7 Manfaat Temulawak untuk Kesehatan Tubuh

0

Manfaat temulawak untuk kesehatan memang sudah banyak diketahui banyak orang. Bahkan penelitian yang membahas tentang khasiat temulawak juga sangat banyak. Hal ini dikarenakan temulawak memiliki banyak kandungan yang dapat berfungsi dalam menjaga kesehatan tubuh.

Temulawak merupakan tanaman yang sangat mudah untuk ditemukan. Hal ini dikarenakan temulawak dapat ditanam sendiri di pekarangan rumah. Biasanya masyarakat desa yang banyak menanam tanaman ini, bahkan sampai dibuat seperti pekarangan khusus temulawak. Sebab, masyarakat desa biasanya menggunakan tanaman ini untuk dijadikan jamu yang bisa dikonsumsi setiap hari.

Efek Samping Mengkonsumsi Temulawak


Temulawak memang dikenal memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh, namun tidak semua orang bisa mendapatkan manfaat tersebut. Hal ini dikarenakan temulawak memiliki efek samping yang dapat menyebabkan kesehatan seseorang semakin memburuk.

Kondisi kesehatan seseorang yang memburuk ketika mengkonsumsi temulawak adalah seseorang yang memiliki penyakit hati dan empedu. Hal ini disebabkan temulawak memiliki fungsi untuk meningkatkan produksi dari empedu. Jadi, apabila seseorang yang memiliki batu empedu mengkonsumsi temulawak maka kesehatannya akan semakin memburuk.

Kandungan dalam Temulawak


Perlu Anda ketahui mengenai kandungan yang ada di dalam temulawak. Temulawak tidak hanya memiliki satu kandungan saja, melainkan banyak kandungan. Setiap kandungan memiliki fungsi masing-masing di dalam tubuh. Berikut kandungan yang dimiliki temulawak beserta dengan fungsinya.

  1. Zat Besi, berfungsi untuk membawa elektron ke dalam proses pembentukan energi yang ada di sel.
  2. Protein, berfungsi mengatur cairan yang ada di dalam tubuh supaya tetap seimbang.
  3. Serat, berfungsi membantu pencernaan supaya tetap lancar.
  4. Natrium, berfungsi membantu dalam kerja saraf dan otot.
  5. Kalium, berfungsi menjaga kerja otot dan saraf dalam mengendalikan jantung supaya tetap berjalan dengan baik.
  6. Kurkumin, berfungsi untuk mencegah virus masuk dalam tubuh dan meningkatkan imun dalam tubuh.
  7. Magnesium, berfungsi menjaga tulang supaya tetap sehat dan berfungsi dengan baik.
  8. Karbohidrat, berfungsi sebagai sumber energi untuk tubuh.
  9. Lemak, berfungsi membantu dalam pembentukan hormon, membantu kerja otak dan saraf, membantu dalam pembentukan sel dan mengangkut beberapa vitamin.

Khasiat Temulawak Bagi Kesehatan Tubuh


Manfaat temulawak untuk kesehatan tubuh memang sudah dikenal sejak dulu. Banyak penyakit yang bisa diatasi hanya dengan mengkonsumsi temulawak. Sebab, temulawak memang memiliki banyak khasiat. Apa saja khasiat yang dimiliki temulawak, silakan simak informasi berikut.

1. Mencegah Penyakit Kanker

Salah satu penyakit berbahaya yang perlu diantisipasi adalah kanker. Penyakit yang sudah membunuh jutaan orang ini dapat dicegah pertumbuhannya dengan adanya zat antioksidan pada temulawak. Sehingga mengkonsumsi temulawak merupakan salah satu cara yang bisa menghentikan pertumbuhan dari kanker.

2. Mencegah Infeksi

Infeksi yang dimaksud disini adalah infeksi yang diakibatkan oleh adanya virus dan bakteri. Temulawak memiliki beberapa kandungan yaitu vitamin B16, vitamin c, vitamin e, zat besi dan potasium. Dengan kandungan inilah temulawak dianggap sebagai antivirus dan antibakteri yang dapat mencegah terjadinya infeksi.

3. Mengatasi Osteoarthritis

Osteoarthritis merupakan nama lain dari penyakit peradangan sendi. Penyakit ini biasanya muncul dengan adanya rasa sakit di bagian sendi. Salah satu cara yang dapat mencegah penyakit ini adalah dengan mengonsumsi temulawak. Berdasarkan penelitian temulawak memiliki khasiat seperti ibuprofen yang bisa mengatasi peradangan sendi.

4. Meningkatkan Stamina

Salah satu kandungan yang ada di dalam temulawak adalah tonikum. Tonikum merupakan kandungan yang dikenal memiliki manfaat untuk meningkatkan stamina. Dalam meningkatkan stamina memang tidak harus dengan bahan kimia melainkan bisa dengan bahan alami seperti temulawak.

5. Meningkatkan Nafsu Makan

Nafsu makan yang menurun biasanya dapat mempengaruhi kesehatan tubuh, bahkan bisa menyebabkan penyakit. Gangguan ini biasanya sering terjadi pada usia anak-anak, hal ini dikarenakan anak-anak masih pilih-pilih dalam makanan. Untuk meningkatkan nafsu makan anak, maka solusinya bisa dengan memberikan olahan dari temulawak seperti jamu.

6. Menjaga Kesehatan Liver

Liver merupakan salah satu penyakit yang cukup berbahaya karena bisa membahayakan nyawa seseorang. Penyakit ini muncul karena adanya gangguan pada hati sehingga hati tidak dapat berfungsi dengan baik. Temulawak merupakan salah satu tanaman yang dapat melindungi hati dari bahan kimia berbahaya. Sehingga dengan mengonsumsi temulawak, kesehatan hati dapat terjaga dengan baik.

7. Meningkatkan Imunitas Tubuh

Sistem kekebalan merupakan sistem yang memiliki fungsi penting dalam tubuh. Hal ini dikarenakan dengan adanya sistem kekebalan atau sistem imun tubuh dapat terhindar dari berbagai virus atau bakteri. Untuk meningkatkan sistem imun, salah satu solusinya yaitu dengan mengkonsumsi temulawak.

Berbagai macam manfaat temulawak untuk kesehatan tubuh memang tidak bisa ditolak lagi. Apalagi beberapa manfaat temulawak ditemukan berdasarkan adanya penelitian yang dilakukan oleh ahlinya. Jadi, saat ini tidak ada alasan untuk tidak mengkonsumsi temulawak yang kaya akan khasiat ini.

BACA JUGA!

8 Khasiat dan Manfaat Kunyit Asam yang Baik Bagi Tubuh