7 Makanan Khas Serang yang Wajib Kamu Cicipi

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Makanan-Khas-Serang[1]
Daftar Topik

Rasa-rasanya tidak afdal jika pergi ke suatu daerah untuk berwisata namun tidak mencicipi berbagai kuliner atau makanan khas dari daerah tersebut. Indonesia sendiri memang dikenal sebagai kawasan dengan beragam kuliner khas nya. Nah, salah satu daerah dengan tawaran wisata kuliner nya yang rekomended adalah Serang, Banten.

Serang, Banten cukup dikenal sebagai daerah penuh dengan makanan dan jajan khasnya. Maka dari itu banyak pecinta kuliner yang tak segan mampir ke Serang sekedar untuk mencoba kuliner di sana. Jika Kamu ke Serang sekedar mampir atau sengaja datang kesana, jangan kelewatan untuk mencicipi 7 makanan khas Serang ini:

Soto Banten


Pertama ditempati oleh soto khas Banten. Di Serang Kamu akan banyak menemui para penjual soto Banten. Soto Banten sendiri tidak jauh berbeda dengan soto lainnya, hanya saja ada tambahan buah tomat  dan kentang goreng yang membuat cita rasa sotonya lebih menyegarkan. Dan yang tak ketinggalan adalah potongan daging, jeroan serta tetelan yang khas dari makanan khas Serang.

Rabeg


Rabeg merupakan makanan khas Serang yang juga primadona nya kuliner di Banten. Jika berwisata ke Serang, sudah tentu rabeg menjadi salah satu yang paling banyak direkomendasikan untuk dicicipi. Kamu akan dinilai gagal berlibur jika belum melewatkan mencicipi makanan khas Serang yang satu ini. Rabeg dulunya merupakan makanan khas yang dikhususkan untuk para Sultan. Namun, saat ini masyarakat umum pun bisa menikmatinya.

Rabeg sendiri merupakan kuliner khas berbahan jeroan dan daging. Umumnya di Banten, khususnya Serang biasanya menggunakan jeroan dan daging Kambing. Rabeg hampir serupa dengan krengsengan bedanya rabeg memiliki citarasa pedas manis sekaligus gurih dengan sedikit kuah atau nyemek.

Nasi Sumsum


Sudah tidak asing lagi jika makanan khas Serang kebanyakan berbahan olahan sapi atau kerbau. Tidak hanya jeroan dan dagingnya saja, tulang sumsum sapi atau kerbau juga dijadikan sebagai bahan dasar masakan khas Serang, yakni nasi sumsum. Nasi sumsum juga menjadi salah satu primadona kuliner yang amat sayang dilewatkan untuk dicoba selagi berada di Serang.

Nasi sumsum merupakan perpaduan nasi, rempah dengan sumsum tulang sapi atau kerbau yang dibungkus dengan daun pisang. Perpaduan rempah dan sumsum inilah yang kemudian menciptakan citarasa dan aroma yang khas. Nasi sumsum umumnya dimakan bersamaan dengan sate lidah kerbau yang sebelumnya telah dibakar.

Nasi Uduk


Tak jarang orang mengenal nasi uduk merupakan nasi khas Jakarta. Kendati begitu, di Serang nasi uduk juga merupakan salah satu makanan khas nya. Apa perbedaan nasi uduk Serang dengan lainnya? Nasi uduk Serang dibumbui lebih lengkap. Jangan lupakan toping pelengkapnya yang lebih banyak variannya.

Pecak Bandeng


Jika bosan dengan olahan daging, Kamu bisa bergeser dengan mencicipi kuliner khas olahan dari Bandeng. Serang yang melingkupi daerah pesisir dan tersedianya tambak tidak mengherankan jika Kamu nantinya akan menemui menu ikan dan lainnya, terutama bandeng. Olahan bandeng yang satu ini cukup banyak diminati.

Pecak bandeng adalah bandeng yang dibakar dengan paduan berbagai sambel sebagai kunci citarasanya. Sambal paling umum adalah sambal kecap dengan potongan bawang merah dan perasan jeruk limau. Namun, saat ini terdapat varian baru untuk sambalnya yakni sambal tomat dan sambal cabe merah. Nikmat sekali dimakan bersama sepiring nasi hangat ditambah kerupuk.

Angeun Lada


Makanan khas Serang berikutnya adalah Angeun Lada yang hampir serupa dengan lontong sayur khas Jawa Timuran. Bedanya makanan ini sajian lontong atau ketupat yang diberi kuah khas pedas. Dalam penyajiannya biasanya terdapat olahan jeroan dan daging sapi berbumbu pedas ditambah dengan taburan bawang goreng dengan kerupuk udang. Yang khas dari masakan ini adalah rempah utamanya adalah daun walang.

Gerem Asem


Kuliner yang satu ini cukup jarang ditemui, namun merupakan yang paling banyak dicari oleh para wisatawan jika ke Serang. Gerem asem merupakan olahan dari daging ayam atau bebek yang dimasak dengan rempah dan cabe rawit. Yang khas dari olahan ini adalah tambahan asam cempaluk atau tamarin. Sekali mencicipi nya, Kamu kemungkinan akan dibuat ketagihan apalagi sensasi nikmat di lidah jika dimakan bersamaan dengan nasi hangat.

Nah, itulah tadi 7 makanan khas Serang yang wajib Kamu cicipi jika tengah bertandang ke sana. Berwisata tak afdal rasanya jika belum menikmati kuliner khasnya, jadi jangan lewatkan untuk mencicipi berbagai kulinernya.

Putri
Putri
SEO Content "Wherever life plants you, bloom with grace."
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

ARTIKEL LAINNYA