7 Jenis Ikan Hias Air Tawar dengan Warna Cantik

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
ikan-hias-air-tawar[1]
Daftar Topik

7 Jenis Ikan Hias Air Tawar Dengan Warna Cantik

Salah satu peliharaan yang diminati oleh masyarakat didunia adalah ikan hias. Ya, selain mudah dibudidayakan, jenis hewan ini juga mudah didapatkan. Berdasarkan data yang diperoleh, terdapat sekitar 1.100 spesies ikan hias air tawar yang dipasarkan secara global. Indonesia sendiri memiliki 400 spesies dan 90 di antaranya lebih banyak dibudidayakan oleh masyarakat.

Memiliki hewan peliharaan ikan air tawar lebih mudah dibudidayakan dibandingkan ikan laut. Selain memerlukan biaya perawatan yang murah, memelihara ikan hias air tawar juga bisa digunakan untuk bisnis kecil-kecilan. Berikut ini adalah rekomendasi ikan hias air tawar yang bisa kamu budidayakan sendiri di rumah.

Ikan Lohan


Nama ikan yang satu ini tentunya tidak akan asing di telinga sobat sekalian. Banyak sekali pecinta ikan hias yang tertarik dengan jenis ikan yang satu ini karena memiliki warna sisik yang khas dan adanya benjolan di bagian kepalanya.

Selain di Malaysia, ikan hias ini juga sedang dikembangkan di Taiwan. Sifatnya yang agresif membuat ikan lohan menjadi predator apabila dilepas diperairan umum sehingga akan merugikan ikan lainnya. Meskipun menarik, ikan ini juga ganas juga ya!

Ikan Koi


Jenis ikan hias yang bisa hidup di air tawar dan bisa dibudidayakan dengan mudah selanjutnya adalah Ikan Koi. Ikan Koi pertama kali populer di negara Jepang pada tahun 1820-an. Beberapa pecinta ikan hias disana bisa menyilangkan beberapa jenis strain ikan mas menjadi ikan dengan tampilan yang lebih menarik yaitu memiliki warna merah dan putih i tubuhnya.

Seiring berkembangnya waktu, ikan koi terus dibudidayakan dan dikembangkan sehingga memiliki warna bermacam-macam. Jenis ikan yang satu ini tergolong lebih mudah dikembangkan, namun juga sulit untuk mendapatkan series yang berkualitas.

Ikan Cupang


Jenis ikan hias yang sangat populer dilingkungan masyarakat Indonesia adalah ikan cupang. Selain unik, ikan ini juga cantik karena memiliki bentuk yang sangat lucu. Ikan cupang atau Betta sp. Dapat hidup diperairan daerah tropis. Bentuknya yang kecil menjadikannya dapat bertahan hidup walau berada ditempat yang sedikit air dan minim oksigen.

Kamu juga bisa memelihara ikan ini di toples lho! Sangat menyenangkan bukan? Selain dijadikan ikan hias, ikan ini juga dijadikan sebagai ikan aduan sehingga banyak yang ingin membudidayakannya.

Ikan Arwana


Jenis ikan air tawar yang bisa kamu budidayakan di rumah selanjutnya adalah ikan arwana. Ikan ini merupakan salah satu ikan endemik Indonesia dan banyak ditemukan di perairan Kalimantan dan Papua. Bentuk serta warnanya yang unik dan harga jualnya yang tinggi membuat masyarakat tertarik untuk membudidayakannya.

Ikan Koki


Kamu pasti sering menemuinya di kolam atau akuarium restoran sepanjang Pulau Jawa. Jenis ikan ini masih dalam satu keluarga dengan ikan mas. Karena memiliki bentuk tubuh yang menarik dan lucu, banyak sekali masyarakat yang membudidayakan ikan koki jenis ini sebagai pajangan di rumah. Untuk mendapatkannya, kamu bisa mengunjungi beberapa toko ikan yang ada di daerahmu.

Ikan Guppy


Ikan guppy menjadi sangat populer di masyarakat setelah hadirnya ikan cupang. Ikan yang berasal dari Amerika tengah ini mudah beradaptasi dengan iklim diberbagai negara sehingga bisa meluas ke seluruh dunia termasuk Indonesia. Ikan ini termasuk ke dalam jenis ikan yang mudah dibudidayakan karena bisa bereproduksi secara internal.

Ikan guppy betina bisa hamil hingga 3 kali dalam satu kali proses perkawinan. Jarak antar kehamilannya sendiri bisa berlangsung mulai dari satu hingga lima minggu lamanya. Untuk satu infukan sendiri bisa menghasilkan hingga 100 burayak.

Ikan Discus


Rekomendasi ikan hias yang bisa kamu budidayakan selanjutnya adalah ikan discus. Ikan ini berasal dari Amazon. Warnanya yang cenderung mencolok menjadi siapapun ingin memilikinya. Ciri khas dari ikan discus adalah bentuknya mirip piringan dan memiliki pergerakan yang sangat tenang dan lembut sehingga banyak yang menyebutnya raja akuarium.

Karena ikan discus tergolong sebagai ikan yang mudah stress, apabila kamu ingin membudidayakannya harus ada di suhu air 25-30 derajat celcius.

Itulah 7 jenis ikan hias air tawar yang memiliki penampilan menarik dan cocok dipelihara di aquarium. Tak hanya di aquarium jenis-jenis ikan tersebut juga bisa mempercantik kolam ikan di rumah kamu. Tentukan pilihan jenis ikan yang tepat untuk menciptakan kolam ikan nan cantik.

Putri
Putri
SEO Content "Wherever life plants you, bloom with grace."
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

ARTIKEL LAINNYA

PEMESANAN:

Beras Organik RICE ME UP