7 Daftar Gereja Tertua di Indonesia

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Daftar Topik

Gereja adalah rumah ibadah umat kristiani yang hingga kini sudah sangat banyak sekali di dirikan di seluruh dunia. Dalam hal ini mengingat masyarakat kristen juga banyak yang tinggal di Indonesia tentu saja tidak heran jika Indonesia pun memiliki banyak sekali gereja. Bahkan beberapa di antaranya merupakan gereja yang sudah di bangun sejak puluhan tahun atau bahkan ada yang ratusan tahun yang lalu. Gereja-gereja tersebut masuk dalam daftar gereja tertua di Indonesia yang menjadi pembahasan menarik karena berkaitan dengan sejarah. Bahkan, tidak hanya tertua, gereja-gereja ini hingga sekarang banyak yang masih berfungsi sebagaimana mestinya. Sedangkan untuk informasi lebih lanjutnya, silahkan simak ulasannya berikut.

Gereja Katedral Jakarta

Di urutan pertama, gereja yang merupakan gereja tertua adalah gereja katedral Jakarta. Greja ini di resmikan sejak tahun 1901. Sedangkan dalam pembangunannya menggunakan arsitektur neo-geotik dari eropa. Pembangunan dan pengembangan gereja tersebut pun telah mengalami perkembangan dengan banyak yang orang terlibat di dalamnya secara turun temurun.

Namun, perlu di ketahui bahwasanya untuk katedral yang saat ini banyak di kenal sudah sangat banyak mengalami renovasi. Tentu saja sudah tidak sama dengan bangunan asli yang di resmikan puluhan tahun yang lalu. Apalagi mengingat tahun 2000 lalu, gereja tersebut merupakan salah satu lokasi yang terkena serangan bom.

Gereja Katedral Bogor

Selanjutnya, gereja katedral Bogor juga tidak kalah menarik sebagai salah satu gerjea tertua. Dalam hal ini gereja tersebut memiliki nama gereja Santa Perawan Maria. Kalau untuk bangunan yang satu ini sebenarnya bukan merupakan katedral sejak awal berdirinya. Berawal dari sebauh gereja paroki yang masuk pada wilayahnya prefektur apostolik Sukabumi. Namun ternyata dalam perkembangannya, apostolik Sukabumi berpindah satatusnya dan jadilah bangunan ini sebagai keuskupan Bogor. Lama kelamaan, gereja pun di kenal dan di jadikan sebagai gereja katedral keuskupan Bogor.

Gereja Katedral Bandung

Bukan hanya di Bogor, dalam hal ini di Bandung juga ada salah satu gereja tertua yang bisa Anda temui. Tepatnya terletak di jalan Merdeka Bandung. Yang menarik dari gereja ini adalah, ketika di potret dari atas, maka akan menyerupai dengan salib bentuknya. Sedangkan berbicara mengenai usianya, maka tidak dapat di pungkiri jika katedral Jakarta saja tentu kalah karena gereja ini sudha memulai pembangunannya sejak tahun 1921.

Gereja Immanuel

Gereja Immanuel dalam hal ini masuk dalam salah satu daftar gereja tertua di Indonesia yang di bangun sejak tahun 1800 an. Tentu saja ini merupakan usia yang cukup tua. Dahulunya, pembangunan atas gereja ini sendiri merupakan hasil dari sebuah kesepakatan masyarakat Batavia yang sekarang menjadi Jakarta.

Pembangunannya sendiri di lakukan dengan mengedepankan gaya klasisisme di mana di berikan corak dengan bundaran di atas fondasi 3 meter. Struktur pembangunannya pun sangatlah jeli dan menarik sehingga banyak juga pemandangan menarik yang bisa Anda temui di sini. Perlu di ketahui pula bahwasanya hingga saat ini gereja tersebut masih berfungsi dengan sangatlah baik karena perawatan dan pengembangannya pun di lakukan secara maksimal.

Gereja Sion

gereja Sion merupakan salah satu gereja tertua yang sengaja di bangun dengan kemegahan arsitekturnya. Dalam hal ini gereja tersebut memiliki cerita tersendiri yang cukup menarik dalam sejarahnya. Bahkan cerita tersebut di tulis pada sebuah papan peringatan. Dan yang membuatnya cukup terkesan tua adalah karena sejarah yang tertulis ini ada dalam bahasa Belanda.

Gereja Tugu

Masih dengan usia yang sangat tua salah satu gereja di Jakarta ini di bangun pada tahun sekitar 1600 an Masehi. Pembangunan gereja ini bersamaan dengan pembangunan pertama sekolah rakyat di Indonesia. Gereja ini pun sempat di renovasi beberapa kali dan sempat di hancurkan juga dalam sebuah pemberontakan.

Gpib Pniel Pasar Batu

Gereja ini sering di sebut dengan gereja ayam di Indonesia. adanya gereja tersebut merupakan sebuah peninggalan dari pemerintahan kolonial. Sedangkan yang membuatnya mendapatkan julukan tersebut adalah karena gereja ini di atapnya memiliki petunjuk arah yang bentuknya pun berupa ayam.

Demikianlah beberapa ulasan mengenai daftar gereja tertua di Indonesia yang perlu Anda ketahui. Gereja-gereja tertua ini merupakan salah satu daftar sejarah pula karena sudah di bangun sejak puluhan dan bahkan ada yang ratusan tahun yang lalu. Nah, jika Anda penasaran bagaimana bentuk gereja-gereja itu sekarang, Anda bisa langsung mendatanginya satu persatu. (elevenia)

Putri
Putri
SEO Content "Wherever life plants you, bloom with grace."

BAGIKAN:

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp

ARTIKEL LAINNYA