7 Jenis Makanan yang Harus Dihindari Penderita Jantung

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Daftar Topik

Sekarang ini banyak sekali penyakit yang muncul karena salah pola makan. Mulai dari penyakit yang tergolong biasa saja hingga mematikan, salah satunya adalah penyakit jantung. Jenis penyakit jantung ini sangat bermacam – macam mulai dari jantung bengkak, jantung bocor, jantung coroner dan beragam penyakit jantung lainnya. Apabila seseorang sudah positif divonis telah mengidap penyakit jantung maka ia harus menyadari banyak makanan – makanan yang harus dihindari. Hal ini bukan tanpa sebab karena ada beberapa makanan yang bisa membuat kondisi penderita jantung ini semakin parah.

Pembatasan pengonsumsian makanan ini bukan hanya untuk orang yang baru saja terkena penyakit jantung. Tapi juga untuk para periwayat pengidap penyakit jantung. Agar penyakit jantung ini tidak semakin parah dan mengalami kambuh maka sebaiknya merubah pola makan yang semula tidak sehat menjadi pola makan yang sehat.

Makanan yang harus dihindari oleh penderita jantung

Bagi para pengidap jantung, tidak semua makanan bisa dimakan. Berikut ini adalah beberapa makanan yang harus dihindari oleh para penderita jantung.

  • Makanan yang memiliki kadar kolesterol yang tinggi

Kolesterol adalah lemak yang ada di dalam tubuh fungsinya sebagai bahan baku pembentukan dinding sel. Kolesterol ini memang dibutuhkan di dalam tubuh, namun tidaklah banyak. Apabila jumlah kolesterol ini melebihi batasnya, maka bisa jadi menimbulkan penyakit jantung bahkan stroke.

Penyebab utama yang menyebabkan jantung coroner ini adalah adanya lemak jahat atau Low Density Lipoprotein ( LDL ). Lemak jahat ini adalah lemak yang berbahaya karena ia bisa mengendap dan membeku pada pembuluh darah sehingga membuat penyumbatan aliran darah ke jantung. Umumnya kolesterol ini karena terlalu banyak mengonsumsi makanan yang mengandung banyak kolesterol da tidak pernah melakukan olahraga. Berikut ini adalah beberapa makanan yang mengandung kolesterol jahat. Yakni udang, cumi, kepiting, kulit ayam, kerang, telur puyuh, mentega, keju, kuning telur, kerang tiram, otak sapi, lobster, daging bebek dan susu kental manis.

  • Makan – makanan cepat saji

Zaman sekarang banyak orang yang lebih suka memakan – makanan yang instan. Hal ini adalah karena anggapan orang zaman sekarang yakni time is money, jadi daripada membuang – buang waktu untuk memasak ia lebih memilih untuk langsung memakan atau sekedar menghangatkan makanannya saja. Jenis makanan fast food ini cukup membahayakan karena banyak mengandung lemak dan gula.

Apabila makanan ini dikonsumsi dalam jumlah yang banyak dan dalam frekuensi yang tinggi maka kemungkinan terbesar yang terjadi adalah gangguan pada organ – organ penting dalam tubuh, seperti jantung. Berikut ini adalah beberapa makanan fast food. Yakni, ayam goreng renyah, burger, kentang goreng, pizza, mie instan, kebab, donat, gorengan dan stik keju.

  • Makanan yang kaya akan kandungan trigliserida

Trigliserida adalah salah satu lemak yang ada pada pembuluh darah. Hampir sama dengan kolesterol, apabila kandungan lemak ini tidak sesuai dengan kadarnya maka akan mengakibatkan sumbatan pada jantung alhasil akan membuat serangan jantung. Berikut ini adalah beberapa jenis makanannya. Yakni, alcohol, durian, pasta, minuman soda, madu, sirup, tape, kelapa, minuman dengan bayak gula, daging, butter dan roti panggang.

  • Makanan karbohidrat olahan

Makanan ini berupa makanan karbohidrat yang diolah kemudian diberi campuran gula, garam dan juga lemak. Tanpa disadari, ternyata makanan ini juga memberikan efek yang buruk untuk jantung. Berikut ini adalah beberapa jenis makanan karbohidrat olahan. Yaitu, pasta, pizza, nugget ayam, roti putih, selai, mie instan, permen, soda, daging yang diolah, biscuit, sereal dan permen.

  • Makanan junk food

Makanan ini adalah termasuk dari bagian makanan fast food. Hanya saja makanan ini hanya beberapa makanan tertentu. Berikut ini adalah jenis makanan junk food. Yaitu burger, hotdog, steak daging dan kentang goreng.

  • Makanan yang di goreng dari minyak bekas penggorengan

Minyak goreng untuk penderita jantung ini sangatlah rawan, sebisa mungkin dihindari, dan jika terpaksa menggunakan minyak goreng ini, maka sebaiknya menggunakan minyak baru setiap kali akan menggoreng.

  • Makanan yang di goreng berkali – kali

Untuk penderita jantung ini sebaiknya tidak memakan makanan yang sudah di hangatkan berkali – kali apa lagi makanan yang gosong.

Perbanyak maka sayur dan buah

Agar penderita penyakit jantung ini tidak kambuh – kambuh lagi, maka sebaiknya memakan – makanan yang sehat bergizi yakni makanan dari sayur dan buah – buahan. Sayur dan buah – buahan ini banyak mengandung vitamin dan mineral yang sangat penting untuk tubuh. Terlebih lagi untuk penderita jantung.

Nah, itulah beberapa makanan yang tidak boleh dikonsumsi oleh penderita jantung. Agar penderita jantung ini lekas sehat maka sebaiknya mengonsumsi sayur – mayur dan buah – buahan serta mengurangi pengonsumsian makanan yang di goreng. (elevenia)

Putri
Putri
SEO Content "Wherever life plants you, bloom with grace."

BAGIKAN:

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp

ARTIKEL LAINNYA