7 Manfaat Vitamin K yang Harus Kamu Tahu

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
vitamink[1]
Daftar Topik

Dalam menjaga kesehatan dan juga fungsi organ, tubuh butuh asupan nutrisi dan mineral yang cukup tiap harinya. Semua asupan tersebut nantinya akan membantu dalam mengoptimalkan kinerja tiap organ dalam tubuh supaya bisa bekerja dengan baik. Salah satu jenis nutrisi yang fungsinya sangat penting bagi tubuh adalah asupan vitamin. Vitamin ini terkadang disepelekan, sehingga sering dikesampingkan dalam pemenuhan gizi dalam tubuh. Mereka berpendapat bahwa yang terpenting adalah karbohidrat, protein dan serat saja.

Namun jika dilihat lebih lanjut, vitamin itu sangatlah penting dalam menjaga kekebalan tubuh. Salah satu dari banyaknya vitamin yang baik bagi tubuh adalah vitamin K.

Vitamin K sendiri berasal dari singkatan kata Bahasa Jerman dan Denmark yaitu Koagulation. Vitamin K punya banyak sekali manfaat yang baik bagi tubuh kita, mungkin kita tidak menyadari manfaat yang telah diberikannya itu. Secara teori, perharinya asupan vitamin K sekitar 2 mcg per 1 kg berat badan. Nah untuk lebih jelasnya, ada sejumlah manfaat dari vitamin K yang harus kamu ketahui:

Manfaat Vitamin K yang Harus Kamu Tahu

Membantu dalam Proses Pembekuan Darah

Manfaat yang pertama yang harus kamu tahu dari vitamin K adalah vitamin K mambantu membantu dalam proses pembekuan darah. Pembekuan darah sendiri tentu diperlukan dalam tubuh terutama pada proses penyembuhan luka, baik itu luka terjatuh, sayatan atau pun luka bekas operasi. Mungkin di antara kamu sudah tahu bahwa zat besi dapat mempercepat penyembuhan luka, namun tetap saja vitamin K berperan tak kalah penting dalam proses pembekuan darah. Tidak heran jika vitamin K sangat baik bagi penderita hemophilia.

Mencegah Osteoporosis

Osteoporosis adalah suatu kondisi di mana struktur tulang yang mulai mengalami pengeroposan. Biasanya pengeroposan ini diakibatkan oleh kurangnya kandungan mineral yang biasanya berfungsi dalam menguatkan tulang. Tak hanya itu, kandungan kalsium dan fosfor pun dapat mencegah osteoporosis. Fungsi vitamin K di sini adalah mempercepat dan mengoptimalkan penyerapannya sehingga lebih cepat mencegah osteoporosis.

Menjaga Kekuatan Tulang

Manfaat lainnya yang masih berkaitan dengan organ tulang adalah, vitamin K mampu menjaga kekuatan tulang dalam tubuh kamu. Dengan begitu kamu akan terhindar dari gangguan-gangguan kerusakan tulang, seperti osteoporosis. Tak hanya itu, kamu pun akan lebih mudah melakukan segala aktivitas sehari-hari karena kekuatan tulangmu terus terjaga.

Membantu dalam Pertumbuhan Tulang

Manfaat lain yang bisa kamu dapatkan dari vitamin K adalah membantu proses pertumbuhan tulang. Hal ini sangat baik bagi anak-anak yang masih dalam masa pertumbuhan. Dengan fungsinya ini, vitamin K sangat membantu dalam penyerapan mineral utamanya di bagian tulang. Tidak heran jika vitamin K sangat penting dan harus tercukupi tiap harinya. Vitamin K juga dapat menambah tinggi badan.

Mencegah Munculnya Diabetes

Penelitian terbaru menyebutkan bahwa vitamin K punya manfaat yang sangat baik dalam mencegah munculnya penyakit diabetes pada diri kamu maupun manusia lainnya. Hal ini telah dibuktikan dengan adanya fakta yang menyebutkan bahwa vitamin K mampu membentuk suatu sistem perlawanan pada resisensi insulin. Sekeder informasi, resistensi pada insulin ini merupakan salah satu dari penyebab munculnya diabetes pada tubuh manusia.

Tak hanya itu, vitamin K juga mampu dalam membantu mempercepat dan juga mengoptimalkan metabolisme yang terjadi pada tubuh. Hal ini mampu mengatasi munculnya resistensi insulin yang merupakan penyebab munculnya penyakit diabetes.

Mencegah Pendarahan pada Hati

Untuk kamu yang sering kali menggunakan aspirin, antibiotic atau pun obat penenang dengan dosis yang berlebihan, maka kamu harus berhati-hati. Hal ini karena jika dilakukan terus menerus dapat menyebabkan munculnya pendarahan di hati atau liver kamu. Pendarahan pada hati ini akan menyebabkan fungsi dari hati itu sendiri menjadi tidak optimal lagi dan tentu saja akan berbahaya bagi kesehatan. Namun kamu tidak usah khawatir karena vitamin K mampu mencegah pendarahan tersebut. Sifat alami dari vitamin K yaitu mencegah pendarahan dan caranya adalah dengan mempercepat dan mengoptimalkan proses pembekuan darah di tubuh kita.

Mencegah Timbulnya Penyakit Kanker

Vitamin K punya manfaat yang baik dalam mencegah timbulnya penyakit kanker. Seperti diketahui, kanker adalah salah satu penyakit kronis yang sangat berbahaya, dan beberapa jenis kanker memiliki efek yang mematikan bagi tubuh. Nah, vitamin K ini dinilai mampu memperlambat proses perkembangan dari sel kanker di dalam tubuh. Dengan lebih lambatnya proses perkembangan kanker tersebut, maka kanker tidak cepat menyebar dan lebih cepat dalam proses penanganannya.

Itulah sejumlah manfaat dari vitamin K yang bisa kamu dapatkan. Semoga bermanfaat. (elevenia)

Putri
Putri
SEO Content "Wherever life plants you, bloom with grace."
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

ARTIKEL LAINNYA