7 Jenis Permainan Bola Kecil dan Penjelasannya

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Daftar Topik

Dalam olahraga terdapat dua permainan bola, yaitu bola ukuran besar dan bola ukuran kecil. Permainan bola besar misalnya seperti sepak bola, basket, bola voli dan lain sebagainya. Sedangkan permainan bola kecil pada umumnya dimainkan dengan memakai alat. Misalnya seperti tongkat, bet, raket dan tentunya dengan bola berukuran kecil.

Bukan hanya itu saja, olahraga menggunakan bola kecil juga sudah ada permainan internasionalnya dan bahkan banyak sekali peminatnya. meskipun permainan bola kecil ini tidak setenar permainan bola besar seperti sepak bola. Akan tetapi dengan peminat yang cukup tinggi tersebut permainan bola kecil ini bisa tetap bertahan dalam kejuaraan internasional dan juga nasional.

Permainan bola kecil ini terbagi ke dalam beberapa jenis, yakni tenis meja, bulu tangkis, baseball, tenis lapangan, kasti, golf, softball dan lain sebagainya.

1. Bulu Tangkis


Bulu tangkis merupakan salah satu permainan bola kecil yang menggunakan alat berupa raket untuk melakukan pukulan pada shuttlecock mengarah ke daerah pertahanan lawan. Shuttlecock tersebut adalah pengganti dari bola yang dipukul oleh setiap regu yang sedang bermain bulu tangkis.

Dalam pertandingan atau kejuaraan bulutangkis ini dibagi ke dalam 5 golongan, yaitu tunggal putra, tunggal putri, ganda putra, ganda putri, dan ganda campuran.

2. Kasti


Permainan kasti yaitu salah satu dari permainan bola kecil yang dimainkan dengan menggunakan bola yang berukuran sekitar segenggaman tangan. Kemudian bola tersebut dipukul dengan menggunakan tongkat kayu. Permainan kasti ini dilakukan di dalam lapangan yang bentuknya persegi panjang dengan dilengkapi beberapa tempat atau pos. Pos tersebut berfungsi untuk berlindung saat bola sudah ada di tangan lawan.

Permainan bola kecil yang satu ini dimainkan oleh dua regu yang masing-masing regu memiliki anggota 12 orang untuk menjadi pelempar serta pemukul bola. Alat yang digunakan untuk memukul bentuknya silindris akan tetapi ada satu sisi yang datar yang digunakan untuk memukul. Sedangkan bola yang digunakan adalah bola karet.

3. Golf


Golf adalah permainan yang dimainkan di lapangan yang berada di luar ruangan. Permainan golf ini biasanya dimainkan oleh orang-orang kelas atas karena permainan ini memerlukan lapangan yang sangat luas dengan peralatan yang mahal. Peralatan yang digunakan adalah bola kecil berwarna putih dan pemukul khusus untuk golf atau yang disebut dengan klab (stick golf).

Permainan ini bisa dimainkan untuk perorangan maupun beregu yang setiap pemainnya akan memasukkan bola ke dalam lubang yang telah disiapkan. Lubang dalam permainan golf biasanya berjumlah 9 atau 19.

4. Tenis Meja


Sebagaimana nama permainan ini, permainan bola kecil tenis meja adalah permainan yang dimainkan di atas meja dengan raket kayu atau badge sebagai pemukul bola ping pong. Karena menggunakan bola ping pong maka permainan ini juga sering disebut dengan permainan bola ping pong. Tenis meja dimainkan oleh 2 orang jika melakukan pertandingan tunggal, dan 4 orang dalam permainan ganda.

5. Tenis Lapangan


Tenis lapangan adalah permainan yang dimainkan di dalam lapangan dengan menggunakan bola dan raket. Bola yang digunakan hampir seperti bola kasti dan raketnya seperti raket bulu tangkis namun lebih besar dan lebih kuat. Lapangan yang digunakan dalam tenis lapangan juga lebih luas.

Ada 4 jenis lapangan yang biasa digunakan untuk bermain permainan tenis lapangan, yaitu lapangan rumput, lapangan tanah, lapangan beton (keras), dan lapangan karpet. Permainan tenis lapangan bisa dimainkan secara tunggal maupun beregu. Permainan ini biasanya dimainkan dalam 3 atau 5 set, dan pemain atau regu yang mendapatkan nilai dalam 3 set maka akan menjadi pemenangnya. Ketika skor atau nilai yang didapat seri yaitu 40-40 maka harus berebut untuk mendapatkan 2 poin lagi untuk menjadi pemenangnya.

6. Baseball


Baseball adalah permainan yang dimainkan oleh dua regu di dalam lapangan. Satu regu menjadi pelempar dan pemukul bola dan satu regu lainnya menjadi penjaga. Setiap regu yang menjadi pemukul dan pelempar sebisa mungkin untuk bisa membuat pukulan yang baik agar bisa berlari dan kembali ke base tanpa harus terkena lemparan bola dari penjaga.

Untuk tim penjaga sebisa mungkin untuk menangkap bola untuk dilemparkan sampai mengenai musuh. Permainan ini sudah merambah ke tingkat internasional dan mulai dikenal dengan olahraga yang berat karena dimainkan di lapangan yang luas serta harus memakai sarung tangan.

7. Softball


Softball adalah permainan bola kecil yang dimainkan di lapangan. Permainan ini berasal dari Amerika Serikat yang diciptakan oleh Hancock pada tahun 1887.Permainan softball dimainkan oleh dua regu dengan masing-masing tim terdiri dari 9 orang. Permainan ini akan memberikan 7 kali kesempatan untuk setiap tim menjadi penyerang dan pemain bertahan. Pergantian regu akan dilakukan apabila tim bertahan dapat mematikan 3 pemain dari tim lawan.

Nah, dari ketujuh permainan bola kecil di atas manakah yang paling anda sukai? Semoga dengan hadirnya artikel ini bisa membantu untuk menambah pengetahuan dan wawasan seputar permainan bola kecil.

BACA JUGA!

5 Teknik Dasar Bulutangkis

Putri
Putri
SEO Content "Wherever life plants you, bloom with grace."

BAGIKAN:

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp

ARTIKEL LAINNYA