7 Efek Samping Buah Duku yang Harus Anda Tahu

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Daftar Topik

Tahukah Anda buah khas Palembang ? buah khas Palembang ini rasanya manis serta segar saat dimakan. Buah Duku, ya namanya adalah buah Duku. Buah ini adalah salah satu jenis buah – buahan yang banyak di temui di pasar – pasar da supermarket. Soal harga, tentu saja sangat terjangkau. buah duku ini memiliki bentuk yang kecil yang menjadi sebuah daya tarik. Pasti Anda semua sudah pernah memakan buah duku, buah duku memang menyimpan manfaat seperti halnya buah lainnya. Namun apabila buah duku ini dikonsumsi secara berlebihan maka akan menimbulkan efek samping untuk kesehatan tubuh.

Dikala sakit, biasanya seseorang pergi ke dokter dan banyak disarankan agar lebih banyak mengonsumsi buah – buahan yang kaya akan vitamin dan mineral. Apapun itu buahnya tetap saja dokter tidak akan menyarankan untuk memakannya dalam jumlah yang banyak dalam satu waktu. Mungkin perhitungannya hanya berapa buah perhari tidak sampai lebih dari 3 atau 5 buah, jumlah buah ini biasanya dilihat dari ukuran buah tersebut. Jika buah duku, karena buahnya kecil maka batasan mengonsumsi nya adalah beberapa butir agar manfaatnya bisa dirasakan oleh tubuh bukan malah sebaliknya.

Efek Samping Buah Duku

Segala sesuatu apapun secara berlebihan adalah hal yang tidak baik, begitupun juga ketika Anda memakan buah duku. Nah, agar Anda membatasi buah duku yang akan dikonsumsi, maka Anda harus menyimak beberapa efek samping berikut ini.

Efek Negatif

  • Menjadikan trigceride naik level. Buah duku adalah salah buah yang bisa membantu Anda yang sedang melakukan program diet karena buah ini bisa mengurangi nafsu makan atau rasa lapar. Meskipun begitu, buah ini tak begitu banyak manfaatnya pada tubuh. Trigceride adalah sejenis senyawa kimia yang ada pada buah duku, senyawa ini ternyata bisa memicu penyakit jantung. Penyakit jantung adalah penyakit yang amat berbahaya dan amat mematikan.
  • Tidak disarankan untuk penderita kanker. Seseorang yang mengidap kaker tentu banyak makanan yang harus dihindari agar kemungkinan untuk sembuh semakin cepat. Untuk buah – buahan yang tidak disarankan untuk penderita kanker ini salah satunya adalah duku. Sekalipun mereka mencicipi buahnya tidak dalam jumlah banyak, mengonsumsi buah duku ini bisa memicu sel kanker berkembang biak di dalam tubu secara lebih cepat.
  • Menimbulkan sakit maag. Bagi Anda yang kerapkali terkena maag, Anda sangat tidak disarankan mengonsumsi buah ini. Buah duku apabila masuk ke dalam lambung akan membuat lambung bekerja lebih keras sehingga bisa menimbulkan maag. Hal ini karena ada nya senyawa yang kontra dengan kondisi lambung. Maka dari itu, sebaiknya tidak memakan buah ini.
  • Warning untuk penderita penyakit diabetes. Seseorang yang mengidap penyakit diabetes baik itu kering atau basah tentunya memiliki kadar gula dalam darah yang tinggi. Buah duku adalah buah yang banyak mengandung gula. Buah ini apabila tidak sengaja dikonsumsi oleh penderita diabetes akan mengakibatkan kelonjakan pada gula dalam darah yang amat sangat berbahaya bagi para penderita diabetes.

Efek Positif

  • Meningkatkan metabolism di dalam tubuh. Buah duku ternyata termasuk jenis buah – buahan yang banyak mengandung vitamin C sehingga mampu meningkatkan metabolism tubuh. Metabolism tubuh yang bagus tentunya akan mencegah seseorang untuk mudah sakit.
  • Merawat kulit. Buah duku adalah buah yang bukan hanya mengandung vitamin C, tapi juga vitamin E. nah, vitamin E inilah yang menjadikan buah duku sangat baik untuk kulit, yakni mampu melindungi dari sinar UV matahari, menghilangkan kotoran pada kulit dan menjaga kesehatan kulit.
  • Melancarkan pencernaan. Hampir sama dengan buah papaya, buah duku ini memiliki kandungan zat besi, mineral, kalori yang bisa memperlancar masalah pencernaan. Apabila dalam beberapa hari Anda tidak mengalami BAB maka Anda bisa mengonsumsi buah ini agar pencernaan menjadi lancar.

Kesehatan Gigi dan Gusi

Buah duku adalah buah yang kaya vitamin, salah satu kandungan vitamin buah duku adalah vitamin D. buah ini ternyata mampu menjaga kesehatan gigi dan gusi. Seseorang yang rutin mengonsumsi buah ini ia akan jarang sekali terkena sariawan dan mulutnya pun terhindar dari bau yang tak sedap. Bukan hanya itu, untuk kesehatan gigi dan gusi, sangat membantu pertumbuhan gigi lebih cepat untuk anak – anak dan mencegah gusi berdarah.

Nah, itulah beberapa efek dari buah duku. Setiap sesuatu pasti terdapat efek sampingnya, baik itu secara positif ataupun negative begitupun dengan buah duku. Bagi Anda penggemar buah duku, sebaiknya batasi pengonsumsian buah ini agar tidak membahayakan kesehatan.

Putri
Putri
SEO Content "Wherever life plants you, bloom with grace."

BAGIKAN:

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp

ARTIKEL LAINNYA