7 Manfaat Propolis Bagi Kesehatan Yang Harus Diketahui

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
7-Manfaat-Propolis-Bagi-Kesehatan-Yang-Harus-Diketahui-825x486[1]
Daftar Topik

Propolis merupakan getah yang dikumpulkan oleh lebah dari berbagai sumber seperti pohon atau getah. Biasanya, propolis digunakan oleh lebah untuk memperbaiki dan menutupi celah-selah pada sarangnya. Propolis merupakan senyawa lengket berwarna coklat-kehijauan yang dihasilkan lebah. Manfaat propolis banyak dipercaya sebagai obat herbla yang bisa menyembuhkan berbagai penyakit.

Apa Itu Propolis?

Propolis adalah salah satu hasil eksplorasi dari lebah. Sehingga sering disebut dengan Bee Propolis. Kata propolis berasal dari bahasa Yunani, yaitu Pro yang artinya sebelum dan polis yang artinya kota. Jika diartikan secara umum, Bee Propolis diartikan sebagai pelindung sarang Lebah dari ancaman yang datang dari luar sarang. Manfaat propolis bagi lebah adalah melindungi dari infeksi bakteri atau virus. lebah juga memanfaatkan propolis sebagai penambal sarangnya yang retak. Lebah sangat rentan terhadap infeksi bakteri atau virus karena lebah tidak mempunyai sistem kekbalan tubuh yang baik.

Fakta dan Kandungan Propolis

Lebah dimanfaatkan madunya karena mengandung beragam manfaat untuk kesehatan dan kecantikan. Bahkan, propolis mengandung lebih dari 300 senyawa kimia yaitu kandungan senyawa polifenol yang berfungsi sebagai antioksidan untuk mengatasi kerusakan dan penyakit di dalam tubuh. Salah satu senyawa yang ada di polifenol adalah flavonoid yang berfungsi sebagai antioksidan.

Tetapi, komposisi yang terkandung di dalam propolis tidak selalu sama di seluruh dunia. karena, kandungan yang terdapat di propolis ditentukan oleh lokasi lebah, jenis pohon dan tumbuhan di suatu Negara itu sendiri. Alasan inilah yang membuat para ahli kesulitan dalam menyimpulkan apa manfaat propolis bagi kesehatan.

Hati-hati Menggunakan Propolis

Meskipun banyak mengandung manfaat, propolis juga tidak disarankan untuk dikonsumsi karena beberapa alasan. Nah, bagi seseorang yang menderita asma sebaiknya berhati-hati dalam menggunakan propolis, karena beberapa ahli percaya bahwa sejumlah bahan kimia yang terkandung dalam propolis dapat memperparah asma. Begitu juga bagi Anda yang mempunyai alergi terhadap produk lebah, sangat disarankan untuk menghindari propolis.

Bagi Anda yang mempunyai penyakit atau gangguan peredaran, sebaiknya juga berhati-hati dalam menggunakan propolis. Karena senyawa yang ada dalam propolis bisa memperlambat proses pembekuan darah. Dan sangat tidak dianjurkan menggunakan propolis sekitar dua minggu sebelum tindakan operasi.

Dan sangat dianjurkan untuk menghindari pengunaan propolis bagi ibu hamil dan menyusui, karena keamanannya belum terbukti.

Seperti yang telah dijelaskan sebelum-sebelumnya, bahwa  propolis memang memang kemungkinan bisa mengatasi berbagai macam penyakit. Tetapi manfaat yang pasti masih membutuhkan penelitian yang lebih lanjut. Maka dari itu, sebaiknya konsultasikan dengan dokter sebelum mengonsumsi propolis, terutama jika Anda mempunyai kondisi kesehatan atau penyakit tertentu.

Bahan-bahan yang Terkandung dalam Propolis

Propolis kini menjadi salah satu bahan herbal yang terkenal aman dan mampu mengatasi berbagai jenis gangguan kesehatan. Bahan-bahan yang ada di dalam propolis memang sangat komplek yaitu sekitar 200 komponen yang teridentifikasi. Luar biasa bukan? Tetapi, secara garis besar propolis terdiri dari:

  • 50% Balsam (polifenol)
  • 30% Getah
  • 10% Minyak esensial
  • 5% Pollen
  • 5% Zat organik lain

Kandungan Polifenol yang tinggi di dalam propolis berkhasiat sebagai anti-bakteri, antivirus, anti peradangan, anti jamur, anti  oksidan, dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Manfaat Propolis bagi Kesehatan Manusia

Jika propolis dimanfaatkan lebah sebagai perlindungan dan kekebalan, propolis juga di manfaatkan oleh manusia untuk perlindungan dan kekebalan bagi tubuh. Manfaat itu, diantaranya:

  1. Bisa membantu  meningkatkan sistem kekebalan tubuh secara alami
  2. kandungan yang terdapat dalam polifenol membantu meningkatkan produksi serta aktifitas sel-sel imum.
  3. Beberapa penelitian sudah membuktikan bahwa anti oksidan yang tinggi dalam bee propolis bisa membantu melawan radikal bebas yang berbahaya bagi tubuh. Senyawa ini merupakan atom aktif dengan jumlah electron yang sifatnya tidak stabil, bisa terjadi secara alami dalam tubuh kita dan bisa jadi disebabkan karena faktor lingkungan seperti asap rokok atau polusi udara.
  4. Manfaat Propolis sebagai antimikroba sangat efektif melawan bakteri, virus, dan jamur yang sangat berbahaya bagi kesehatan tubuh kita.
  5. Kandungan pada Propolis Caffeic Acid Phenetyl Ester yaitu senyawa bisa menyembuhkan peradangan.
  6. Kemampuan propolis yaitu bisa menurunkan koleterol jahat dan triglisida, serta bisa meningkatkan kolesterol baik untuk menurunkan resiko timbulnya penyakit jantung.
  7. Propolis juga bisa menyembuhkan luka pada lambung. Karena propolis sebagai anti mikroba yang bisa menekan aktifitas bakteri penyebab luka lambung.

Demikian ulasan mengenai 7 manfaat propolis bagi kesehatan. Tetapi, tetap disarankan mengikuti saran dokter sebelum menggunakan propolis agar aman. Semoga artikel ini bermanfaat.

 

Putri
Putri
SEO Content "Wherever life plants you, bloom with grace."
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

ARTIKEL LAINNYA

PEMESANAN:

Beras Organik RICE ME UP