7 Kerajinan Bahan Keras yang Keren

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
10620-Kerajinan dari Bahan Rotan
Daftar Topik

Kerajinan dari bahan keras merupakan sebuah kerajinan yang bahan bakunya berasal dari  bahan alami.  Sebut saja seperti dari bahan kayu, rotan, bambu, batu, tulang, kerang, biji-bijian, pasir dan bahan keras buatan. Untuk bahan keras buatan itu adalah kerajinan yang bahan bakunya sudah diolah, dan bahan ini nantinya akan diolah lagi agar menjadi keras dan selanjutnya bisa kembali digunakan untuk  menghasilkan kerajinan tangan. Seperti misalnya kaca, kalung, logam, timah, semen, kawat dan besi.

Nah buat kamu yang ingin tahu bagaimana teknik dalam membuat kerajinan dari bahan keras  dan hasil kerajinan apa saja yang terbuat dari bahan keras ini, simak ulasan di bawah ini.

Teknik dalam Membuat Kerajinan dari Bahan Keras

Jadi dalam menghasilkan kerajinan dari bahan keras ini diperlukan teknik- teknik agar hasilnya sangat bagus. Adapun teknik dari pembuatan kerajinan tangan ini adalah sebagai berikut.

1.  Teknik Cor

Teknik ini sudah tidak asing lagi karena sudah mulai digunakan saat zaman dahulu ketika mulai muncul bahan seperti perunggu, kapak dan lainnya. Dalam teknik cor ada tiga jenis teknik yaitu

  • Teknik tuang berulang
  • Teknik tuang sekali pakai
  • Teknik etsa

2. Teknik Ukir

Seperti halnya teknik cor pada teknik ukir pun dibagi menjadi beberapa teknik yaitu

  • Teknik bubut
  • Teknik ukir tekan
  • Teknik anyam

Hasil dari Kerajinan Tangan yang Keren

1. Kerajinan dari Logam

Logam mempunyai sifat yang sangat keras yang menyebabkan dalam mengolahnya dibutuhkan teknik yang bisa dikatakan rumit karena harus ada tahapan pemanasan atau pembakaran. Bahan logam yang biasanya digunakan adalah besi, perunggu, perak, emas dan masih banyak lagi, teknik yang digunakan yaitu dapat menggunakan cor atau ukir. Dan hasil dari kerajinan tangan bahan logam ini sering digunakan untuk aksesoris atau perhiasan, serta juga menghasilkan wadah, gelas dan bahkan dijadikan sebagai simbol kejuaraan dalam perlombaan.

2. Kerajinan dari Bahan Kayu

Kayu merupakan bahan yang sering digunakan untuk  menghasilkan sebuah  kerajinan tangan dengan menggunakan teknik ukir.  Bahan yang biasanya dibuat adalah kayu jati, kayu waru, kayu mahoni, kayu mangga dan banyak yang lainnya. Hasil dari kerajinan tangan dari bahan kayu ini biasanya berupa benda-benda seperti pintu, lemari, meja dan banyak lagi. Namun, sekarang juga bisa digunakan untuk benda hias dan pernak- pernik yang lain.

3. Kerajinan dari Bahan Bambu

Teknik ini sudah sering digunakan untuk menghasilkan kerajinan tangan yang sangat memiliki nilai fungsi. Teknik yang digunakan dalam menghasilkan kerajinan tangan yang berasal dari bambu adalah teknik anyam dan teknik tempel. Hasil dari kerajinan tangan ini bisa berupa kebutuhan alat rumah tangga serta hiasan lainnya.

4. Kerajinan dari Bahan Rotan

Kerajinan tangan dari bahan rotan ini memiliki kualitas nilai yang sangat bagus dan memiliki fungsi. Seperti pada hasil kerajinan tangan dari kayu, dari bahan rotan pun juga dapat dibuat untuk meja, kursi, lemari, dan masih banyak lagi. Dan biasanya teknik yang digunakan dalam pembuatan kerajinan tangan berbahan rotan ini adalah teknik anyaman.

5. Kerajinan dari Bahan Batu

Disamping kayu dan rotan yang dapat kamu temukan di alam yaitu bebatuan. Kamu bisa menemukannya berbagai macam batu unik di  Kalimantan. Hasil kerajinan tangan dari batu ini biasanya menggunakan teknik pahat dan teknik ukir.  Biasanya fungsi dari kerajinan tangan berbahan dasar ini adalah digunakan untuk hiasan interior serta eksterior. Selain itu hasil dari kerajinan ini juga dapat digunakan untuk pembuatan aksesoris dalam busana ataupun benda yang lain.

6. Kerajinan dari Bahan Kaca Serat

Kaca serta ini adalah kaca cair yang telah diolah sehingga menjadi bentuk yang tipis seperti serat. Kemudian serat ini dapat diolah menjadi benang dan bahan tenun yang menghasilkan kain. Ada juga yang serat tipis tadi diolah kembali hingga menghasilkan bahan yang lebih kuat dan dapat bertahan jika ada korosi. dalam kerajinan tangan dari bahan kaca ini juga dibutuhkan campuran seperti cairan resin, katalis, talk dan masih banyak lagi.

7. Kerajinan dari Bahan Kaleng

Bahan kaleng merupakan bahan keras buatan. Dimana bahan keras yang sudah diolah namun dapat diolah lagi menjadi barang yang bermanfaat. Selain itu dengan memanfaatkan bahan dari kaleng juga dapat mengurangi terjadinya pencemaran lingkungan.  Bahan dari kaleng mampu menghasilkan sebuah kerajinan tangan yang memiliki nilai jual berupa tempat lilin, alat lukis, panggangan mini, ornamen lampu lilin, lonceng angina, tempat sendok garpu, kompor mini,  jam klasik, kap lampu dan masih banyak lagi.

Nah itulah sedikit penjelasan tentang kerajinan tangan dari bahan keras yang bisa kami bagikan. Bagaimana? sangat menarik dan banyak bukan barang-barang yang dihasilkan dari bahan keras?  Semoga apa yang kami bagikan dapat memberikan informasi untuk kamu yang membutuhkan.

BACA JUGA!

Berikut Ide Bisnis dan Tips Kerajinan Tangan

wiyana
wiyana
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

ARTIKEL LAINNYA