7 Museum yang Ada di Bandung ini Wajib Dikunjungi

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Museum-yang-Ada-di-Bandung[1]
Daftar Topik

Bandung adalah salah satu daerah di Indonesia yang banyak dikunjungi oleh wisatawan baik lokal maupun asing. Hal tersebut dikarenakan aduh memiliki tempat-tempat menarik. Selain itu, cuaca di Bandung juga sangat sejuk dan lingkungannya juga ramah sehingga membuat para wisatawan yang datang ke Kota kembang menjadi betah berlama-lama.

Bandung juga mempunyai banyak tempat wisata mulai dari taman kota, wisata kuliner, wahana bermain, pusat perbelanjaan sampai dengan tempat bersejarah seperti museum. Untuk museum sendiri, ada 7 museum yang ada di Bandung yang wajib dikunjungi saat berlibur ke Bandung.

Museum Geologi

Museum yang ada di Bandung yang wajib dikunjungi pertama adalah museum geologi. Mesir berada di Jalan Diponegoro Nomor 57 kota Bandung yang peka setiap hari Senin sampai Kamis pukul 08.00-16.00 WIB. Museum geologi tersebut terbagi atas beberapa ruang pamer yang ada di lantai 1 dan lantai 2. Yang dipamerkan dari Museum geologi tersebut adalah koleksi materi materi geologi yang sangat melimpah seperti batuan, mineral dan juga fosil.

Museum Pendidikan Nasional

museum di Bandung yang wajib dikunjungi selanjutnya adalah museum pendidikan nasional yang berada di kompleks kampus UPI (Universitas Pendidikan Indonesia) bumi Siliwangi tepatnya di Jl DR Setiabudi. Ada 4 lantai dengan gaya yang modern minimalis serta berisikan berbagai macam koleksi di setiap lantainya.

Lantai satu berisikan tentang perkembangan pendidikan dari zaman prasejarah, pendidikan di zaman kolonial, pendidikan berbasis agama, pendidikan di zaman Jepang hingga pendidikan pada saat kemerdekaan. Sedangkan di lantai 2 Anda akan melihat kejadian pendidikan di zaman reformasi. Terdapat beberapa patung tokoh pendidikan nasional seperti Ki Hajar Dewantara, Ahmad Dahlan, Ra lasminingrat, Ahmad Safei dan lain sebagainya.

di lantai 3 Anda akan melihat banyak koleksi terkait sejarah pendidikan di di Jawa Barat dan salah satunya adalah sejarah universitas Pendidikan Indonesia (UPI). Di lantai 4 terdapat pajangan koleksi foto-foto rektor UPI dari masa ke masa serta keadaan universitas Pendidikan Indonesia di masa yang akan datang yaitu tahun 2040 serta perkembangan pendidikan Indonesia di masa yang akan datang.

Museum Pos Indonesia

Museum yang berada di Jalan cilaki nomor 73 Bandung tersebut merupakan museum yang wajib dikunjungi saat berada di Bandung dan letaknya berada di samping gedung sate. di museum pos Indonesia ini kamu bisa melihat koleksi perangko dari seluruh dunia. Di samping itu, museum pos Indonesia juga terdapat koleksi perkembangan baju dinas dan juga berbagai macam peralatan pos yang lainnya dari masa ke masa.

Museum Kereta Api

Museum kereta api adalah museum yang berisi peninggalan sejarah perkeretaapian di Indonesia yang secara resmi dibuka tanggal 21 Juni 2010. Di dalamnya kamu akan menemukan barang-barang yang bersejarah seperti mesin pembuat karcis, mesin telepon kayu serta alat komunikasi telegraf. Selain itu, kamu juga akan menemukan ilustrasi stasiun kereta api yang ada di pulau Jawa.

Museum Sri Baduga

Museum Sri Baduga menjadi tempat favorit bagi para wisatawan yang datang ke Bandung. Hal tersebut dikarenakan mempunyai berbagai macam koleksi seperti geologika, etnografika, biologika, historika, arkeologika, filologika, teknologi, seni rupa dan juga keramik. Nama Sri Baduga tersebut nama diambil dari nama seorang raja Sunda yang bertahta di pakuan Pajajaran.

Museum Konferensi Asia Afrika

Museum konferensi Asia Afrika berada di Jalan Asia Afrika No 65 Bandung. Di dalam Museum tersebut terdiri dari perpustakaan, pameran tetap, reset, audio visual dan aktivitas yang lainnya. Museum tersebut menjadi memorabilia konferensi asia-afrika dan erat kaitannya dengan gedung merdeka.

Museum Mandala Wangsit Siliwangi

museum terakhir yang wajib dikunjungi saat berada di Bandung adalah Museum Mandala wangsit Siliwangi yang berada di Jalan Lembong nomor 38 Bandung. Di dalamnya terdapat barang-barang bersejarah dan juga sisa-sisa perjuangan tentara di masa penjajahan seperti senjata tradisional, foto-foto pemimpin panglima divisi Siliwangi dan juga koleksi uang zaman penjajahan.

Nah, itulah tadi daftar 7 museum yang ada di Bandung yang wajib dikunjungi. Saat berada di Bandung maka museum tersebut bisa menjadi pilihan berwisata bersama dengan keluarga. Apalagi di dalamnya terdapat banyak barang-barang bersejarah dan juga banyak pengetahuan yang bisa didapatkan. Maka dari itu, jadikan museum-museum tersebut sebagai tujuan saat berada di Bandung.

Putri
Putri
SEO Content "Wherever life plants you, bloom with grace."
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

ARTIKEL LAINNYA

PEMESANAN:

Beras Organik RICE ME UP