7 Foto Yang Dikira Photoshop Padahal Tidak

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
7 Foto Yang Dikira Photoshop Padahal Tidak
Daftar Topik

Era media sosial memang membawa banyak perubahan pada hidup kita. Salah satunya dimana kita jadi makin sering foto-foto. Baik cuma sekedar foto selfie atau bahkan sampai foto super profesional yang diambil dengan teknis rumit untuk mendapatkan foto dengan kualitas yang tinggi. Hasil foto pun semakin beraneka ragam, mulai dari yang biasa aja sampai yang tampak memukau sempurna.

Beberapa foto pun membutuhkan bantuan program photo editing seperti Photoshop, untuk melakukan proses manipulasi gambar agar hasilnya menjadi sesuai dengan yang diinginkan sang fotografer. Nah proses foto editing inilah yang akhirnya memunculkan foto-foto yang tampak tidak realistis, karena beberapa bagian pada objek foto telah dimanipulasi sedemikian rupa sehingga tidak terlihat seperti aslinya. Biasa proses editing foto dengan teknik manipulasi digunakan untuk kebutuhan tertentu seperti untuk iklan atau penerbitan. Namun bagaimana jika foto yang tampak tidak realistis tersebut memang merupakan objek yang difoto apa adanya, tidak ada proses editing atau manipulasi sebelumnya? Apakah kamu percaya?

Berikut ini adalah beberapa foto yang tampak tidak realistis, terlihat seperti hasil photoshop namun kenyataannya foto tersebut memang didapat tanpa proses manipulasi. Beberapa foto di bawah ini bahkan terlihat terlalu aneh untuk dianggap sebagai foto biasa tanpa hasil minipulasi, sehingga bagi orang-orang yang tidak mengetahui cerita yang sebenarnya akan mengira foto ini adalah hasil photoshop.

 

1. Dataran Garam Salar De Uyuni

photo: walerian walawski

Untuk kamu yang melihat foto ini akan berpikir bahwa orang yang berada di dalam foto ini sedang berdiri diatas dataran awan atau seolah berjalan diatas air, karena efek cermin pada bagian bawah foto yang membuat gambar ini tampak tidak nyata. Namun pada kenyataannya tidak, orang yang terdapat pada foto itu sedang berada di dataran garam terbesar di Bolivia yang biasa disebut dengan Salar De Uyuni. Dataran ini dahulunya berupa sebuah danau yang mengering. Kandungan garam yang terdapat pada dataran ini berasal dari mineral gunung yang larut oleh air hujan. Pada sekitar bulan desember sampai februari biasanya hujan akan turun dan menggenangi dataran ini sehingga terciptalah cermin raksasa yang jika diabadikan akan menghasilkan foto yang indah sehingga sering dikira hasil photoshop.

 

2. Perahu Melayang Di Laut

Photo: Dominico Formichella

Pada foto ini terlihat sebuah perahu yang terlihat seperti melayang. Padahal sebenarnya perahu tersebut berlayar pada sebuah laut dengan air yang sangat jernih sehingga membuat perahu tersebut seperti melayang. Bayangan pada perahu yang terlihat dibagian bawah semakin membuat perahu tersebut terlihat seolah-olah melayang. Warna normal air laut adalah biru atau kehijauan, namun di situasi tertentu dan di perairan tertentu kejernihan air laut bisa sebening kristal sehingga membuat benda-benda yang mengambang di atasnya tampak seperti melayang. Di Indonesia, kamu bisa menikmati laut-laut dengan kualitas air sebening kristal seperti ini loh! Beberapa diantaranya di perairan Arborek dan Yaben yang berada di Papua Barat atau perairan Cemara Kecil yang berada di wilayah Taman Nasional Karimun Jawa.

 

3. Tiang Listrik Terbakar

Photo: Игорь Подгорный

Mungkin ini bisa jadi salah satu foto yang paling dikira hasil photosop. Dimana terdapat sebuah tiang listrik yang tampak telah terbakar hingga menghabiskan seluruh bagian bawahnya. Anehnya tiang ini tampak masih berdiri tegak menopang kabel-kabel diatasnya. Namun jika mengira foto tersebut adalah hasil photoshop maka kamu salah. Tiang tersebut memang bagian bawahnya telah terbakar, dan posisi tiang tersebut bukanlah menjadi penopang kabel diatasnya, namun justru sebaliknya, tiang tersebut menggantung pada kabel-kabel diatasnya. Dikarenakan sebagian besar tiang tersebut telah hangus terbakar sehingga meringankan beban dari sisa tiangnya yang masih menggantung.

