7 Daftar Makanan Berbahaya Bagi Anak Sekolah

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
7-Daftar-Makanan-Berbahaya-Bagi-Anak-Sekolah[1]
Daftar Topik

Anak-anak adalah tanggung jawab orang tua. Apa yang mereka makan harus benar-benar diperhatikan dengan baik. Jangan sampai anak Anda mengkonsumsi berbagai jenis jajanan dan makanan yang bisa menyebabkan anak Anda terkena risiko berbahaya. Diakui atau tidak, ada banyak jenis makanan yang tidak disarankan untuk anak dan sebisa mungkin harus dihindari. Nah, untuk memudahkan Anda, orang tua khususnya kaum ibu, berikut ini akan diulas mengenai daftar makanan berbahaya bagi anak sekolah yang bisa dijadikan sebagai pengetahuan.

Minuman Kemasan

Makanan berbahaya untuk anak yang pertama adalah minuman kemasan. Usahakan anak Anda menghindari jenis minuman ini. Minuman kemasan umumnya muncul dalam berbagai varian rasa dan juga bentuk. Sekalipun sangat menarik untuk anak, namun Anda harus berhati-hati dengan jenis minuman ini. Hal itu lantaran kadar gula yang dikandungnya termasuk tinggi. Belum lagi penguat rasa dan juga pengawetnya.

Makanan Kaleng

Selanjutnya adalah makanan kaleng. Usahakan untuk tidak memberikan makanan kaleng kepada anak. Hal itu lantaran, zat serta bahan dari kaleng tersebut tentu akan masuk dan terkontaminasi dengan makanan Anda. Selain itu, di dalam makanan kaleng ada jenis pengawet tertentu yang bisa membahayakan tubuh. Jika anak Anda mengkonsumsi jenis makanan ini secara sering, maka nantinya dapat memicu munculnya penyakit diabetes, jantung, rusaknya hati dan lain-lain.

Kornet, Sosis, dan Ham

Selain itu, makanan yang sebaiknya dihindarkan kepada anak adalah jenis sosis, kornet serta ham. Makanan-makanan tersebut mengandung lemak yang cukup tinggi dan juga kolesterol jahat. Belum lagi kandungan sodiumnya yang memunculkan rasa gurih dan enak. Itu sangat berbahaya sekalipun banyak disukai oleh anak-anak. Jika anak Anda mengkonsumsi jenis makanan ini, dalam jangka panjang bisa menyebabkan obesitas, stroke, hipertensi, dan lain sebagainya.

Sereal

Daftar makanan berbahaya bagi anak sekolah selanjutnya adalah sereal. Produk satu ini memang bisa dibilang sebagai menu yang praktis untuk sarapan anak Anda, namun kandungannya yang tinggi gula ternyata bisa membahayakan kesehatan sang anak. Belum lagi zat aditif buatan yang bisa memunculkan berbagai varian rasa di dalam sereal nya bisa memicu munculnya berbagai penyakit berbahaya bagi sang anak.

Jajanan Pasar di Dalam Kemasan

Selanjutnya, Anda juga harus menghindari jenis jajanan pasar dalam kemasan karena ini juga bisa membahayakan anak Anda. Jajanan pasar di era sekarang adalah jenis jajanan yang dibuat mampu bertahan selama beberapa hari, bahkan satu minggu. Hal itu karena ada tambahan pewarna dan juga pengawet yang bisa memicu munculnya penyakit di dalam tubuh anak Anda. Berbagai zat berbahaya ditambahkan agar tampilan dan juga rasa dari jajanan pasar dalam kemasan tersebut menjadi lebih menarik dan indah. Belum lagi bentuknya yang lucu dan imut seringkali membuat banyak anak merasa tertarik untuk membelinya.

Kentang Goreng

Kentang goreng merupakan salah satu jenis fast food yang banyak dijual di tempat-tempat makan dan nongkrong. Jenis menu ini sangat disukai oleh anak-anak karena rasanya yang unik dan khas. Namun, Anda harus berhati-hati karena ternyata kentang goreng juga bisa membahayakan anak Anda. Hal itu lantaran kentang goreng sendiri memiliki kandungan kalori yang tinggi. jika dikonsumsi dalam waktu yang cukup lama, maka itu bisa membahayakan anak Anda. Oleh karena itu, sebaiknya hindari mengkonsumsi jenis makanan satu ini dalam jumlah yang terlalu banyak dan pastikan anak Anda selalu mendapatkan kontrol orang tua saat mengkonsumsi makanan jenis apapun.

Mie Instan

Siapa yang tidak kenal makanan satu ini. Mie instan memang menjadi kegemaran banyak orang karena proses memasaknya yang sangat praktis dan mudah. Namun ternyata jenis makanan ini berbahaya jika dikonsumsi oleh anak Anda, terlebih dalam jumlah banyak. Hal itu karena zat di dalamnya yang mengandung unsur berbahaya. Selain itu juga disebabkan karena komponen gizi di dalam mie ternyata tidaklah seimbang. Kandungan karbohidrat pada mie memang bisa dibilang tinggi, namun energi, vitamin, dan kandungan penting lainnya bisa dibilang rendah sehingga sebisa mungkin anak tidak terlalu sering mengkonsumsi menu yang satu ini. Dengan begitu anak akan terhindar dari bahayanya.

Demikianlah uraian mengenai daftar makanan berbahaya bagi anak sekolah yang sangat pas untuk dijadikan evaluasi selama ini. Dengan mengetahui beberapa jenis makanan berbahaya di atas, anak Anda akan dapat terhindar dari risiko berbahaya tersebut dan bisa tumbuh dengan sehat sempurna. Semoga bermanfaat. (elevenia)

Jihan Ariya
Jihan Ariya
Honestly gak gitu lincah dalam menulis sih, tapi tak apa, yang penting heppy :D
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

ARTIKEL LAINNYA