7 Kepentingan Menjaga Alam Sekitar dalam Kehidupan Manusia

0

Menjaga alam sekitar sangat penting bagi kehidupan manusia. Kepentingan alam sekitar dapat kita tanamkan sejak kecil. Karena pada dasarmya, manusia diciptakan tujuannya untuk menjaga bumi dan seisinya termasuk menjaga lingkungan alam sekitar. Lingkungan adalah sebuah tempat tinggal untuk semua makhluk yang berada di bumi. Di muka bumi ini terdapat berbagai macam keanekaragaman hayati, dimana itu kita harus menjaganya agar tidak punah dan mengalami kerusakan. Biasanya kerusakan itu disebabkan oleh ulah tangan manusia itu sendiri.  Maka dari itu sudah menjadi kepentingan menjaga alam sekitar buat kita.

Kepentingan menjaga alam sekitar dalam kehidupan manusia itu memang sangat dibutuhkan. Karena hanya manusialah yang dapat memperbaiki jika terjadi kerusakan alam sekitar. Dan kita sebagai makhluk hidup yang memiliki kesempurnaan, dengan diberikannya kekayaan alam yang sangat melimpah. Maka kita harus mengucapkan rasa terima kasih kepada tuhan yang memberikan semua ini. Rasa terima kasih ini dapat kita wujudkan dengan menjaga dan melestarikan berbagai macam kekayaan alam yang sangat melimpah ini dengan tidak merusak maupun memusnahkan nya.

Berikut akan kami berikan secara singkat tentang  7 kepentingan menjaga alam sekitar  dalam kehidupan manusia.

Pentingnya Menjaga Alam Sekitar dalam Kehidupan

1. Udara di bumi menjadi bersih


Jika udara bersih, maka manusia  akan menjadi sehat. Dengan dijaganya udara di muka bumi ini agar menjadi bersih  maka manusia bisa bernafas dengan menggunakan udara yang sehat. Maka dari itu, menjaga udara agar tetap bersih sudah menjadi kepentingan bagi manusia yang tinggal dimuka bumi.

2. Tidak akan ada krisis air bersih


Iya jika kita selalu menjaga sumber mata air agar tetap bersih semisal tidak mencemarinya maka tidak akan ada lagi yang namanya krisis air bersih. Air adalah sumber daya alam yang penting  bagi keberlangsungan hidup manusia.  Karena jika tidak ada air maka manusia tidak akan bisa berlangsung hidup.selain itu, air juga digunakan untuk manusia dalam memenuhi kebutuhan hidup seperti minum, memasak, mencuci, mandi dan lain sebagainya. Maka dari sangat penting bagi manusia agar selalu menjaga air agar tetap bersih tanpa tercemar.

3. Melindungi hewan yang terancam punah


Iya dengan kita menjaga alam sekitar  maka kita bisa melindungi hewan – hewan yang terancam punah dari para pemburu  – pemburu liar. Dengan melindungi hewan hewan yang terancam punah, maka kita sudah bisa memberi kesempatan bagi generasi  mendatang untuk bisa melihat hewan yang asli bukan hanya gambar atau patung saja.

4. Berubahnya iklim dan suhu tidak secara ekstrim


Menjaga alam sekitar kan sangat mempengaruhi pada adanya global warming. Dimana global warming ini disebabkan karena di bumi  ada lapisan udara yang kotor yang menyebabkan pemantulan kembali panas ke dalam bumi yang mengakibatkan iklim dan suhu yang ada di bumi berubah secara ekstrim. Maka dari itu sudah menjadi kepentingan bagi kita untuk menjaga udara agar tetap bersih supaya dapat mengurangi adanya efek rumah kaca.

5. Generasi mendatang akan memperoleh warisan bumi yang sehat


Sudah menjadi kewajiban kita untuk memberi warisan bumi yang sehat dan bersih pada generasi yang akan mendatang karena dengan kita jaga alam sekitar ini agar tetap sehat maka akan membuat generasi mendatang menjalani hidup dengan sehat.

6. Menjaga manusia dari kepunahan


Bumi merupakan tempat tinggal satu – satunya bagi manusia. Jika kita tidak menjaganya maka bumi bisa mengalami kerusakan dan pastinya semua makhluk hidup yang tinggal di bumi akan mengalami kepunahan. Manusia lama kelamaan akan habis karena hanya dibumilah yang menyediakan oksigen bagi manusia untuk bernafas sehingga dengan begitu sudah menjadi kepentingan kita agar tetap menjaga alam bumi ini.

7. Mengatasi kerusakan yang terjadi di bumi


Menjaga bumi merupakan kewajiban bagi kita . karena hanya  kita yang bisa merusak bumi dan juga dapat memperbaikinya kembali.

Nah itulah 7 kepentingan menjaga  alam sekitar dalam kehidupan manusia yang bisa kami jelaskan. Semoga dengan penjelasan singkat diatas mampu menumbuhkan kesadaran bagi manusia agar tetap menjaga alam sekitar demi untuk keberlangsungan hidup semua makhluk yang ada di bumi. Dan semoga manusia yang sering merusak alam segera menyadari agar tidak merusaknya kembali karena akan sangat merugikan banyak orang.

BACA JUGA!

Cara Membuat Sabun Homemade yang Ramah Lingkungan

Update Terbaru elevenia:

Kenalan sama eMart: