7 Kerja Sama ASEAN di Bidang Ekonomi

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Daftar Topik

ASEAN merupakan organisasi yang dibentuk oleh hampir seluruh negara yang berada dalam kawasan Asia Tenggara. Indonesia menjadi salah satu negara yang turut serta dalam pembangunan organisasi ini dengan mengirimkan berbagai wakilnya. ASEAN didirikan sebagai sarana untuk membangun kerja sama. Berikut adalah beberapa kerja sama yang dilakukan ASEAN dalam bidang ekonomi.

ASEAN Membangun Pusat yang Digunakan Sebagai Promosi ASEAN


Para negara yang berada dalam ASEAN atau termasuk ke dalam anggotanya memiliki cara yang mampu digunakan untuk mendongkrak perekonomian setiap negara. Salah satunya dengan melakukan promosi. Promosi tersebut merupakan untuk menjadikan ASEAN lebih populer dari sebelumnya. Meskipun sebenarnya ASEAN telah dikenal oleh seluruh negara bahkan telah popular di kalangan PBB.

Tetap saja ASEAN harus terus melakukan promosi. Promosi yang dimaksud disini adalah berada dalam bidang dan juga sektor tertentu. Seperti sektor perdagangan hingga pariwisata. Begitu pula terhadap ekspor dan impor yang dilakukan oleh negara-negara yang turut bergabung pada ASEAN dan juga negara yang berada diluar organisasi ASEAN.

Kemudian ASEAN juga memiliki tujuan untuk menarik perhatian para investor. Seperti investor yang berasal dari Jepang dan masih banyak lagi.

ASEAN terus Berusaha untuk Melakukan Penyediaan Pangan


Banyak negara yang tergabung dalam ASEAN dan memiliki kekayaan alam bahan pokok yang berlimpah. Hal tersebut menjadikan negara tersebut sebagai pemasok kebutuhan pangan pada negara lain yang tidak memiliki komoditi pangan cukup. Hal tersebut berhubungan dengan kegiatan ekspor dan juga impor. Bahkan perlu diketahui bahwa ASEAN sendiri bukan hanya bekerja sama terhadap hal-hal yang saling menguntungkan.

Tetapi juga pada hal-hal yang darurat. Seperti misalnya saja terdapat suatu negara yang sedang dilanda musibah dan sebagainya. Maka sudah pasti para negara tetangga yang tergabung dalam ASEAN akan berusaha memberikan bantuan pangan. Hal tersebut merupakan bentuk dari kesolidaritasan dari suatu negara.

ASEAN Memiliki Kerjasama yang Berkaitan dengan Bidang Industri


ASEAN juga turut memperhatikan terkait dengan kelangsungan ekonomi dalam bidang industri. Hal tersebut digunakan untuk turut memberikan kesejahteraan pada negara yang tergabung dalam anggota ASEAN. Seluruh negara turut bekerja sama dalam menyelenggarakan suatu proyek yang merujuk pada bidang industri.  ASEAN turut mengembangkan suatu industri tersebut guna kemakmuran seluruh negara yang turut tergabung di dalamnya. Dengan demikian bisa dibilang bahwa negara anggota ASEAN selalu memikirkan hajat negara lain yang turut bergabung dalam ASEAN.

ASEAN Menyelenggarakan Suatu Perdagangan Bebas atau AFTA


Penyelenggaraan perdagangan bebas merupakan ide yang telah disetujui oleh seluruh anggota negara ASEAN. Karena dengan adanya perdagangan bebas maka secara langsung akan memberikan ASEAN kesempatan untuk terus bersaing dengan sistem perdagangan yang ada di dunia.

Dengan demikian maka sistem perdagangan yang ada di ASEAN tidak akan kalah saing dengan yang ada di dunia. Bahkan dengan adanya perdagangan bebas, maka akan terdapat banyak investasi yang diperoleh dari negara lain yang tidak termasuk dalam keanggotaan ASEAN. Hal tersebut tentu saja memberikan keuntungan tersendiri bagi ASEAN.

ASEAN Mengadakan Suatu Koperasi


Kerja sama ASEAN dalam bidang ekonomi salah satunya yaitu koperasi. Pada saat pembentukan koperasi, ASEAN memiliki tujuan untuk meningkatkan kesejahteraan bagi seluruh negara yang terdapat dalam ASEAN. Kerjasama dalam bidang koperasi ini memang digunakan sebagai penopang ekonomi seluruh negara yang berada dalam kawasan Asia Tenggara.

Kerjasama ASEAN dalam MEA


MEA sendiri merupakan singkatan dari masyarakat ekonomi ASEAN. Setiap negara yang tergabung dalam ASEAN juga ingin melakukan hal yang sama dalam rangka memajukan perekonomian ASEAN. Salah satunya yaitu dengan cara mengadakan MEA. MEA sendiri bukan hanya kerja sama yang terbentuk antar negara yang ada dalam negara ASEAN.

Tetapi juga membentuk suatu kerjasama yang mampu meningkatkan integrasi antar negara yang berada di luar ASEAN. Dengan demikian, ASEAN bisa menjadi organisasi yang berdaya saing tinggi dengan negara yang berada diluar ASEAN.

Kerjasama ASEAN dengan Negara Luar


Salah satu kerja sama ASEAN di bidang ekonomi adalah dengan cara menyelenggarakan suatu kerja sama dengan negara luar. Hal tersebut akan memperbaiki pasar yang ada pada ASEAN. Serta turut memberikan kesempatan pada negara yang tergabung dalam ASEAN untuk meningkatkan kemampuan kerja sama dan juga daya saing.

Sebagai warga negara seharusnya mengetahui kerja sama ASEAN di bidang ekonomi yang mampu memperbaiki perekonomian negara. ASEAN turut mengembangkan kerjasama dalam bidang ekonomi sebagai bentuk usaha untuk memperkuat perekonomian untuk negara-negara yang tergabung dalam ASEAN.

Memperluas jangkauan pasar hingga memberikan kesempatan untuk negara berkembang yang tergabung dalam ASEAN untuk tetap memiliki daya saing yang tidak terkalahkan dalam dunia luar. Dengan demikian setiap kerjasama yang dilakukan oleh ASEAN akan memberikan dampak yang baik untuk negara anggota.

BACA JUGA!

7 Contoh Akulturasi dan Asimilasi dalam Kehidupan

Putri
Putri
SEO Content "Wherever life plants you, bloom with grace."

BAGIKAN:

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp

ARTIKEL LAINNYA