7 Jenis Pondasi Rumah yang Bagus dan Kokoh

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
9720 Pondasi Rumahcom
Daftar Topik

Jenis Pondasi Rumah yang Bagus dan Kokoh – Semegah apapun rumah yang berdiri, pastinya tidak terlepas dari pondasi, karena pondasi rumah merupakan bagian dari konstruksi bangunan. Pondasi pada sebuah rumah berfungsi untuk menahan berat beban bagian rumah, sehingga pondasi rumah memiliki peran yang sangat vital.  Itulah kenapa penting sekali untuk memilih jenis pondasi rumah yang bagus dan kokoh.

Bangunan bisa bertahan lama dan kuat tergantung dari pondasi yang digunakan. Bahkan jika pondasi rumah yang digunakan sangat kuat dan kokoh, kuat untuk menghadapi bencana alam seperti gempa. Mungkin bagi orang yang sudah lama bergelut di dunia bangunan, pastinya sudah paham apa saja tipe pondasi rumah yang bagus dan kokoh. Secara umum, ada dua jenis pondasi rumah, yaitu pondasi dangkal dan pondasi dalam. Pastinya setiap pondasi rumah memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Nah, untuk mengetahui lebih jelasnya mengenai jenis pondasi rumah, simak ulasan berikut ini.

Jenis Pondasi Rumah yang Bagus dan Kokoh

1. Pondasi Rumah Tapak


9720 Tapak Teknik Kece
Source: Teknik Kece

Pondasi rumah yang pertama yaitu tapak terbuat dari beton yang bertulang, biasanya beton rumah ini diletakkan tepat di bawah kolom. Bagi Anda yang ingin membangun rumah yang tinggi dan berdiri di tanah yang lembek, jenis pondasi rumah ini sangat cocok untuk dipilih, karena tiang dan kedalaman pondasi sampai pada tanah keras.

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa setiap tipe pondasi rumah memiliki kelebihan masing-masing. Sebatang telah dijelaskan sebelumnya bahwa pondasi rumah tapak memiliki kelebihan yaitu harganya yang lebih murah, selain itu galian tanah yang dilakukan juga lebih sedikit. pondasi rumah ini cocok digunakan untuk bangunan yang bertingkat.

2. Pondasi Rumah Plat Beton Lajur


9720 Pondasi Rumah Plat Beton Lajur Teori Xx
Source: teori xx

Jika luas penampang untuk menggunakan pondasi pelat setempat terlalu besar, maka yang satu ini rumah ini cocok digunakan, sehingga untuk menggunakan penampang tersebut harus dibagi dengan cara memanjangkan lajur.

kelebihan yang bisa anda dapatkan jika menggunakan pondasi rumah ini yaitu harganya yang relatif murah, tetapi penggunaannya pada bangunan bertingkat lebih handal. pondasi rumah ini bisa digunakan untuk menopang beban vertikal maupun horizontal. Sehingga bisa terhindar dari gempa bumi, angin maupun ledakan.

3. Jenis Pondasi Rumah Tikar


9720 Tikar Pondasi Quora
Source: Quora

Pondasi rumah ini cocok sekali digunakan untuk menyebarkan beban dari struktur atas yang lebih luas, biasanya pondasi rumah ini dilakukan pada kondisi beban struktural yang berdekatan dengan pondasi rumah.

Kelebihan dari pondasi rumah tikar ini yaitu Anda diberikan kemudahan dalam memasangnya, caranya yaitu dengan plat beton sehingga bisa mengimbangi gerakan yang berbeda dari posisi beban. Pondasi rumah ini sangat cocok digunakan pada area tanah yang lunak.

4. Pondasi Rumah Sumuran


9720 Sumuran Dark Specialists D's Note
Source: Dark Specialist D’s Note

Pondasi rumah sumuran menggunakan komponen bahan bangunan beton dan batu. Pondasi rumah ini banyak digunakan karena termasuk tipe pondasi yang digali pada tanah dengan diameter 60-80 cm. Penggaliannya ini hampir sama seperti menggali sumur. Keunggulan yang bisa Anda dapatkan jika menggunakan jenis pondasi rumah ini yaitu tidak perlu adanya transportasi untuk mengangkut tiang pancang, sekalipun jika lokasi pembangunan jauh.

5. Pondasi Strauss Pile


9720 Strauss Pile CV Mitra Pondasi
Source: CV Mitra Pondasi

Jika Anda mencari jenis pondasi rumah dalam kategori dangkal, pondasi ini bisa menjadi pilihan terbaiknya dan cocok sekali untuk desain rumah tinggal yang memiliki bentang antar kolom tidak panjang, karena termasuk  pondasi yang bebannya tidak terlalu berat. kelebihan dari tipe pondasi rumah ini yaitu memiliki volume beton yang tidak banyak

6. Pondasi Rumah Rakit


9720 Rakit Kontak
Source: Kontak

Jenis pondasi rumah yang selanjutnya yaitu rakit, yang mana jenis pondasi ini menggunakan aplikasi pelat beton besar yang berfungsi untuk pengantar permukaan dari satu atau lebih kolom dalam beberapa jalur.

Jika Anda ingin membangun rumah di area tanah yang lunak, rakit menjadi rekomendasi  pondasi rumah yang tepat. Karena pondasi rakit rumah ini memiliki jarak kolom yang sangat dekat dengan semua arah, bahkan jika menggunakan telapak, sisinya akan saling berhimpit antara satu dengan yang lainnya sehingga memudahkan untuk memasangnya.

7. Jenis Pondasi Rumah Umpak


9720 Umpak Jago Bangunan
Source: Jago Bangunan

Pondasi rumah yang terakhir yaitu umpak, yang cocok sekali diletakkan di atas tanah yang keras. Yang satu ini termasuk pondasi dangkal, sehingga dalam penggunaannya di topang oleh pondasi batu kali.  Kelebihan yang bisa Anda dapatkan jika menggunakan pondasi rumah ini yaitu membuat bangunan bisa menyesuaikan dengan gerakan di dalam permukaan tanah, karena membentuk struktur yang sudah lunak. Dengan menggunakan pondasi ini tidak membuat tiang bangunan mudah retak.

Setelah mengetahui 7 jenis pondasi rumah yang bagus dan kokoh ini, jika Anda berencana untuk membangun rumah bisa memilih pondasi rumah yang tepat. Dari beberapa tipe pondasi rumah tersebut, Anda bisa memilih salah satu yang sesuai dengan area bangunan.

BACA JUGA!

Ingin Membuat Desain Rumah Gratis? Aplikasi ini Bisa Kamu Coba!

Putri
Putri
SEO Content "Wherever life plants you, bloom with grace."
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

ARTIKEL LAINNYA

PEMESANAN:

Beras Organik RICE ME UP