7 Jenis Makanan untuk Penderita Gagal Ginjal Kronis

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Daftar Topik

Anda menderita ginjal kronis dan bingung apa jenis makanan terbaik untuk mendukung kesembuhannya? Jangan khawatir karena sesungguhnya ada banyak jenis makanan yang hendaknya Anda konsumsi saat mengalami penyakit tersebut. Pada kesempatan kali ini Anda akan diajak untuk mendalami 7 jenis makanan untuk penderita gagal ginjal kronis yang cocok untuk dijadikan menu pilihan. Berikut ulasan selengkapnya.

Paprika Merah

Paprika merah merupakan salah satu makanan dengan kandungan potasium yang rendah. Oleh karena itulah, makanan yang satu ini sangat di sarankan dan baik di konsumsi bagi Anda para penderita gagal ginjal kronis. Tidak hanya itu, dalam paprika merah ada banyak sekali kandungan lain yang tidak kalah penting dan sehat untuk kondisi kesehatan Anda. Dengan memperbanyak konsumsi paprika merah, maka kesembuhan ginjal pun bisa lebih cepat di bandingkan dengan waktu yang seharusnya.

Bunga Atau Kembang Kol

Selanjutnya, Anda bisa juga banyak-banyak mengkonsumsi kembang kol jika sedang mengalami gagal ginjal dalam kondisi kronis. Kandungan nutrisi yang ada dalam kembang kol ini pun tidak kalah banyak jika di bandingkan dengan paprika merah. Kembang kol juga salah satu makanan yang lezat sehingga Anda pun bisa menikmatinya dengan senang hati sebagai makanan pendukung. Dengan mengkonsumsi kembang kol, beberapa dampak negatif dari penyakit yang sedang Anda derita pun bisa di hindari. Selain itu, kembang kol juga baik untuk kesehatan hati sehingga ada banyak nilai plus yang bisa Anda dapatkan.

Bawang Putih

Bawang putih yang di maksud di sini sebenarnya sama saja dengan bawang putih pada umumnya, yang mana di Indonesia bahan ini banyak di gunakan sebagai bumbu masakan sehingga rasanya pun bisa lezat. Nah, tanpa Anda sadari ternyata bawang putih juga sangat baik loh untuk kesehatan ginjal, terutama bagi Anda yang sedang menderita gagal ginjal kronis. Dalam hal ini makanan tersebut mengandung senyawa yang bisa mengurangi adanya peradangan. Selain itu bawang putih juga bisa mencegah pembekuan darah dan sejenisnya sehingga kerja ginjal pun semakin optimal.

Bawang Merah

Tidak hanya bawang putih, bumbu selanjutnya yang juga tidak kalah banyak di butuhkan di Indonesia berupa bawang merah ini ternyata baik juga untuk di konsumsi Anda para penderita gagal ginjal. Bahkan kandungan dan fungsinya pun juga sangat banyak dan penting sehingga memang baik untuk Anda. Selain pada masalah ginjal, bawang merah pun baik untuk kesehatan jantung, kesehatan pencernaan dan bisa mengurangi risiko kanker.

Apel

Jenis makanan untuk penderita ginjal kronis selanjutnya adalah apel. Ini merupakan salah satu jenis buah yang mempunyai kandungan serat cukup tinggi. Kandungan tersebut memiliki kemampuan untuk mencegah terjadinya peradangan yang amat. Selain itu, ia juga sangat efektif di dalam mengurangi jumlah kolesterol yang jahat pada tubuh Anda. Risiko terkena penyakit jantung dan juga kanker bisa dikurangi oleh kandungan apel ini sehingga ia sangat baik untuk Anda yang kebetulan menderita gagal ginjal kronis. Ia juga sangat baik di dalam menjaga kesehatan tubuh Anda sehingga bisa tetap segar dan bugar sepanjang hari. Nah, supaya aktifitas Anda tidak terganggu dalam kesehariannya, sebaiknya konsumsi jenis makanan satu ini.

Minyak Zaitun

Selanjutnya, Anda juga bisa mengkonsumsi minyak zaitun supaya badan Anda yang kebetulan terserang penyakit ginjal kronis dapat terkondisikan dengan sangat baik. Sebagaimana diketahui bersama selama ini bahwa minyak zaitun dipercaya sebagai jenis makanan yang manfaatnya sangat kaya untuk tubuh Anda. Banyak kalangan yang menjadikan formula satu ini sebagai jenis obat berbagai penyakit. Di antara kandungan dari minyak satu ini adalah asam oleat yang mampu mencegah terjadinya inflamasi serta adanya oksidasi yang bisa membahayakan tubuh Anda. Selain itu, jenis formula satu ini juga mampu membantu menyembuhkan sel ginjal yang mengalami kerusakan.

Tauge

Tauge ternyata juga bisa menjadi formula terbaik untuk Anda yang kebetulan menderita penyakit ginjal kronis. Kandungan yang ada di dalamnya mampu membantu membersihkan ginjal Anda dan juga membantu menghindari munculnya batu ginjal pada tubuh. Namun, untuk formula satu ini sebaiknya Anda memakannya saat kondisi masih mentah dan belum diolah supaya hasilnya maksimal.

Demikianlah uraian mengenai 7 jenis makanan untuk penderita ginjal kronis yang cocok untuk dikonsumsi. Dengan mengkonsumsi berbagai menu di atas, penyakit ginjal kronis Anda berangsur-angsur akan membaik dan normal seperti sedia kala. Semoga bermanfaat. (elevenia)

Putri
Putri
SEO Content "Wherever life plants you, bloom with grace."

BAGIKAN:

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp

ARTIKEL LAINNYA