7 Makanan Khas Kupang Termaknyus

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
makanan-khas-ntt-kolo[1]
Daftar Topik

Kupang merupakan salah satu kota sekaligus ibukota yang terletak di Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT). Kupang dikenal karena memiliki keindahan alamnya yang memukau terutama keindahan bahari dan pantai. Salah satu tempat wisata terkenal di Kupang yaitu Pantai Lasiana yang terdapat Pohon Lontar seperti di California dan Goa Kristal yang memiliki aliran air sebening kristal. Tahukah kamu jika ada hal lain yang juga dikenal lagi dari Kupang?

Kupang juga dikenal dengan makanan khasnya yang beragam dan unik yang harus kamu cicipi. Mulai dari jajanan atau makanan ringan hingga makanan yang berat dan mengenyangkan. Banyak makanan tradisional khas Kupang yang hanya ditemui di Kupang saja. Penasaran? Yuk, baca ulasan berikut 7 makanan khas Kupang yang wajib kamu cicipi:

Kolo

Kolo merupakan salah satu makanan khas Kupang yang harus kamu cicipi. Makanan ini berasal dari olahan beras yang dimasak dengan batang bambu sehingga berbentuk tabung memanjang. Kolo juga bisa disebut nasi bakar atau nasi bambu yang biasanya dinikmati bersama dengan aneka lauk mulai dari daging hingga sayuran.

Kolo biasanya disajikan pada saat acara Adat Penti yang merupakan syukuran masyarakat Kupang menyambut musim panen. Rasa Kolo seperti ketupat dengan tekstur yang lembut namun berbentuk panjang dan dibungkus dengan daun. Rasanya khas dengan bau sedap dari bambu dan pembakaran saat proses pembakaran.

Se’i

Makanan ini merupakan makanan yang harus dicicipi wisatawan yang berkunjung ke Kupang. Sei adalah daging asap yang diiris tipis dan memanjang, daging yang digunakan pun bermacam-macam bisa daging sapi, babi, atau ikan. Tak jarang wisatawan yang berkunjung ke Kupang menjadikan Sei sebagai buah tangan dari Kupang yang sering dibawa pulang.

Jagung Bose

Makanan khas berasal dari kupang ini berasal dari jagung yang diolah sebagai bahan utamanya. Jagung Bose merupakan makanan pengganti nasi yang terbuat dari jagung putih yang dilunakkan,kacang merah, kacang tanah, dan santan yang menghasilkan rasa gurih. Hidangan ini bisa disajikan dengan Se’i atau dengan tuna goreng.

Karena seperti nasi, jagung bose bisa disajikan dengan jenis lauk apapun atau ditambah sambal bagi yang suka pedas. Salah satu sambal yang rasanya nendang dilidah yaitu sambel Lu’at yang terbuat dari campuran cabai, daun kemangi, daun siba, dan jeruk nipis. Makanan ini harus kamu rasakan ketika berkunjung ke ibukota NTT, Kupang.

Kena Kita

“Upps, kena deh” adalah slogan yang diingat jika mengetahui makanan kha dari Kupang yang satu ini, namanya Kena Kita. Kena kita merupakan bubur yang terbuat dari olah ubi serta kacang-kacangan. Biasanya kena kita dihidangkan dengan tambahan parutan kelapa serta cabai rawit menambah nikmat dan sensasi pedas.

Baca Juga: 7 WISATA DI KUPANG PALING INDAH

Muku Loto

Muku Loto berasal dari pisang muda yang diolah bersama daging baik daging sapi, kerbau, maupun babi. Pisang atau muku yang masih muda dikupas kulit hijaunya dan menyisakan kuli bagian dalam yang melekat pada daging buah yang akan mengental saat diolah. Warna makanan ini putih keabu-abuan yang memiliki rasa tidak pernah ditemui di daerah lain.

Muku Loto memiliki makna yaitu pisang hancur karena pengolahannya pisang muda yang dihancurkan dan dimasak bersama dengan daging sapi, kerbau, atau babi. Masyarakat Kupang menjadikan Muku loto sebagai menu sayur dan sangat disayangkan jika kamu tidak mencicipi makanan ini saat berkunjung ke Kupang.

Jagung Cetemak

Sesuai dengan namanya, makanan khas yang berasal dari Kupang ini berbahan dasar jagung. Makanan ini merupakan makanan penutup tapi tidak memiliki rasa manis melainkan asin yang berbeda dengan makanan penutup lain yang cenderung manis. Jagung cetemak dengan bahan dasar jagung yang diolah bersama labu lilin dan kacang hijau.

Lawar Ikan Sardin

Menu khas Kupang ini memiliki rasa yang lengkap yaitu pedas, asin, dan masam serta paling digemari wisatawan yang berkunjung ke Kupang. Terbuat dari ikan sarden halus yang sudah dibersihkan kemudian diberi cuka, cabe, daun badang, dan bawang merah yang semakin menambah sedap. Meskipun tidak dimasak, rasanya tidak amis dan membuatmu ketagihan.

Itulah 7 makan khas Kupang yang wajib dicoba ketika berkunjung ke ibukota NTT ini. masih banyak lagi makanan khas dengan rasa yang unik yang berasal dari daerah yang dikenal dengan keindahan alamnya ini. kamu bisa menjadikan 7 menu khas diatas sebagai referensi berburu kuliner di Kupang.

Jihan Ariya
Jihan Ariya
Honestly gak gitu lincah dalam menulis sih, tapi tak apa, yang penting heppy :D
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

ARTIKEL LAINNYA

PEMESANAN:

Beras Organik RICE ME UP