7 Cara Mengatasi Komputer Lemot

0
11920 Aplikasi Saat Proses Start Up MARKEY
Source: MARKEY

7 Cara Mengatasi Komputer Lemot – Dengan adanya kemajuan dunia teknologi seperti ditemukannya komputer dan laptop maka pekerjaan akan semakin mudah, Karena ada berbagai macam program di dalamnya yang bisa mendukung pekerjaan dan maupun pendidikan menjadi lebih berkembang. Sama haknya dengan mesin, semakin lama komputer digunakan maka akan menyebabkan performanya menjadi berkurang alias lemot.

komputer yang menjadi sangat lambat dalam pengoperasian sistem programnya pasti akan sangat mengganggu pekerjaan sehingga tidak efektif. Jika komputer milik Anda sering mengalami gangguan lemot atau sistem yang bekerja sangat lambat, tidak perlu bingung dan khawatir karena ada Cara Mengatasi Komputer Lemot yang bisa dilakukan sendiri dirumah. Berikut beberapa langkah-langkahnya.

Bersihkan Aplikasi yang Tidak Terpakai


11920 Bersihkan Aplikasi Blog DimensiData
Source: DimensiData

Salah satu hal hal menyebabkan komputer menjadi lambat atau lemot yaitu, terlalu banyak aplikasi yang tidak terpakai. Aplikasi-aplikasi tersebut akan memenuhi ruang  hardisk atau penyimpanan pada komputer menjadi penuh, sehingga imbasnya akan membuat sistem kerja aplikasi lainnya terganggu.

Berikut cara mudah untuk melakukan proses uninstall aplikasi tidak terpakai:

  • Pertama-tama, tekan ikon windows yang ada pada keyboard.
  • Kemudian akan muncul tab dialog dari windows yang berisi kumpulan office dan juga pengaturan computer. Agar lebih mudah, ketikkan control panel pada kolom pencarian yang ada di bagian bawah.
  • Setelah control panel berhasil ditemukan, klik dan tunggu hingga muncul jendela baru dari aplikasi tersebut.
  • Klik menu programs
  • Kemudian pilih opsi program and features, disana akan tercantum semua aplikasi yang dijalankan di dalam komputer lengkap dengan ukuran masing-masing.
  • Pilih aplikasi yang tidak terpakai kemudian klik kanan dan tunggu sampai muncul dialog perintah uninstall.
  • Klik perintah ok, kemudian komputer akan memproses proses uninstall aplikasi.

Lakukan Pengecekan Pada Spyware dan Virus


11920 Virus Laptop Hipwee
Source: Hipwee

Langkah selanjutnya yang perlu dilakukan dalam Cara Mengatasi Komputer Lemot yaitu, melakukan pengecekan pada spyware dan juga virus di dalam komputer. Spyware dan virus sangat berbahaya bagi kinerja komputer, kedua hal tersebut menyerang komponen penting seperti menghabiskan banyak bandwidth internet dan juga membuat sistem komputer menjadi terganggu.

Lakukan beberapa cara berikut ini agar komputer bebas dari virus dan spyware sehingga kinerja komputer bisa kembali optimal:

  • Tekan ikon windows pada keyboard.
  • Kemudian pilih opsi setting.
  • Ketika sudah muncul jendela baru dari setting, pilih menu update & security kemudian klik opsi windows defender.
  • Ketika halaman dari windows defender sudah terbuka, pilih opsi virus & threat protection kemudian klik advance untuk melakukan proses scan dan menghapus virus maupun spyware.
  • Atau Anda juga bisa menginstall aplikasi antivirus terpercaya agar lebih mudah dan cepat.

Lakukan Pembatasan Pada Aplikasi Saat Proses Start up


11920 Aplikasi Saat Proses Start Up MARKEY
Source: MARKEY

Langkah selanjutnya yang bisa dilakukan agar kinerja komputer tidak lemot yaitu, dengan cara melakukan pembatasan aplikasi saat proses start up berlangsung. Untuk bisa mengetahui dan membatasi beberapa aplikasi yang kerap otomatis berjalan saat startup, bukalah task manager dan klik opsi tab start up. Di dalam menu tersebut Anda bisa melihat aplikasi yang otomatis bekerja saat start up serta pengaruhnya untuk kinerja komputer.

Adapun untuk membuka task manager secara cepat, caranya sangat mudah yaitu dengan menekan secara bersamaan tombol ctrl+shift+esc. Kemudian akan muncul dialog dari task manager dan pilih opsi start up, lalu batasi aplikasi yang tergolong high.

Ubah Pengaturan Baterai


11920 Pengaturan Baterai ITPOIN
Source: ITPOIN

Agar performa komputer menjadi optimal kembali, caranya adalah dengan mengganti opsi pengaturan baterai. Penggunaan daya baterai yang terlalu berlebihan akan membuat kinerja komputer menjadi lambat. Adapun untuk merubah pengaturan baterai, tekan tombol windows di keyboard dan ketik menu control panel kemudian klik opsi system and security dan poer options. Setelah itu, akan muncul tanda panah sebelah kanan dengan tampilan additional plans dan klik opsi high performance.

Ubah Pengaturan Animasi dan Grafis Desktop


11920 Pengaturan Animasi Dan Grafis Desktop Difference Between
Source: Difference Between

Windows dengan tipe terbaru mempunyai beberapa kelebihan, salah satunya tersedianya animasi serta efek yang bisa memuluskan tampilan aplikasi. Namun, seringkali aplikasi efek dan grafis ini membuat kinerja komputer menjadi lambat. Agar komputer bisa kembali optimal, lakukan penonaktifan pada salah satu aplikasi efek dan grafis. Berikut caranya:

  • Buka menu control panel
  • Pilih opsi system and security kemudian klik menu sistem
  • Setelah itu, klik pilihan advanced system setting kemudian akan muncul tab dialog performance.
  • Pilih salah satu opsi yang ingin dihentikan.

Lakukan Pembaruan Pada Aplikasi Maupun Sistem Operasi


11920 Sistem Operasi DetikNet
Source: detikNet

Apabila komputer lemot, segera lakukan proses pembaruan untuk aplikasi dan juga sistem operasi. Hal ini perlu dilakukan agar kinerja komputer kembali optimal dan lebih cepat dengan sistem yang up-to-date.

Membersihkan Temporary File


11920 Membersihkan Temporary File Windows Mode
Source: Windows Mode

Terkadang, kinerja komputer yang lemot juga bisa disebabkan dengan banyaknya temporary file yang tersimpan di hardisk. Untuk mengantisipasi hal tersebut, segera bersihkan temporary file dengan cara menekan tombol windows pada keyboard kemudian ketik disk pada kolom search. Setelah menu disk ditemukan, klik lalu akan muncul tab pilihan pembersihan file pada beberapa lokasi di dalam dokumen. Jika ingin lebih cepat ketik “cleanmgr” pada tab disk dan pilih drive yang akan dibersihkan.

Praktekkan beberapa Cara Mengatasi komputer lemot diatas untuk mengatasi masalah pada komputer Anda. Selain mudah, cara tersebut juga cukup efisien karena bisa dilakukan sendiri sehingga tidak perlu ke tempat servis yang tentunya membutuhkan biaya.

BACA JUGA!

Langkah Ampuh untuk Mengatasi WiFi Lemot Sinyal Penuh