 

4. Gedung Hausmannian

photo: Jamie Rose

Berikutnya adalah foto Gedung Hausmannian di Paris. Ini juga bisa dibilang sebagai foto dengan hasil yang dimanipulasi. Dimana Gedung pada gambar ini berbentuk tidak simetris dan meliuk-liuk kesana-kemari seolah menolak hukum alam. Namun pada kenyataannya tidak, Gedung Hausmannian ini aslinya memang berbentuk normal dan simetris. Model gedung yang seolah mencair akibat pemanasan global ini didapat karena gedung itu diselimuti oleh lukisan kanvas hasil karya seniman John Pugh yang membuat gambar Gedung namun dibuat dengan model meleleh. Sehingga hasilnya seperti di foto ini, dimana gedung ini tampak melawan kondratnya sebagai gedung.

 

5. Model Melayang

Photo: Viktor & Rolf

Melihat foto ini, kamu akan berpikir bahwa model pada foto ini sedang melayang. Dikarenakan kakinya tidak terlihat dan bagian pakaiannya seakan hilang pada bagian paha, namun kamu tidak melihat apapun diantara bagian pakaian yang hilang tersebut sehingga membuat wanita pada pakaian tersebut sedang melayang. Ih photoshop banget ini mah! Wajar sih jika kamu berpikir seperti itu. Namun sayangnya tidak, objek pada foto tersebut adalah seorang model busana bernama Anja Rubik yang sedang memperagakan pakaian pada pagelaran busana Viktor & Rolf untuk musim semi dan musim panas pada tahun 2010. Gaun yang dia pakai tidak benar-benar putus, melainkan pada bagian dalam gaunnya terdapat lapisan kain warna hitam yang berguna untuk menjaga agar kain bagian dalam gaun tersebut. Namun jika sang model berdiri di area dengan latar belakang hitam, maka efek melayang akan bisa dilihat langsung.

6. Patung Yang Seperti Kartun

Photo: Phonedojo

Foto ini diambil di New Zealand, dimana pada foto ini terlihat semacam kertas atau kain raksasa bergelombang dengan warna hitam yang membuatnya terlihat seperti kartun. Orang bisa saja mengira bawah sebenarnya foto ini adalah foto hamparan perbukitan biasa yang diphotosop dengan menambahkan objek kertas yang dibuat seperti kartun. Tapi kenyataannya ini beneran sodara-sodara! Objek yang terlihat seperti kartun ini sebenarnya adalah patung yang didesain untuk terlihat seperti kartun jika dilihat dari sudut pandang tertentu. Pohon Cemaranya tampak seperti kartun juga, nggak?

 

7. Pepohonan Dengan Dua Warna Berbeda

Photo : Palindromos Meszaros

Banyak yang akan berpikir bahwa foto ini adalah hasil editan dikarenakan perbedaan warna pada objek di foto ini terlihat diseluruh gambar. Dimana pada bagian bawah foto batang pada pepohonan berwarna merah, sementara bagian atasnya tampak berwarna alami, seperti terkesan foto “sebelum dan sesudah” yang digabungkan. Tidak hanya itu, garis perbedaan warna ini juga tampak lurus dan simetris sehingga semakin meyakinkan bahwa foto ini sudah dimanipulasi untuk kepentingan viral. Namun kenyataannya berbeda, foto ini memang viral, namun bukan karena hasil manipulasi. Ini adalah foto keadaan salah satu wilayah Kolontar, Hongaria yang rusak akibat tumbahan limbah beracun yang membanjiri hampir seluruh area ini. Ratusan bahkan ribuan warga harus dievakuasi dari tempat kediamannya untuk menghindari terjangan banjir lumpur yang beracun ini. Bencana banjir lumpur beracun ini bahkan sampai menelan 7 korban jiwa. Nah foto ini, adalah foto 2 tahun setelah peristiwa itu terjadi, dimana menampilkan bagaimana perbedaan warna yang terlihat mencolok pada setiap batang pohon yang terkena efek banjir.

 

Hamba Online
Hamba Online
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

ARTIKEL LAINNYA