mengurangi resiko kita terkena katarak. Biasanya dikombinasikan dengan vitamin E. Vitamin C bisa didapat dari buah-buahan dan sayur-sayuran yang segar.

Bagi anda yang merasa kesulitan, anda bisa membeli suplemen. Carilah bahan-bahan yang alami dan tentu saja tidak mengandung pewarna dan pemanis buatan, apalagi pengawet.

4. Vitamin E

Seperti yang disebutkan tadi, vitamin C dan vitamin E sama-sama dapat menjaga kesehatan mata. Jika vitamin C adalah jenis yang dapat larut di dalam air, vitamin E adalah vitamin yang tergolong fat soluble atau vitamin yang larut dalam lemak. Kedua vitamin ini dapat menjaga tubuh kita dengan antioksidan. Begitu pula dengan organ mata kita.

5. Zinc

Zinc adalah salah satu mineral yang berfungsi juga untuk menjaga agar mata kita tetap sehat. Zinc disini juga dapat membantu untuk mengurangi faktor resiko terjadinya Macular Degeneration dan katarak. Zinc juga berperan penting dalam cell division dan cell growth yang menjaga kestabilan sirkulasi, kemudian mencegah sistem imun kita terlalu aktif.

Jika sistem imun kita terlalu aktif, maka akan menyerang diri kita sendiri atau kita sebut dengan auto immune. Zinc sangat berperan penting disini, dan juga bersifat anti peradangan atau mencega peradangan yang disebabkan oleh ‘sitokin’.

6. Vitamin A

Dari dulu kita sering belajar, “Vitamin yang baik untuk mata vitamin apa?”. “Vitamin A”. Tapi ternyata bukan hanya vitamin A saja, ada 6 vitamin lainnya yang baik untuk mata. Vitamin A atau kita kenal dengan Beta Karoten, bisa ditemukan pada sayur-sayuran berwarna oranye atau merah. Contohnya seperti wortel, yang mengandung vitamin A sangat tinggi. Jadi bagi anda yang tidak suka makan sayuran terutama wortel, silahkan untuk mulai dikonsumsi dari sekarang.

Menurut jurnal dari American Academy of Ophthalmology, kita membutuhkan vitamin A yang memadai untuk mencegah Xerophthalmia dan rabun senja. Penelitian juga menunjukkan bahwa asupan vitamin A dengan antioksidan lainnya dapat memperlambat proses dari kerusakan syaraf seperti Diabetic Neuropathy. Diabetic Neuropathy adalah kerusakan syaraf yang disebabkan oleh diabetes atau kencing manis

7. Omega-3

Asam lemak Omega-3 ini berasal dari ikan, ada EPA dan DHA. Ada juga yang berasal dari tumbuhan. Biasanya kita dapatkan dari Chia Seed atau Flax Seed. Omega-3 bagus sebagai anti peradangan. Jadi selain bagus untuk mata, juga bagus untuk tubuh anda. Banyak penyakit-penyakit yang disebabkan oleh terlalu banyak peradangan di dalam tubuh kita. Kembali lagi pada makanan kita dan lifestyle kita.

Jadi, itu semua adalah 7 nutrisi yang dibutuhkan untuk menjaga agar mata anda tetap sehat hingga usia lanjut. Pastikan semua zat-zat atau nutrisi tadi ada dalam makanan anda sehari-hari. Tidak perlu ada semuanya setiap hari, tapi usahakan ada beberapa dalam menu makanan anda.

William
William
Seorang penulis dan pemain kartu Tarot. Suka hilang di antara lamunan dan keanehan yang jamak.

BAGIKAN:

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp

ARTIKEL LAINNYA