7 Manfaat Buah Pir Yang Wajib Diketahui

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Daftar Topik

Buah-buahan adalah makanan hail alam yang banyak disukai oleh orang, dan juga memiliki berbagai manfaat untuk tubuh. Selain sebagai makanan favorit, buah-buahan ada juga yang bisa bermanfaat untuk kesehatan dan kecantikan. Salah satu jenis buah yang memiliki banyak manfaat tetapi kurang dikenali manfaatnya oleh masyarakat adalah buah pir. Buah pir adalah buah yang bayak disukai dan sangat mudah dijumpai.

Buah pir memang banyak disukai oleh masyarakat karena buah ini menyegarkan dan memiliki rasa yang manis, sehingga menjadi buah favorit banyak orang. Terlebih lagi bila Anda mengonsumsi buah pir pada saat musim panas, pasti akan sangat menyegarkan, karena memang kandungan air pada buah pir tinggi sehingga memiliki efek mendinginkan badan. Selain kandungan air, buah pir juga memiliki kandungan serat yang tinggi, sehingga sangat baik untuk kesehatan.

Khasiat Buah Pir Bagi Kesehatan

Kandungan antioksida pada buah pir juga tinggi jadi juga sangat baik untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Karena buah pir memiliki berbagai kandungan yang sangat berguna dan bermanfaat bagi tubuh, maka akan lebih baik apabila Anda mengonsumsinya secara teratur. Hal ini bertujuan untuk menjaga kesehatan tubuh dan kecantikan. Berikut ini adalah 7 manfaat buah pir yang wajib diketahui.

Anti Radikal Bebas

Radikal bebas sangatlah berbahaya bagi tubuh, jadi Anda perlu banyak mengonsumsi makanan yang memiliki antioksidan tinggi, agar terbebas dari radikal bebas. Buah pir adalh pilihan yang tepat. Selain rasanya tang manis dan menyegarkan, buah pir mengandung tinggi antioksidan, vitamin C, vitamin K, tembaga, dan masih banyak lagi. Kandungan tersebut bisa mencegah masuknya radikal bebas ke dalam tubuh. Karena apabila dibiarkan, radikal bebas bisa menyebabkan terjadinya kanker pada tubuh. Untuk mencegah kanker, buah pir juga mengandung kandungan yang bisa mengikat sel-sel karsinogenik dan kemudian membuangnya dari dalam tubuh. Sehingga mencegah kanker usus besar, dan juga menurunkan resiko kanker payudara 34%.

Mencegah Osteoporosis

Osteoporosis adalah penyakt tulang karena kekurangan kalsium. Osteoporosis biasanya disebabkan oleh kurangnya mengonsumsi makanan yang memiliki kalsium tinggi dan tubuh jadi kekurangan kalsium. Akibatnya, kebutuhan kalsium dalam tubuh diambil dari tulang, sehingga menyebabkan pengeroposan tulang karena kekurangan kalsium. Sehingga untuk mencegah terjadinya osteoporosis baik baik yang muda ataupun yang tua, akan lebih baik apabila Anda menjaga pH tubuh dan mencukupi kebutuhan kalsium. Salah satunya adalah dengan mengonsumsi buah pir, karena pir mengandung boron, yang membantu penyerapan kalsium dalam tubuh.

Mencegah Kerusakan Kulit

Kandungan serat pada buah pir sangatlah baik untuk membantu merawat kecantikan kulit. Sehingga kulit akan terjaga menjadi lebih halus dan lembut. Serat dalam buah pir akan mengurangi terjadinya pembungaan gula dalam ke dalam aliran darah sehingga tidak merusak kolagen pada kulit. Karena semakin tinggi kadar gula dalam darah maka akan dapat merusak kesehatan dan kecantikan kulit. Selain itu, kandungan vitamin c, k, dan tembaga, akan melindungi sel-sel kulit dari kerusakan, sehingga tidak akan menimbulkan penuaan dini pada kulit.

Menutrisi Rambut

Selain kecantikan kulit, buah pir juga bermanfaat untuk kecantikan rambut. Karena kandungan alkohol gula alami berupa sorbitol, atau glusitol, serta vitamin c dan antioksidan. Sehingga akan memberi makan akar rambut dan menutrisi kulit kepala, jadi rambut akan semakin lembab dan sehat. Sehingga rambut tidak kering rusak dan patah-patah.

Mengurangi Minyak dan Jerawat pada Kulit

Buah pir memiliki kandungan vitamin dan mineral yang penting untuk kesehatan. Sehingga dengan mengonsumsi buah ini akan meningkatkan kekebalan tubuh dan menutrisi kulit dari luar maupun dalam. Sehingga kulit Anda akan terbebas dari gangguan berupa minyak dan jerawat. Untun cara pemakaiannya, cukup haluskan buah pir lalu campur dengan madu. Kemudian gunakan sebagai masker wajah. Untuk nutrisi dari dalam bisa dengan mengonsumsi buah pir secara teratur.

Anti Inflamasi dan Menjaga Kesehatan Organ Pernapasan

Karena buah pir memiliki sifat anti inflamasi, jadi buah ini akan sangat cocok untuk dikonsumsi oleh bayi. Jadi juga akan sehat untuk bayi tanpa menimbulkan alergi. Selain itu anti inflamasi juga dapa menyembuhkan peradangan seperti arthritis. Bagi Anda yang menderita sesak napas dianjurkan untuk mengonsumsi pir secara teratur.

Melancarkan Pencernaan

Kandungan serat yang tinggi pada buah pir akan melancarkan pencernaan Anda. sehingga Anda tidak akan mudah sembelit.

Itulah informasi mengenai 7 manfaat buah pir yang wajib diketahui. Kecil buahnya besar manfaatnya. (elevenia)

Putri
Putri
SEO Content "Wherever life plants you, bloom with grace."
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

ARTIKEL LAINNYA