7 Manfaat Bekam Bagi Kesehatan

Bekam merupakan salah satu cara pengobatan tradisional yang sudah dilakukan sejak jaman Nabi. Manfaat bekam untuk alternatif kesehatan sudah teruji sejak dahulu. Berbagai jenis penyakit bisa disembuhkan dengan cara bekam. Bekam sendiri memiliki beberapa jenis dan macam. Ada juga bekam populer yang sangat terkenal di daerah China, Korea serta beberapa negara di wilayah Asia Timur.

Di Indonesia, beberapa tahun terakhir banyak memakai bekam sebagai alternatif pengobatan. Hal itu lantaran banyaknya orang yang mulai mengurangi konsumsi obat kimia. Bekam terbagi menjadi dua jenis, pertama adalah bekam yang kering dan kedua bekam yang basah. Keduanya hampir sama namun berbeda pada triknya saja. Nah, Anda tentu penasaran bukan dengan berbagai manfaat bekam untuk kesehatan? Simak ulasannya di bawah ini.

Manfaat Bekam Untuk Kesehatan Tubuh :

Membantu Sembuhkan Sakit Kepala

Apabila kebetulan Anda mengalami sakit kepala yang ringan, migrant ataupun sakit kepala yang sedang, maka tidak ada salahnya mencoba pengobatan bekam. Bekam seringkali dilakukan pada bagian tubuh, yakni bahu atas, badan, bahkan kepala. Untuk bekam di bagian kepala, maka bagian yang akan dibekam memang harus dicukur. Dengan bekam, beberapa titik penting yang bisa menyebabkan sakit kepala akan dibekam. Nah, udara yang keluar ataupun darah kotornya akan mengurangi sakit kepala Anda. Dengan demikian, rasanya pun juga akan lebih ringan. Bekam ini memang sangat efektif atasi sakit kepala yang disebabkan karena masuk angin serta kelelahan.

Membantu Atasi Tubuh Yang Lelah

Selain menyembuhkan sakit kepala, bekam ternyata juga sangat ampuh untuk mengatasi badan yang lelah dan pegal-pegal. Bahkan, bekam mampu menyembuhkan berbagai hal yang membuat tubuh Anda terasa tidak nyaman, misalnya saja tubuh yang mengalami lelah, nyeri otot, nyeri dan pegal, leher yang kaku, sakit punggung, dan lain sebagainya. Aktifitas seseorang yang terlalu padat seringkali membuat seseorang kelelahan. Untuk ini Anda bisa menggunakan bekam kering atau bekam yang basah. Bekamnya akan membantu menarik udara dan darah kotor yang ada di dalam tubuh. Nah, dengan cara satu ini tentu akan membuat Anda merasa lebih nyaman dan juga sehat.

Membantu Mengeluarkan Racun dari Tubuh

Melalui makanan dan minuman yang dikonsumsi setiap hari, racun bisa masuk ke dalam tubuh. Bahkan, udara yang Anda hirup setiap hari juga berpotensi membawa racun di dalamnya. Racun tersebut bisa mempengaruhi metabolisme pada tubuh Anda. Nah, bekam menjadi salah satu alternatif yang bisa dilakukan untuk mengeluarkan racun-racun dalam tubuh tersebut. Di antara tanda bahwa seseorang memiliki banyak racun di dalam tubuhnya adalah banyaknya darah hitam yang keluar. Sebaiknya, bekam untuk mengeluarkan racun ini dilakukan secara rutin dan teratur agar lebih maksimal.

Membantu Menurunkan Berat Badan

Belum banyak yang mengetahui bahwa sesungguhnya bekam bermanfaat untuk menurunkan berat badan. Dalam hal ini, bekam kering lebih disarankan kepada Anda. Caranya adalah dengan pijatan yang lembut menggunakan cawan pada bagian tubuh tertentu yang mengandung banyak lemak. Melalui pori-pori tubuh, bekam akan membantu mengeluarkan seluruh jaringan lemak di dalamnya. Di samping itu, bekam juga sangat ampuh di dalam meningkatkan proses metabolisme sehingga bisa mengurangi proses terbentuknya lemak.

Melancarkan Pembuluh Darah

Selain beberapa yang telah disebutkan di atas, manfaat bekam selanjutnya bagi kesehatan adalah membantu lancarkan pembuluh darah. Pembuluh darah bertugas menyalurkan seluruh aliran darah ke tubuh. Sedangkan jantung adalah alat pompa darah yang amat penting di dalam tubuh. Terkadang, berbagai jenis makanan yang dikonsumsi menyebabkan pembuluh darah tidak bisa berjalan secara maksimal pada tubuh. Maka dari itu, bekam sangat ampuh di lakukan dalam rangka memperlancar pembuluh darah.

Atasi Tekanan Darah Tinggi

Bekam ternyata juga sangat ampuh dalam mengatasi tekanan darah tinggi. Tekanan darah tinggi sendiri adalah penyakit yang cukup rumit dan kompleks karena bisa memunculkan permasalahan atau penyakit yang lain di dalam tubuh. Nah, untuk mengatasi hal tersebut, Anda bisa melakukan bekam basah secara rutin dan teratur. Beberapa bekam yang dilakukan pada titik-titik tertentu bisa membuat tekanan darah Anda yang tinggi turun secara signifikan.

Membantu Mengendalikan Stress

Bekam ternyata juga bisa mengendalikan stress Anda. Stress merupakan salah satu fase dimana seseorang kurang nyaman dan tidak bisa berfikir secara jernih terhadap sesuatu. Faktor yang menyebabkan stress pun juga sangat beragam. Bisa karena masalah tertentu, pekerjaan, dan lain sebagainya. Sedangkan jika dibiarkan, stress bisa menyebabkan permasalahan yang lain seperti penyakit jantung dan sebagainya. Oleh karena itu, disarankan untuk Anda melakukan bekam supaya bisa terhindar dari stress.

Demikianlah uraian tentang 7 manfaat bekam bagi kesehatan yang akan Anda dapatkan. Dengan menggunakan bekam secara rutin, hasil yang didapatkan juga akan maksimal dan benar-benar ampuh atasi keluhan Anda. Semoga bermanfaat. (elevenia)