7 Contoh Kecerdasan Buatan Dalam Bidang Kesehatan

Dewasa ini, perkembangan kecerdasan buatan semakin berkembang dan terlihat di semua aspek kehidupan manusia. Apalagi saat ini sudah masuk zaman dimana perkembangan teknologi semakin pesat. Sehingga, apapun yang dilakukan bisa dilakukan dengan mudah jika terhubung di internet. Salah satu contoh kecerdasan buatan dalam bidang kesehatan atau kedokteran yang saat ini mengalami perkembangan.

Seperti apa kecerdasan buatan yang ada di bidang kesehatan? Untuk mengetahui selengkapnya, kamu bisa membaca ulasannya berikut ini.

Manfaat Mengaplikasikan Kecerdasan Buatan

Ada beberapa manfaat yang bisa didapatkan dari mengaplikasikan kecerdasan. Berikut ini manfaat-manfaatnya:

  • Dedukasi

Dedukasi adalah upaya penyelesaian masalah secara bertahap dengan mempertimbangkan berbagai hal. Contohnya, saat ini dikembangkan mesin intuitif. Yang mana mesin ini berfungsi untuk menyelesaikan masalah yang dapat dilakukan manusia.

  • Representasi Pengetahuan

Contoh dari kecerdasan buatan yaitu dibuatnya beberapa mesin khusus oleh manusia. Yang mana mesin cerdas ini membutuhkan pengetahuan untuk menyelesaikan masalah yang tersimpan dalam data. Representasi ini berupa obyek, property, situasi, kejadian, sebab akibat dan lain sebagainya.

  • Belajar

Mesin cerdas hasil kecerdasan buatan ini digunakan untuk mengenali perubahan pola yang kompleks. Hal ini berdasarkan data dan memutuskan masalah berdasarkan data tersebut.

Contoh Kecerdasan Buatan di Bidang Kesehatan

Bagi kamu yang masih bingung mengenai kecerdasan buatan, berikut ini ada contoh kecerdasan buatan dalam bidang kesehatan yang bisa kamu baca ulasan lengkapnya.

1. Mengelola Rekam Medis

Mengelola rekam medis merupakan aplikasi yang paling banyak digunakan, rekam medis ini dikelola oleh mesin. Aplikasi ini bekerja dengan cara mengumpulkan, menyimpan, dan melacak data. Dengan penggunaan kecerdasan buatan ini, bisa memberikan menyediakan akses yang lebih cepat dan lebih konsisten.

2. Pekerjaan Berulang

Dengan menggunakan mesin bisa lebih akurat dalam melakukan analisis tes, X-Rays, CT scan, entri data, dan tugas-tugas lainnya. Pada duania kesehatan terdapat dua disiplin yaitu Kardiologi dan Radiologi. Yang mana jumlah data untuk dianalisis dari keduanya sangat banyak, sehingga bisa memakan waktu banyak. Dengan memanfaatkan kecerdasan buatan, semua bisa dilakukan lebih cepat dan mudah.

3. Desain Perawatan

Contoh sistem kecerdasan buatan dalam bidang kesehatan yang selanjutnya yaitu desain perawatan. Yang mana sistem ini dibuat khusus untuk menganalisis data dan laporan dari pasien, keahlian klinik dan penelitian eksternal. Dengan begitu, akan lebih mudah memilih mana jalur pengobatan yang sesuai dengan pasien tersebut.

4. Konsultasi Digital

Contoh kecerdasan buatan lainnya yaitu aplikasi Babylon di Inggris yang menggunakan AI. Sehingga bisa memberikan konsultasi medis sesuai dengan riwayat medis pribadi dan pengetahuan medis umum. Pengguna melaporkan gejala-gejala yang dialami ke dalam aplikasi terebut. Setelah itu, aplikasi tersebut akan merekomendasikan tindakan pengobatan yang tepat serta mempertimbangkan hal lain. Seperti riwayat pengguna.

5. Perawat Virtual

Sense.ly startup telah berhasil mengembangkan Molly atau mesin pemantau kondisi pasien. Selain itu, digunakan juga untuk menindaklanjuti dengan perawatan, di antara dengan adanya kunjungan dokter. Untuk mendukung pasien yang memiliki penyakt kronis, program ini menggunakan pembelajaran mesin.

6. Manajemen Pengobatan

Aplikasi AiCure berhasil diciptakan oleh National Institutes of Health. Yang mana aplikasi ini digunakan untuk memantau penggunaan obat pada pasien, karena aplikasi ini bisa membantu mengkonfirmasi bahwa pasien menggunakan resep mereka. Selain itu, aplikasi ini membantu perawat untuk mengelola kondisi pasien dengan mudah. Kebanyakan pasien yang menggunakan aplikasi ini yaitu memiliki kondisi medis yang serius, pasien yang cenderung menentang saran dokter, dan peserta dalam uji klinis.

7. Penciptaan Obat

Contoh kecerdasan buatan dalam bidang kesehatan yang terakhir yaitu penciptaan obat. Penciptaan obat ini melalui uji klinis dengan waktu yang panjang, bahkan bisa memakan waktu lebih dari satu decade. Selain itu, penciptaan ini juga membutuhkan biaya miliaran dolar. Ada program yang didukung oleh AI digunakan untuk memindai obat-obatan di tengah-tengah ketakutan penyebaran virus Ebola. Obat ini bisa didesain ulang untuk menangani berbagai penyakit.

Dalam program ini, ada dua jenis obat yang diciptakan untuk mengurangi infektivitas Ebola. Bahkan obat ini bisa bereaksi untuk waktu hanya sehari. jika pada umumnya, analisis ini membutuhkan waktu berbulan-bulan atau bahkan memakan waktu bertahun-tahun. Namun dengan penggunaan program ini dapat menyelamatkan ribuan nyawa.

Itulah contoh kecerdasan buatan dalam bidan kesehatan yang perlu kamu ketahui. Dengan kecanggihan tekhnologi serta banyaknya kecerdasan buatan, kini dalam bidang kesehatan bisa melayani pasien dengan lebih mudah dan cepat.